Nomor 13 dan 14 dimana?

Sering kita menjumpai nomor urut kamar hotel atau kursi penumpang setelah angka 12 langsung meloncat ke nomor 15.  Nomor 13 dan 14 dimana?

Pertanyaan seperti itu yang sering muncul, memang demikian adanya.

Anda tentu tahu istilah Mitos, Mitos (bahasa Yunani: μῦθος— mythos) atau mite (bahasa Belanda: mythe) adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya.

Ada banyak mitos dan legenda yang ada di dunia. Jenisnya pun bermacam-macam, seperti tempat keramat, sosok misterius, hingga sebuah angka yang dianggap dapat mengubah nasib.

Mitos angka 13 dan 14 dianggap sebagai simbol malapetaka atau kesialan.

Bahkan hal ini berdampak pada kemajuan teknologi. Bangsa-bangsa maju seperti Eropa dan Amerika juga masih percaya dengan mitos angka tersebut.

Bukan hanya di daratan Eropa, namun juga sampai di kawasan Asia. Misalnya saja bagi sebagian warga Tionghoa percaya bahwa angka 4 melambangkan kematian. Karena itulah segala sesuatu yang terdapat angka 4 didalamnya agar sedapat mungkin untuk dihindari.

Misalnya di Cina, hampir mustahil kamu mendapatkan evelator, apartemen, lantai, atau alamat yang mengandung angka 13 dan 4, atau kombinasi angka 4. Di Jakarta masih ada evelator yang menggunakan angka 4. Namun untuk angka 13, akan sulit untuk ditemukan.

Untuk menghindari penggunaan angka tersebut, sebuah alamat biasanya menggunakan tambahan huruf. Seperti 12A dan 12B lalu lompat ke angka 15.

Hal tersebut juga diikuti oleh beberapa maskapai penerbangan dunia termasuk Indonesia. Di dalam pesawat tak ada kursi nomor 13 dan 14. Biasanya dari kursi bernomor 12 langsung lompat ke kursi nomer 15.

Beberapa maskapai tersebut beralasan karena menghargai kepercayaan para penumpangnya yang beragam. Salah satu staff penerbangan di Indonesia menceritakan ketika pihaknya masih menggunakan nomer tersebut di bangku pesawat.

Saat melakukan check-in, beberapa penumpang yang mendapat nomer tersebut malah meminta untuk pindah. Maka diputuskan untuk meniadakan nomor tersebut.

 

Referensi :

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Mitos

www.terseram.com/2015/12/tidak-ada-kursi-pesawat-nomor-13-14.html?m=1

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s