Hari Ini Google Doodle Memeringati Kelahiran Affandi

Bersamaan dengan Hari Buruh yang jatuh hari ini, adalah pada tanggal yang sama diyakini tanggal ini (1/5) adalah kelahiran sang maestro seni lukis Affandi.

Indonesia adalah Tanah Air dan tempat peristirahatan terakhir bagi Affandi, pelukis produktif yang hidup pada 1907 sampai 1990. Sebelum menggeluti dunia lukis, Affandi pernah menekuni berbagai bidang pekerjaan termasuk menggambar papan iklan.

Affandi kerap menyimpan sisa cat dari tempat kerjanya dan menggunakannya untuk mengembangkan sendiri bakat melukisnya. Belajar secara mandiri dan autodidak, dia mulai giat meniru karya seni yang dia lihat di sejumlah majalah impor dari London. Seperti di lansir dari pikiran-rakyat.com.

Dia kemudian segera menemukan tekniknya sendiri yaitu menuangkan langsung cat dari wadah tabungnya ke atas kanvas. Setelah itu, dengan tangannya sendiri, dia menyapu cat alih-alih menggunakan kuas.

Hari ini, Google mengenang Affandi dengan cara menampilkan Google doodle, dengan gaya sapuan khas Affandi tersebut. Garis-garisnya cair namun tetap menyiratkan semangat. Palet warnanya pun serupa dengan yang biasa dia gunakan dalam berbagai lukisannya.

Ketika dia bereksperimen dengan banyak gaya, ternyata gayanya yang kita kenal saat inilah yang kemudian menjadi ciri khasnya. ”Selamat ulang tahun Affandi.” Demikian ucapan dari Google melalui situsnya.

Sementara itu, secara global, Google juga merayakan Hari Buruh 2017 atau dikenal juga dengan hari pekerja yang dirayakan untuk menghormati sekaligus menghargai kelas pekerja baik laki-laki maupun perempuan di seluruh dunia.

Hari buruh dicanangkan guna memperingati momen penting pada 1886. Kala itu, ribuan pekerja di Amerika Serikat berunjuk rasa di berbagai negara bagian menuntut penerapan 8 jam kerja per hari. Perayaannya kemudian menyebar seiring waktu. Di sejumlah negara seperti Amerika Serikat dan Kanada, Hari Buruh juga diperingati setiap bulan September.

”Letakkan peralatan kerjamu, tutup laptopmu, dan bersantailah di Hari Buruh 2017 ini.” Demikian pernyataan Google.

Meski dirayakan secara global, khusus di Indonesia, Google memutuskan menampilkan Google doodle untuk memperingati ulang tahun ke-110 pelukis legendaris, Affandi. Nama lengkap maestro kenamaan itu Affandi Koesoema. Dia lahir di Cirebon tahun 1907. Tanggal 1 Mei diyakini sebagai tanggal lahirnya. Dia meninggal pada 23 Mei 1990.

Boleh jadi, dia adalah satu-satunya pelukis Indonesia yang dikenal luas di dunia berkat gaya ekspresionis dan romantisnya. Demikian dikutip dari pikiran-rakyat.com.

Sumber : pikiran-rakyat.com
Ilustrasi : Google

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s