Tutorial Menggunakan Google Drive dan Cara Menyiapkannya (HP Android dan Laptop)

Masih satu keluarga dengan Google, ialah Google Drive. Diantara sekian banyak pengguna Android, Kissparry yakin sudah mengenal dan menggunakannya, tapi mungkin dari sekian banyak pengguna Android, maaf saja, ada yang belum mengenalnya. Google Drive adalah menyedia layanan simpan dokumen gratis.

Bukan masalah gratis saja tetapi lebih dari itu, kita bisa membuka dokumen yang kita simpan di mana saja dan kapan saja secara online (tersambung dengan jaringan internet), dengan mudah.

Google Drive Logo (Istimewa)

Cukup dengan satu akun Google Anda sudah bisa menggunakan Google Drive ini. Bagi Anda yang belum pernah menggunakannya di sini Kissparry bakal memandu Anda, sampai mahir.

Hanya sayangnya dokumen yang bisa di simpan di Google Drive adalah dokumen elektronik, sehingga kita harus memindai (men-scan) semua dokumen yang biasanya berbentuk lembaran kertas.

Dokumentasi

Dokumen apa yang bisa di simpan oleh Google Drive. Anda mungkin bertanya-tanya seperti ini, boleh saja, oleh sebab itu Kissparry perlu menjelaskan sesuai dengan pengalaman penggunaan Google Drive selama ini.

Hampir semua dokumen elektronik bisa di simpan di dalam Google Drive, bisa saja saya katakan semua dokumen elektronik, tetapi disebutkan hampir karena meskipun bisa semua, tetapi kami sarankan jangan asal simpan, silakan sesuai dengan porsinya.

Adakalanya dokumen elektronik selanjutnya saya sebut dengan file, karena memang sebutannya seperti itu.

Sekedar tambahan informasi kalau kita menyimpan file ada yang berekstensi (nama belakang dipisahkan dengan tanda titik) doc, docx (file hasil olah kata Microsoft Word dari Microsoft Office), sehingga dengan menyebut file atau files bisa lebih menyeluruh mewakili dokumen di maksud.

Berikut file yang dapat disimpan pada Google Drive, diantarnya.

  1. File gambar (jpg, jpeg, gif, pdf, dan lainnya), di dalam menu disebutkan Foto dan Gambar
  2. File dokumen hasil pengolah data dan kata, teks (txt, doc, docx, xls, xlsx, dan lainnya), di dalam menu disebutkan Dokumen Teks dan Spreadsheet
  3. File presentasi (ppt, pptx), di dalam menu disebutkan Presentasi
  4. File Audio dan Video, di dalam menu di sebutkan Audio dan Video

Selain kita bisa mengambil kembali dokumen kita dari mana saja,  manfaat lain dari penggunaan Google Drive adalah seperti tersebut di bawah ini.

  1. Dokumen bisa dibagikan (di share) kepada orang lain yang dikehendakinya, sehingga bisa membukanya.
  2. Pada dokumen pengolahan kata dan atau angka, kita bisa bekerja bersama-sama dengan satu dokumen kerja yang tersimpan di Google Drive, dengan cara dibagikan dan diberi akses untuk bisa mengubah data.
  3. Dengan Drive kita bisa membuat folder atau kamar-kamar file, sehingga apabila dokumen yang disimpan dalam jumlah banyak, bisa dipilah-pilah penyimanannya misalkan sesuai jenisnya.

Menyiapkan Google Drive

Bagi Anda yang belum memasang Google Drive pada Android HP Anda, maka diperlukan untuk melakukan pemasangan. Caranya adalah sebagai berikut.

Pilih menu Google Play (Play Store) di HP Android Anda, sama halnya Anda yang akan menginstal di laptop, dengan gambar seperti ini

Play Store – Google Play Logo (Istimewa)

Cari pada aplikasi Google Play dengan kata kunci Google Drive, temukan gambarnya seperti yang ada di bawah ini.

Google Drive Logo (Istimewa)

Bila sudah ketemu, klik INSTALL atau PASANG, selama pemasangan program Google Drive bisa Anda menunggunya sebentar, namun lama dan tidaknya waktu yang dibutuhkan tergantung lancar dan tidaknya jaringan internet yang sedang aktif saat itu.

Kalau sudah selesai maka tinggal pilih BUKA dengan meng-klik menu tersebut, maka Anda sebentar lagi sudah masuk ke Google Drive. O.. ya… dengan catatan Anda sudah memiliki akun Google dan sudah pada posisi terbuka, kalau belum maka Anda harus masuk dengan akun Google Anda. Lha kalau belum punya silakan buat atau mendaftarkan terlebih dahulu.

