Kista Ovarium

Kista ovarium adalah kantong berisi cairan yang terbentuk di dalam ovarium. Tiap wanita memiliki dua indung telur (ovarium), satu di bagian kanan dan satu lagi di kiri rahim. Ovarium yang berukuran sebesar biji kenari ini merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita.

Organ ini berfungsi untuk menghasilkan sel telur tiap bulan (mulai dari masa pubertas hingga menopause) serta memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Fungsi ovarium terkadang dapat mengalami gangguan dan kista termasuk jenis gangguan yang sering terjadi.

Kista ovarium dibagi ke dalam dua jenis utama, salah satunya adalah kista fungsional. Kista fungsional muncul sebagai bagian dari siklus menstruasi. Kista yang tergolong umum terjadi ini tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Jenis kista yang kedua adalah kista patologis. Berbeda dengan kista fungsional, kista patologis mengandung sel abnormal. Pada sebagian kecil kasusnya, sel abnormal tersebut bersifat kanker.

Cukup banyak wanita yang pernah memiliki kista ovarium. Namun, kista umumnya tidak menyebabkan gejala dan dapat hilang sendiri dalam beberapa bulan. Meskipun demikian, kista yang berukuran besar atau pecah berisiko mengakibatkan gejala serius sehingga perlu ditangani melalui operasi.

Di antaranya :

  • Menstruasi yang tidak teratur atau berubah.
  • Nyeri pada tulang panggul beberapa saat sebelum atau setelah menstruasi.
  • Nyeri pada tulang panggul saat berhubungan seks.
  • Sering buang air kecil.
  • Muntah, mual, dan payudara menjadi sensitif seperti saat hamil.
  • Sulit buang air besar.
  • Proses pencernaan yang tidak lancar.
  • Perut terasa kembung.
  • Lebih cepat merasa kenyang dibanding biasanya.
  • Limbung atau pusing.

Kista umumnya akan hilang sendiri tanpa penanganan khusus. Ada beberapa hal yang menentukan perlu atau tidaknya langkah pengobatan, yaitu:

Ada atau tidaknya gejala akibat kista ovarium. Ukuran kista. Apakah penderita telah melewati masa menopause. Penderita yang telah mengalami menopause mempunyai risiko lebih tinggi untuk mengidap kanker ovarium. Oleh karena itu, agar kista tidak berkembang menjadi kanker, kista tersebut perlu diangkat melalui operasi jika dalam waktu dekat tidak menghilang.

Pemantauan rutin biasa dilakukan jika ada kista tanpa gejala yang terdeteksi. Kista ini tidak membutuhkan penanganan khusus dan dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Untuk memastikan, Anda dapat menjalani pemeriksaan USG.

Meskipun beberapa wanita tidak akan merasakan gejala apapun, beberapa jenis kista ovarium bisa jadi bersifat ganas. Hal ini terutama mungkin terjadi apabila kista baru tumbuh setelah wanita melewati masa menopause. Maka dari itu, pemeriksaan rahim rutin perlu dilakukan meskipun Anda tidak merasakan gejala apapun untuk menghindari beberapa komplikasi seperti : Torsi ovarium. Kista yang semakin membesar dapat menyebabkan ovarium bergeser dari posisi yang seharusnya, sehingga risiko ovarium untuk terplintir akan semakin meningkat. Kondisi terplintirnya ovarium ini disebut dengan torsi ovarium. Pecahnya kista, yang akan menimbulkan rasa nyeri dan perdarahan hebat dalam perut.

WhatsApp Image 2017-07-06 at 13.06.38
Gambar Fisiologis Normal Alat Reproduksi Wanita

RANGKUMAN PERTANYAAN :

  • Assalamu’alaikum dokter, ukuran berapa kista harus dioperasi dan untuk kista yang hilang dengan sendirinya batasan nya berapa Minggu?

Jawab : Ukuran bervariasi tergantung usia, rata2 diatas 5cm dan ada gejala seperti yg disebutkan perlu di waspadai dan pemeriksaan lanjutan
Lebih kurang 1bulan setiap akan mens

  • Assalamu’alaikum,  mau tanya yang dimaksud hamil anggur itu apa ya Dok??

Jawab : Hamil anggur adalah kehamilan yang gagal, di mana terjadi kelainan pada proses perkembangan sel telur setelah dibuahi, sehingga gagal tumbuh menjadi seorang bayi. Pada hamil anggur, sel-sel telur dan plasenta yang tidak mampu berkembang ini akan membentuk sekumpulan kista (gelembung berisi cairan) yang bentuknya menyerupai anggur putih.

  • Assalamualaikum dokter. Kakak saya ada mengidap kista. Dan beliau sulit dapat anak. Apakah itu disebabkan oleh kista?

