Inilah Khasiat dan Fadlilah Ayat Kursi

Ayat Kursi dalam Al-Quran yang terdapat didalam Surat Al-Baqarah ayat 155 terkenal memiliki khasiat dan fadlilah yang luar biasa.

INILAH KHASIAT AYAT KURSI

☑ Baca pada saat keluar rumah, 70000 malaikat akan menjagamu
dari semua sisi.
☑ Baca saat masuk rumah, Kemiskinan tidak akan memasuki
rumahmu.
☑ Baca setelah berwudhu, Derajatmu akan dinaikkan 70
tingkat.
☑ Baca pada saat tidur, Malaikat akan menjagamu sepanjang malam.
☑ Baca setelah shalat, Maka jarak antara kamu dan surga hanyalah kematian.

BEBERAPA FADLILAH AYAT KURSI

  1. Imam Ghazali menerangkan dalam kitabnya, Khawasul Qur’an, bahwa ibnu Kutaibah meriwayatkan suatu peristiwa yang terjadi dinegeri Basrah, yaitu salah seorang pedagang kurma bernama Ka’ab telah pergi ke negeri Basrah membawa barang dagangannya, untuk dijual di pasar Basrah. Setelah Ka’ab sampai disana, ia mencari tempat penginapan, tetapi semuanya telah penuh diisi oleh pedagang-pedagang yang telah datang lebih dahulu. Kemudian Ka’ab melihat sebuah rumah kosong, dindingnya terdapat banyak sarang laba-laba. Kelihatannya rumah itu sudah lama tidak didiami orang. Ka’ab datang kepada orang yang empunya rumah, ia ingin menyewa tempat itu selama kurang lebih satu minggu. Kata pemilik rumah, rumah itu aneh sekali, selalu menjadi buah pembicaraan masyarakat ramai. Menurut kata-kata orang bahwa rumah itu ditempati oleh jin Ifrit. Banyak orang yang menempatinya binasa karenanya. Ka’ab berkata, meskipun demikian, karena tempat lain tidak ada, saya bersedia tinggal di tempat itu, asalkan yang pemilik rumah mengijinkannya.“Baiklah”, kata yang empunya rumah, “Saya tidak keberatan dan saya tidak memungut biaya sewa apa- apa”. Ka’ab tinggal dirumah itu mulai sore hari tidak merasa takut, tetapi setelah tengah malam Ka’ab melihat tampak bayangan hitam dengan dua buah mata bernyala-nyala seperti api, mendekati Ka’ab, maka Ka’ab segera bangun dan membaca “Allaahulaa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuum” tetapi bayangan itu selalu mengikuti apa yang dibaca oleh Ka’ab sehingga pada akhir ayat. Tetapi sesampai Ka’ab membaca ayat terakhir dari ayat Kursi tersebut yang berbunyi “Walaa yaudlu hifduhumaa wa huwal ‘aliyyul ‘aziim” tidak terdengar lagi suara yang mengikutinya.Ka’ab heran dan diulanginya lagi: “Walaa yaudlu hifduhumaa wa huwal ‘aliyyul ‘aziim” tetapi tidak terdengar lagi suara yang mengikutinya, maka dibacanyalah sampai berulang kali dan bayangan hitam itu lenyaplah dari pandangan Ka’ab dan tercium sesuatu bau seperti ada sesuatu yang terbakar. Kemudian Ka’ab tidur ditempat itu dengan tidak mendapat gangguan apa-apa. Dipagi hari Ka’ab melihat disalah satu sudut rumah itu bekas-bekas seperti ada sesuatu yang telah terbakar dan tampak ada abu.

    Disaai itu Ka’ab mendengar suara, suara berkata: “Hai Ka’ab, engkau telah membakar jin Ifrit yang ganas”. Ka’ab heran dan berkata “Dengan apa aku membakarnya?” Jawab suara itu: “Dengan Firman Tuhan, “Walaa yaudlu hifduhumaa wa huwal ‘aliyyul ‘aziim””.

  2. Keterangan pada kitab Khawasul Qur’an yang lain karya Imam Ghazali. Bahwa, Siapa yang membaca ayat Kursi dengan dawam setiap kali selesai sembahyang fardlu, setiap pagi dan petang, setiap kali masuk ke rumah dan ke pasar, setiap kali masuk ketempat tidur, dan pergi musyafir (bepergian jauh), insya Allah ia akan diamankan dari godaan syetan dan kejahatan raja-raja yang kejam, diselamatkan dari kejahatan manusia dan kejahatan binatang-binatang yang memudaratkan. Terpelihara dirinya dan keluarganya, anak-anaknya, terpelihara hartanya dan rumahnya dari kecurian, kekaraman, dan kebakaran. Didapatnya keselamatan dan kesehatan jasmaninya dengan ijin Tuhan yang Hidup dan Berdiri Sendiri (Maha Kaya).

Demikian khasiat dan manfaat Ayat Kursi, semoga menambah keimanan kita. Kalaupun tidak mengetahui khasiat dan manfaatnya, Al-Qur’an merupakan mukjizat Nabi Muhammad SAW yang luar biasa, semua surat yang terkandung didalamnya punya fadlilah dan manfaat.

Semoga kita bisa mengamalkannya. Aamiin.

Kiriman
Pudjiwati dan diolah dari berbagai sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s