Jalan Keluar Pasti Ada, Jangan Bersedih, Tetap Semangat (Renungan Fajar)


Jalan keluar, ya… jalan keluar dari setiap kesulitan pasti Allah akan memberinya, oleh sebab itu marilah kita simak renungan fajar ringkas Kissparry kali ini.

Lanjutkan membaca Jalan Keluar Pasti Ada, Jangan Bersedih, Tetap Semangat (Renungan Fajar)

Taburan Mawar Cinta (Cerpen Kisah Nyata)


Gelap sudah hampir menyentuh malam. Sisa hujan sejak siang tadi menambah aroma malam yang menegas. Aku masih bersimpuh di pusara makam anak wedokku. Ya, anak wedokku baru saja diantar ke tempat baru, tempat keabadian yang sama sekali tidak aku bayangkan secepat ini menjemput.

Lanjutkan membaca Taburan Mawar Cinta (Cerpen Kisah Nyata)

Kenapa Amal Tidak Menembus Hati


Kissparry mengutip tentang artikel ringkas di media sosial yang berjudul Kenapa Amal TIdak Menembus Hati, yah penasaran, ayo kita baca sampai tuntas. Maksudnya apa judul tersebut, mengapa tidak menggunakan judul yang lain. Sementara biarkan seperti itu.

Lanjutkan membaca Kenapa Amal Tidak Menembus Hati

Wanita yang Pertama Masuk Surga “Siti Mutiah”


Kisah ini mungkin sudah sering kita mendengarnya, namun tidaklah berlebihan apabila Kissparry mengutip kisah ini untuk tayang di blog ini, agar menjadi pembelajaran dan keteladanan dalam mengarungi hidup dan kehidupan dalam berumah tangga.

Lanjutkan membaca Wanita yang Pertama Masuk Surga “Siti Mutiah”

Qodaran, Pitutur Poso (Malam Lailatul Qodar)


Mari kita simak cerita singkat berikut ini, cerita yang Kissparry kutip dari cerita ringan di media sosial grup asatidz, yaitu tentang Qodaran (bahasa Jawa) atau lebih kurang kalau bahasa umumnya yang kita kenal adalah … baca selengkapnya…..

Lanjutkan membaca Qodaran, Pitutur Poso (Malam Lailatul Qodar)

Meninggalkan Yang Tidak Berguna


Sesuatu yang tidak berguna sebaiknya ditinggalkan atau dijauhi, karena itu mengarah ke sia-sia. Ini hanya saran dan masukan dari Kissparry, juga kembali kepada diri kami masing-masing.

Lanjutkan membaca Meninggalkan Yang Tidak Berguna

Hebatnya Keutamaan Berpuasa


Hebatnya  Keutamaan Berpuasa

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعمِائَة ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلا الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي ..

لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ ..

وَلَخُلُوفُ فِيهِ (فمه)  أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ “رواه البخاري (5927) ومسلم (1151) واللفظ له.

Dari Abu Ghurairota rodhiAllahu berkata, Rasulullah shalallahu alaihi wa salam bersabda:

“Semua amalan anak cucu Adam dilipatgandakan kebaikan sepuluh kali semisalnya sampai tujuh ratus kali, berfirman Allah ‘Azza wa Jalla:  kecuali puasa karena sesungguhnya ia diperuntukkan bagi-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya.”

Dia meninggalkan syahwatnya dan makanannya untuk mencari ridhoKu
Bagi orang yang berpuasa dia mendapatkan dua kegembiraan: Tatkala berbuka dan bertemu dengan Robnya.

Dan bau mulutnya disisi Robnya lebih harum daripada minyak miski. [ Hr. Bukhari (5927) dam Muslim (1151) dan redaksi darinya.

Pelajaran yang terdapat di dalam hadist:

1- Keutamaan puasa begitu besar kedudukannya disisi  Allah Subhana wa Ta’ala.
2- Disini ada empat fadhilah puasa yang begitu banyak.
3- Sesungguhnya disempurnakan pahala puasa tanpa bisa dihisap saking banyaknya.
4- Sesungguhnya Allah akan melipatgandakan pahala puasa semauNya dibandingkan dengan amal-amal lainnya.
5- Orang yang berpuasa akan bergembira besuk tatkala bertemu Robnya dengan pahala yang diberikan kepadanya.
6- Bau mulut orang yang berpuasa besuk dihari qiamat labih harum dari minyak miski.

Tema hadits yang berkaitan dengan Al-Quran:

Puasa ada disitu semua kesabaran maka balasan pahala disisi Allah luar biasa.
Al-Auza’iy mengatakan bahwa pahala mereka tidak ditukar ataupun ditimbang melainkan diberikan secara borongan tanpa perhitungan.

