Obrolan Ringan Membeli Mobil

OBROLAN DI SEBUAH DEALER MOBIL

“Mbak, beli mobil ini satu yaa.., Bungkus!”
“Eh maaf pak.. Beli apa ya pak?”
“Mobil ini, saya sudah cocok dengan warna dan tipenya. Bungkus langsung mbak..”

“Oooh iya.. iya pak, ini ada list harganya, ada penawaran kredit hingga 5 tahun lho pak, bunga hanya 6% setahun. Langsung kami proses hari ini juga..”, kata penjaga outlet

“Wah, saya belinya cash mbak.. Nih sudah saya bawakan segepok uang, pas Rp 210 juta ya mbak.. ”

“Waduh apa nggak kredit saja pak? Cukup Rp 50 juta saja pak, yang Rp 160 juta bisa bapak bawa pulang buat modal usaha dulu, diputar lagi pak biar dapat rejeki lagi..”

“Lho, saya mau beli cash kok malah disuruh kredit to mbak.. Hehe, kamu pasti minta saya kredit karena dapat bonus dari perusahaan leasing khan.. Hayooo ngakuuu… Hehe”

“Eh! Bapak tau saja.. Ya monggo pak kalau mau bayar cash, saya langsung buatkan nota pembelian dan surat serah terimanya..”

“Hehe.. Saya sih pengennya juga bisa nyicil mbak, tapi apa daya ternyata ada akad riba di dalamnya, saya sampai tanya ke 3 ustadz yang paham fiqih muamalah mbak, ternyata memang tidak boleh akad jual beli kredit dicampur dengan akad utang bunga berbunga.. Ngeri saya mbak dengan dosanya, ya sudah saya sabar saja sampai terkumpul uangnya hari ini.. Beli cash laaah! Alhamdulillaaah..”

“Mmmm… Begitu ya pak, saya malah baru tau kalo kredit mobil dengan leasing ada ribanya.. Eh riba itu apa ya pak?”

“Waduh! Ya begitulah mbak, ini silahkan dihitung uangnya, saya bawa sekarang juga mobilnya.. STNK nanti sebulan saya ambil lagi nggak papa. Pakai surat jalan sementara..”

Si mbak sales pun segera memproses jual beli mobil seperti membeli kerupuk itu.. Bungkusss!!

Ada anak muda yang kemudian mendekati pembeli mobil itu..

“Selamat siang pak, mobil baru ya pak Alhamdulillah.. Sekalian fasilitas asuransinya pak? Kami punya produk jaminan All Risk, semua resiko dari lecet sampai hilang mobil kami ganti… Ini pak brosur asuransinya..”

“Oooh gitu ya mas.. Lecet dibayari? Hilang diganti?”

“Betul pak.. Semua kami yang nanggung, pokoknya bapak ikut asuransi kami, beresss semua kami yang urus..”

“Berapa biaya asuransi mobil seperti itu All Risk untuk setahun mas?”

“Hanya 3,5 juta saja pak, selama setahun mobil bapak kami cover total. Tapi kalau setahun tidak ada klaim maka uang hangus, tahun berikutnya bapak harus bayar lagi, lebih murah pak, sekitar 3,2 juta saja.. ”

“Mmmm.. Gitu yaa, baik saya akan ikut asuransi juga..”

“Alhamdulillaaaah… Ini pak formulirnya, silahkan diisi, setelah premi bapak bayarkan besok sertifikat asuransi saya kirimkan ke rumah..”

“Lho, aku gak ikut asuransi di perusahaanmu mas.. Aku mau bayar premi asuransinya kepada ALLAH langsung saja.. 3,5 juta kan? Akan saya bayarkan ke 3 panti asuhan, biar bermanfaat untuk anak-anak yatim piatu dan duafa disana..”

“Loooh.. Kok gitu pak?”

“Lah iya kan mas.. Hanya ALLAH yang menjamin keselamatan saya dan mobil saya selama di perjalanan, maka saya ikut ilmunya ALLAH saja..”

Anak muda itu makin bengong…

“Mas, pesan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam, sedekah itu punya banyak manfaat diantaranya: mendatangkan rejeki, menjauhkan bala petaka, memanjangkan umur, menyembuhkan penyakit, dan lain sebagainya.. Saya memilih asuransi ALLAH saja lewat sedekah, agar saya didoakan anak-anak yatim yang dicintai Nabi itu, agar saya selalu selamat selama perjalanan dimanapun.. ”

Makin bengong… Klakep…

“Sekarang coba mas fikirkan, ada ribuan mobil di jalan, siapa yang bisa menjamin saya selamat? Perusahaan asuransi? Enggak kan.. ALLAH yang bisa menjamin saya selamat. Mobil saya parkir, apakah perusahaan asuransi menjamin mobil saya gak dipecah kacanya oleh maling? Enggak kan? Hanya ALLAH yang bisa mengalihkan mata para pencuri sehingga mobil saya lolos dari incaran mereka.. Begitu mas.. Maaf yaaa..”

“Eh iya.. iya pak… Selamat siang…”


Dialog itu kereeeen banget!! Mau beli mobil aja tetap pakai ilmu TAUHID ALLAH dulu.. ALLAH lagi..ALLAH terussss!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s