Cara Menanam Hidroponik di Pekarangan Rumah Perkotaan

Lahan yang kurang luas atau tidak begitu luas bisa kita manfaatkan untuk bercocok tanam dengan media hidroponik. Terutama di wilayah perkotaan yang relatif lebih sempit seperti yang Kissparry (Sekayu) praktikkan. Hidroponik itu media atau perantara alat untuk menanam aneka sayur-mayur, sehingga bukan hidroponik yang ditanam (red: eh… ini untuk menjelaskan judulnya).

Bukan hanya itu saja, sayur mayur atau tanaman yang ditanam pada media ini bisa kita pindah ke tempat lain dengan mudah, dan tetap segar, inilah diantara keunggulan dengan media tanam hidroponik.

Oleh karena itu, hal itulah sehingga kita jumpai di toko pasar swalayan moderen biasanya aneka sayur mayur yang ditanam dan dijual ditempatkan di media hidroponik, kalau mau membeli tinggal mengambil saja atau memetiknya, dan sayuran jelas lebih segar. Untuk harga memang sedikit lebih mahal karena khan sayuran segar.

Memanfaatkan botol bekas

Sinar Matahari

Hampir semua tanaman membutuhkan sinar matahari, manfaat dari sinar matahari berlaku umum untuk tanaman yakni untuk proses fotosintesis guna menghasilkan zat makanan dan energi bagi tumbuhan itu sendiri.

Sinar Matahari adalah faktor terpenting dalam menempatkan media tanam hidroponik, akan tetapi tidak harus di tempat terbuka,  pada tempat tertutup juga bisa akan tetapi tanaman harus mendapatkan sinar matahari. Ini terutama untuk tanaman yang sedang akan tumbuh, sedangkan yang sudah siap panen ditempatkan pada ruang dan suhu ruang tidak apa-apa, contohnya tananam sayuran yang di jual di Supermarket.

Media Semai dan Pengairan

Media semai tidak harus yang berasal dari pabrikan, dapat juga memanfaatkan barang bekas,  seperti cangkir minuman mineral,  jika memanfaatkan media dari plastik minuman mineral harap memperhatikan lambang “RECYCLE” atau tanda panah berbentuk segitiga dan ditengahnya ada angka.  Dimana  angka pada lambang tersebut mununjukan tingkat pemakaian ulang barang tersebut.

WhatsApp Image 2017-06-10 at 11.17.14
Media tanam hidroponik dari barang bekas

Inilah media dari barang bekas, dan lokasi ini belum tertutup oleh rangkaian media tanam, di saat mengawali belajar menanam dengan media Hidroponik.

WhatsApp Image 2017-06-10 at 12.17.56
Media tanam dan selang saluran airnya

Untuk pengairan pada sistem ini menggunakan bantuan Pompa Aquarium yang dialirkan keseluruh media dengan paralon 1/2 inch dan menggunakan selang sebagai penerusnya.

Seledri dalam media paralon 2.5 inch

Hampir semua jenis Sayuran dapat dibudidayakan menggunakan hidroponik, sehingga pada media terbatas bisa untuk kebutuhan sendiri, dan media yang lebih luas bisa untuk berwirausaha.

Bayam Merah pada media paralon

Rintisan yang Sukses

Pada tahap awal sebuah rintisan yang sedianya untuk konsumsi sendiri, terus berkembang dan dikembangkan dengan berbagai media, yang akhirnya sayur mayur boleh dikatakan berlebihan kalau hanya di konsumsi sendiri. Untuk itu kami mencoba menawarkan kepada tetangga, teman sejawat yang membutuhkan sayuran, silakan boleh petik sendiri, dan bisa jadi kami kembangkan ke arah yang lebih luas lagi.

hidroponik mint.jpg

Setelah sukses dengan cara sederhana mencoba menanam sayuran dengan media hidroponik, ada pelanggan yang ingin mencoba menanam sendiri dan menginginkan dibuatkan media hidroponik. Kami pun tidak berkeberatan menyediakan media tanam dan sekaligus bibitnya, bahkan cara-cara dan teknik menanam.

Pelanggan yang ingin memesan media hidroponik, bisa menyampaikan atau meminta modelnya sesuai keinginan dan area yang akan digunakan.

Berikut ini contoh media hidroponik pesanan dari pelanggan, langsung di rangkai menjadi media tanam.

Dapat dipesan IDR 3.800 K belum termasuk ongkir

Wildan Hidroponik Sekayu

Saat itu salah satu pelanggan ada yang menanyakan nama usahanya, kalau belanja atau pesan biar mudah, disamping itu untuk digunakan mencari alamat bagi pelanggan baru yang menginginkan.

Akhirnya kami menamakan diri rintisan usaha ini dengan nama Wildan Hidroponik Sekayu (KissParry Sekayu).

 

Kontak / Hubungi Kami

Logo Wildan Hidroponik copy
Wildan Hidroponik Sekayu

Wildan Hidroponik Sekayu
Sedia aneka bibit dan media Hidroponik

Telepon : +62 714-321689
HP/WA : +62 813-6754-4173
email : sunaryowildan@gmail.com

(Sunaryo, SE, MSi – LikKasjo/nama udara)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s