Menikmati Udara Pagi di Batang, Jalan-Jalan ke Reservoir Timur Air Baku Batang | BBWS Pemali Juana | Destinasi Wisata Baru 2023

Halo sahabat Kissparry, kali ini saya mau berbagi cerita gambar saat jalan-jalan pagi ke Reservoir Timur, Air Baku Batang, BBWS Pemali Juana pagi ini (Sabtu, 20221224).

Reservoir Timur Air Baku Batang merupakan tempat tujuan wisata baru di Batang Jawa Tengah, dan saat ini masih GRATIS alias tidak dipungut biaya, apalagi kami jalan-jalan pagi sekitar pukul 07.00.

Reservoir Timur Air Baku Batang juga dikenal sebagai Danau KITB (Kawasan Industri Terpadu Batang), lokasinya di Kawasan KITB (arah Pantai Celong Kedawung).

Kabarnya reservoir ini baru diresmikan pada Senin 19 Desember 2022 yang baru lalu, dengan sementara pengunjung tidak dipungut biaya, dan mungkin hanya biaya parkir, itu pun kalau ada yang jaga.

Disarankan, sementara ini, apabila akan berkunjung ke reservoir disarankan pada pagi hari atau di sore hari, mengingat pepohonan masih kecil-kecil, atau jika perlu silakan membawa payung dan kacamata redup untuk berkunjung di siang hari.

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI Online), re.ser.vo.ir /rêservoir/, tempat menyimpan barang-barang cadangan (seperti air dan bahan bakar gas), danau atau waduk yang digunakan untuk menyimpan air, n Bio organisme yang menjadi tempat hidup dan berkembang biak bagi parasit yang patogenik terhadap spesies lain, biasanya tanpa merusak inangnya, Pet zona tempat kandungan minyak dan gas terperangkap

Yang dimaksud dengan reservoir di sini adalah tempat penampungan air bersih, pada sistem penyediaan air bersih. Umumnya reservoir ini diperlukan pada suatu sistem penyediaan air bersih yang melayani suatu kota, dikutip dari PU.go.id.

Mengunjungi reservoir air baku ini berawal dari acara silaturahmi ke tempat rumah teman yang beralamat di Batang, berangkat Jumat malam (23/12) selepas shalat Isya, jadi perjalanan malam hari.

Baca juga : Menikmati Indahnya Malam dengan Bermalam (Camping) di Embung Bansari Temanggung Kaki Gunung Sindoro

Namun sebenarnya kami berangkat ke Batang yakni dengan 3 (tiga) kendaraan atau dengan bermotor, satu motornya termasuk teman saya tersebut yang bekerja di Kota Semarang, sehingga termasuk touring kecil-kecilan.

Dari Semarang sampai ditempat rumah teman saya yang beralamat di Batang yang lokasi bukan di tengah Kota Batang sekitar pukul 23.00.

Perjalanan berkendara beriringan memang bisa memakan waktu yang lebih lama, apalagi perjalanan malam dalam suasana hujan rintik-rintik. Saat berangkat dari rumah dalam kondisi hujan sudah reda.

Jarak rumah tinggal teman saya dengan Reservoir Timur Air Baku Batang sekitar 28 km dan butuh waktu perjalanan sekitar 60 menit atau 1 (satu) jam, sehingga kami sudah rencanakan sejak malamnya untuk berangkat sekitar pukul 05.30.

Sampai di reservoir posisi matahari masih rendah, belum terlalu tinggi. kebetulan agak mendung, sehingga suasana nyaman sekali.

Anda mungkin ada yang bertanya apa itu BBWS Pemali Juana, yaitu kependekan dari Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana, disebut sebagai “BBWS Pemali Juana”, terbentuk pada tahun 2006, seperti dikutip dari pu.go.id.

Baca juga : Indahnya Matahari Terbit di Sikunir Sembungan, Desa Tertinggi di Pulau Jawa, Dataran Tinggi Dieng

Baca juga : Jalan-jalan ke Sembungan Village Sikunir, Desa Tertinggi di Pulau Jawa, Sunrise Tercantik di Asia

Kondisi lokasi masih terihat sangat terawat rapi dan bersih, semoga selalu terjaga meskipun pengunjung semakin hari semakin meningkat, dan mungkin nanti akan berbayar.

Bersiap-siap membawa makanan minuman atau jajanan sendiri, sebelum banyak pedagang yang berjualan, namun jangan lupa membuang sampah pada tempat yang disediakan.

Baca juga : Menikmati Indahnya Embung Bansari di Kaki Gunung Sindoro Temanggung

Salam, selamat berlibur

oleh Dewi Fatmawati
editor Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.