Jawab : Kista sering dinilai dapat mengganggu kesuburan seorang wanita. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar karena pada umumnya kista dapat diangkat dengan mudah tanpa mengganggu ovarium. Tapi untuk jenis kista ovarium yang kompleks, penanganan melalui operasi dapat memengaruhi tingkat kesuburan penderitanya. Minta kakak nya untuk melakukan pemeriksaan lanjutan ke dokter kandungan, ya.

  • tapi ada juga jenis kista yang bisa hilang saat melahirkan, benar begitu dok,?
    Kasus kakak saya juga seperti ini dokter. Waktu melahirkan anak pertama kista beliau juga keluar. Tapi beberapa tahun setelah itu numbuh lagi. Sekarang tidak bisa lagi dapat keturunan. Jadi anak nya 1 aja tidak bisa punya anak lagi dok..

Jawab : Iya beberapa kasus kista dapat sembuh dengan hamil dan melahirkan, namun bila belum/sulit mendapatkan anak sebaiknya lakukan pemeriksaan lanjutan.  Lakukan pemeriksaan kembali ke dokter. Karena kita harus lihat melalui USG (tahap awal) bagaimana kondisi alat reproduksinya. Berapa umurnya sekarang? Umur anaknya?

  • Apa penyebab kista dok?

Jawab : Kista fungsional muncul sebagai bagian dari siklus menstruasi. Kista yang paling umum terjadi ini cepat hilang dan tidak berbahaya.

Kista fungsional bisa terbagi menjadi dua jenis yaitu kista korpus luteum dan kista folikel.

Korpus luteum adalah sel yang memproduksi hormon estrogen dan progesteron setelah pelepasan sel telur. Ketika lubang keluarnya sel telur pada korpus luteum tersumbat, penumpukan cairan pun terjadi. Inilah yang menyebabkan korpus luteum berkembang menjadi kista (intinya aliran yang tersumbat sehingga ada cairan yang seharusnya tidak ada)

Kista korpus luteum umumnya akan hilang dalam beberapa bulan, tapi memiliki risiko untuk pecah. Jika terjadi, kista ini dapat menyebabkan pendarahan dan sakit yang datang secara tiba-tiba.
Faktor usia diatas 40 thn, menopause, Selain itu faktor lain yang dapat memicu terbentuknya kista ovarium adalah menderita endometriosis atau sindrom ovarium polikistik (PCOS).

  • Penyebabnya hamil anggur apa ya dok?

Jawab : Kehamilan anggur disebabkan oleh ketidakseimbangan pada genetik (kromosom) dalam kehamilan. Hal ini biasanya terjadi ketika telur yang tidak mengandung informasi genetik dibuahi oleh sperma (kehamilan mola lengkap), atau ketika telur normal dibuahi oleh dua sperma (kehamilan mola parsial) .
Faktor-faktor resiko hamil anggur (mola hidatidosa) :

  1. Usia ibu saat hamil. Risiko hamil anggur cenderung lebih tinggi untuk wanita yang hamil pada usia 40 tahun ke atas atau 20 tahun ke bawah.
  2. Pernah mengalami hamil anggur sebelumnya.
  3. Pernah keguguran.
  • Dok… penyebab  ca cervik apa aja ya dok,
    Karena tetangga sebelah suami istri kykny orang baik-baik tapi kok tiba-tiba kena ca cervik stadium 2.

Jawab : Bisa dari higienitas (suami ataupun istrinya). Pekerjaan suami/istri juga membawa pengaruh. Ca serviks disebabkan oleh HPV (human papiloma virus). Virus HPV pada umumnya tersebar melalui hubungan seksual, di mana terjadi kontak langsung antara kulit kelamin, membran mukosa, atau pertukaran cairan tubuh, dan melalui seks oral. Setelah memulai hubungan seksual, diperkirakan terdapat 33 persen wanita akan terinfeksi HPV. Namun terdapat jenis HPV lainnya yang bisa menyebabkan kutil pada alat kelamin. Jenis HPV penyebab kutil kelamin ini tidak menyebabkan kanker serviks. Ada sekitar 15 jenis HPV yang berpotensi menyebabkan kanker serviks. Dua jenis yang paling umum adalah HPV 16 dan HPV 18. Jenis ini menjadi penyebab kanker serviks pada 70 persen wanita.

Faktor risiko seseorang mengalami kanker serviks:

  1. berhubungan intim terlalu dini
  2. merokok
  3. pasangan seksual lebih dari 1
  4. kekebalan tubuh yang lemah
  5. melahirkan banyak anak
  6. pemakaian kontrasepsi dalam jangka panjang

 

Sumber :

FKDI GRUP KAJIAN UMUM AKHWAT

Edisi : Rabu, 5 Juli 2017
Pemateri : Dokter Lia Subhan

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s