Ibnu Juraij mengatakan bahwa pahala mereka tidak diperhitungkan melainkan ditambah terus-menerus

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas (Az-Zumar: 10)

اللهم تقبل منا إنك أنت السميع العليم ، وتب علينا إنك أنت التواب الرحيم .

Semoga bermanfaat

Kiriman Trisno @WA Ngemplak
Editor Kissparry

 

Serat Kodrat lan Pituture Simbah


Serat kodrat berarti suratan hidup, sedangkan pituture simbah berarti nasehat kakek. Kissparry kali ini gabungkan menjadi satu, mestinya sebaiknya sendiri-sendiri. Tulisan ini datang dari Jambi (di sana ternyata banyak orang menggunakan bahasa Jawa).

Lanjutkan membaca Serat Kodrat lan Pituture Simbah

Knowing and Being, Ala Orang Jepang


KNOWING & BEING

“Sekolah KNOWING vs Sekolah BEING

Cerita seorang teman : Lanjutkan membaca Knowing and Being, Ala Orang Jepang

Lisan Ibu


LISAN IBU

Ketika seorang wanita sudah menjadi IBU, maka Alloh akan menganugerahkan kepadanya satu senjata yang sangat ampuh di muka bumi.. Lanjutkan membaca Lisan Ibu

Ku Dekap Cintaku Hingga ke Syurga


KU DEKAP CINTAKU HINGGA KE SYURGA

Jika Cinta sudah melekàt.
Hati ingin slalu dekat.
Karena Cintaku padamu Lebih Hebat.
Bahkan tak sebanding Emas 24 karat.

Cintaku jauh Lebih Dahsyat.
Karena Jiwa tlah terpikat.
Takkan rela berpisah walau sesaàt.
Meski harus ke Alam Akhirat.

Kan kubawa Cintaku bersama disa’at wafat.
Menembus Ujian Berat.
Setia menanti sampai Kiamat.

Mungkin untaian kalimat ini bisa mewakili (Alm) ALVI SYAHRI 18 th. yang mengikat Janji Setia sampai mati. Bukan cinta biasa, cintanya bukan pada gadis jelita, bukan pada artis idola namun cintanya itu kepada Al-Qur’an yang Mulia. Dia sudah hafal 30 juz sebagai bukti cintanya.

Malam itu Sabtu 28 Agt 2010 dengan temannya (alm) Yuliansyah – hafal 20 juz dan (alm) Toyib – hafal 10 juz memenuhi Undangan Khataman Al Qur’an. Mereka menaiki getek / prahu kecil menuju sebuah Mushala tempat acara itu bersama 18 santri lainnya. Selesai acara para santri kembali dengan menaiki getek menyeberang sungai Musi.

Ketika hampir sampai seberang kurang-lebih 20 m lagi banyak santri yang hendak mengambil sandal yang tadi di taruh di bagian depan getek, menyebabkan getek tidak seimbang berat ke depan dan terbalik, suasana jadi kacau dan panik, yang pandai berenang berhasil selamat.

Namun na’as Alvi, Yuliansyah dan Toyib tidak pandai berenang. Pencarian melibatkan instansi dari Polisi Air, Dishub, pihak kelurahan dan kecamatan belum berhasil menemukannya, hingga 3 hari pencarian terus dilakukan. Yuliansyah & Toyib akhirnya ditemukan di bagian lain sungai itu yang berbeda, jam 7 pagi. Dan Alvi ditemukan di tempat lain yang berbeda.

Evakuasi sempat membuat kaget masyarakat dan keluarga karena Alvi ditemukan dalam posisi mendekap Al-Qur’an di dadanya. Al-Qur’an itu sulit untuk dilepaskan, sampai datang ibunda Alvi yang berujar: “Ibu Ikhlas nak…ibu Ridho… sampaikan salam ibu kepada Baginda Rosulullah. Semoga Ibu kelak bertemu dengan Baginda di Surga. Sekarang lepaskan Mushaf ini agar kami mudah mengurusmu…”, selesai bicara kepada jenazah Alvi, …..ibunya bisa melepas Mushaf Al Qur’an tsb.

Ketiga jenazah sama sekali tidak rusak, tidak bengkak dan tidak berbau busuk. Seperti orang yang baru selesai mandi, wajahnya bersih dan tersungging senyum. Yang paling menakjubkan adalah dari jenazah Alvi tercium aroma wangi.. Subhanallah…..

Demikianlah Cinta Alvi kepada Al Qur’an sampai di bawa mati. Cinta yang akan memberikan ibunya sebuah Istana di Surga. Cinta yang akan mengantarkannya pula sampai ke Surga. InsyaAllah… Aamiin.

Sumber: http://palembang.tribunnews.com/31/08/2010/jenazah-alvi-dekap-alquran