Intalasi Google Drive berhasil

Benar apa yang Kissparry tuliskan di atas, bahwa Google Drive adalah penyimpanan online GRATIS dari Google, terlihat seperti pada gambar di atas.

Oleh sebab itu tunggu apa lagi…. simpan dokumen penting Anda secara online. Ketika Anda bepergian jauh ke Pontianak misalnya tiba-tiba ada yang minta Kartu Keluarga (KK), padahal saat itu tidak membawa, pun tidak membawa laptop, maka Anda tinggal pergi ke Warnet terdekat buka Google Drive ambil KK yang sudah tersimpan, kemudian di cetak maka beres sudah permintaan tersebut.

Menggunakan Google Drive

Ada menu Drive Saya, menu BARU, enaknya mulai dari mana ya? Oke…. setidaknya dengan terinstal/terpasang Google Drive, Anda sudah bisa membuka file pdf Alquran 30 Juz yang Kissparry baru saja bagikan (terbitkan).

Cara menggunakan Google Drive yang kemudian Kissparry sebut untuk Google Drive dengan Drive saja, penggunaan di Android hampir sama ketika menggunakan laptop, sehingga tutorial ini juga bisa diterapkan di kedua alat tersebut bahkan lebih dari dua sistem itu. Yang membedakan adalah tampilan menunya.

Syarat yang pertama, kita harus punya akun Google, kalau belum punya buat saja melalui pembuatan email dari Google Mail. Khan sudah disampaikan di atas kalau satu akun Google untuk semua layanan dari Google.

Mudahnya  kita bisa menggunakan akun facebook kita, utamanya yang menggunakan @gmail.com atau @gmail.co.id, berarti sudah punya akun Google sehingga tinggal memanfaatkannya (tinggal memakainya), namun untuk akun facebook yang menggunakan bukan @gmail ya harus membuat atau mendaftar dulu.

Di sini akan kami sampaikan penggunaan di laptop atau personal computer dan untuk di handphone silakan menyesuaikan. Hal ini mengingat olah simpan sering dilakukan dengan laptop atau komputer, dan bukan dengan smartphone (dalam hal ini dibalik).

Kita harus membuka akun Google dengan cara login, bisa menggunakan email atau langsung Drive. Ketiklah Google pada peramban Anda. Pilih menu MASUK, setelah itu masuklah melalui akun Google tersebut, untuk bisa masuk Anda harus menyebutkan kata kunci atau password. Bila belum ada dalam daftar akun yang tersedia, silakan pilih Menggunakan Akun Lain..

Masuk ke Akun Google

Setelah memasukkan sandi, silakan klik BERIKUTNYA, kemudian lihat menu atau gambar di sebelah kanan.

Menu Aplikasi Google

Pilihlah Aplikasi DRIVE, setelah itu akan muncul Area Google Drive Anda yang disediakan oleh Google secara GRATIS dalam ruang 15 MB. Ruang itulah yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan dokumen-dokumen penting kita, terutama dokumen mobile agar bisa dibuka dimana-mana.

Area Kerja Drive

Di area kerja drive kita bisa membuat folder baru untuk menampung dokumen-dokumen sejenis. Contoh folder diatas e-Book Islami.

Cara membuat folder baru pilih menu BARU kemudian pilih folder lalu berilah nama folder sesuai kegunaannya untuk memudahkan pencarian.

Untuk mengisi folder yang baru saja dibuat hanya dilakukan dengan langkah sederhana dengan manarik file yang akan kita pindah atau simpan ke arah folder tersebut atau dengan cara meng-copy-nya.

Ketika Menu BARU di klik muncul seperti ini

Inilah menu + BARU apabila kita klik akan muncul sub menu seperti di atas.

Berani Mencoba

Terpenting bagi Anda yang belum familiar dengan Google Drive harus mencoba-coba agar lancar.

Google Dokumen seperti halnya Microsoft Word atau pengolah word (kata) sejenis, Google Spreadsheet seperti halnya Microsoft Excel atau sejenis. Sedangkan Google Slide seperti halnya dengan Microsoft Power Point atau sejenisnya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Kissparry.
Editor Kissparry WA

Iklan

One thought on “Tutorial Menggunakan Google Drive dan Cara Menyiapkannya (HP Android dan Laptop)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s