Ini Caranya Saat Kesulitan Mengganti Nama Kontak pada WhatsApp (WA)

Kissparry mengalami sedikit kesulitan mengubah nama kontak pada WhatsApp (WA) (20/3). Nama kakak perempuan saya terdaftar dengan nama laki-laki, dan orangnya beda lagi. Ya… harus diganti, pikir saya, tetapi menggantinya tidak semudah yang saya pikirkan, berkali-kali tidak berhasil. Bukan hanya satu itu, masih ada satu lagi nama yang perlu di ubah, juga mengalami kesulitan.

Kasus pertama, nama kontak dicari lewat daftar kontak telepon tidak ketemu (tidak ada), namanya kemana ya… tetapi kalau lewat WhatsApp nampak. Tujuannya ingin mengubah nama lewat kontak, karena mengganti melalui kontak telepon sudah pernah mencoba, dan berhasil.

Oleh sebab itu mesti langkah mengubah nama lewat daftar kontak WA, karena nama kontak bisa terlihat di WA, tetapi dengan cara ini tidak menemukan menu Edit kontak, padahal sudah mencari cara melalui Google.

Awal Kasus

Kesalahan pemberian nama, sebenarnya awal sumber dari kekeliruan tersebut, oleh sebab itu perlu hati-hati saat memberi nama. Namun sebaliknya, apakah nama yang keliru itu tidak bisa disesuaikan atau dibetulkan? Tentu bisa, dan harus bisa.

Sedangkan kasus kedua, merupakan nomor kontak yang dipindahtangankan, saya juga  kesulitan untuk mengubahnya, sudah sesuai prosedur tetapi tidak berhasil juga. Bahkan sudah berkali-kali minta bantuan lewat Google Search, hasilnya tetap nihil.

Kesalahan bukan terletak pada pemberian nama kontak, karena bermula dari kartu yang dimanfaatkan daripada dibuang begitu saja, karena waktu itu pulsa dan paket internet masih ada. Jadi kasusnya adalah kartu berpindah tangan.

Kasus Pertama Berhasil Mengganti Nama

Akhirnya yang satu nama kontak (kasus pertama) ketemu jalannya, setelah klik sana klik sini. Dan segera saja saya tuliskan di sini pengalaman tersebut, namun tulisan sempat berhenti (—to be continue—) bahkan gambar sempat saya hapus — padahal sudah publish karena untuk merubah yang satu kontak lagi (kasus kedua) belum berhasil.

Untuk menangani kasus perubahan nama yang kedua, dengan cara seperti menangani perubahan nama yang pertama (yang diuraikan dibawah ini) tidak berjalan mulus atau langsung berhasil, baru setelah dicoba berulang kali akhirnya berhasil juga mengubah nama kontak dari XL Umi My menjadi X Wea Prima Kissparry.

Temukan Menu Edit Kontak

Kuncinya adalah simbol MENU (tanda titik tiga pojok kiri atas, atau tampak kanan di layar WA Anda) dan temukan menu EDIT (Perbaikan). Apabila sudah ketemu, Anda tidak perlu membaca artikel ini selanjutnya. Dan Anda sudah berhasil mengubah nama kontak.

Begitu bertemu menu Edit atau Perbaikan lakukan perubahan dan simpanlah nama kontak yang baru, berarti beres.

Sekarang untuk menangani perubahan nama yang susah di ubah, atau telah berkali-kali mencoba namun nama tetap tidak berubah.

ss_nama1
Contoh nama kontak harus diganti

Perhatikan contoh di atas, seharusnya nama kontaknya adalah Wea Prima, tetapi karena merasa susah menggantinya, sejak nomor HP itu dipindahtangankan tidak pernah diganti. Sepertinya sepele, karena tidak pernah salah kontak sehingga mengganti saja agak kesulitan.

Langkah-langkah Perubahan

Berikut ini langkah yang harus kita lakukan untuk bisa mengubah nama kontak pada WhatsApp (WA).

  1. Silakan data kontak yang akan di ubah di klik sehingga muncul kurang lebih seperti ini

    c_data_kontak_awal
    Tampak data bakal di ubah namanya
  2. Klik tombol MENU atau titik tiga sebelah kiri atas layar (tampak di kanan atas layar anda), sehingga muncul seperti ini, dan pilihlah Lihat Kontak
    a_mulai klik nama
    Nama kontak akan di ganti, tanda menu dilingkari

    b_pilih Lihat Kontak
    Lihat Kontak untuk melakukan perubahan
  3. Setelah ini muncul data Kontak secara umum, dan langkah selanjutnya adalah mencari menu Edit dimana, dan Klik MENU yang tampak di kanan atas layar, tanda titik tiga menurun
  4. Pilih Edit dan ubahlah nama kotaknya (seperti langkah nomor 5)

    e-pilih-Edit
    Pilih Menu Edit
  5. Melakukan perubahan data kontak, silakan langsung di ubah, kemudian simpan (tanda centang di atas adalah perintah simpan)
    Catatan: Apabila Anda belum berhasil mengganti dengan pola pertama, silakan klik tanda panah kecil buka tutup detil, silakan mengubahnya dengan cara detil seperti dibawah ini.

    f-proses-ubah
    Proses sunting atau edit
  6. Hasil akhir setelah perbaikan nama akan tampak seperti di bawah ini, bila belum berhasil silakan coba lagi sesuai catatan nomor 5.

    h-finish
    Hasil perubahan nama
  7. Selesai.

Akhirnya berhasil mengubah nama keduanya, setidaknya menjadi nama yang lebih sesuai. Mengapa nama kontak yang tidak sesuai harus dibetulkan? Hal tersebut untuk jaga-jaga saat nama yang ada di daftar kontak menghubungi via telepon sehingga tidak keliru menyebut.

Penting

Kissparry mempraktikkan untuk mengubah nama kontak yang satu ini, berkali-kali, dan selalu gagal, tetapi karena penasaran terus mencoba dan akhirnya berhasil. Kuncinya adalah dengan perubahan nama per-item, dan nama awalan diisi.

Untuk perubahan nama yang saya ceritakan di awal tentang nama kakak perempuan yang tertulis nama orang lain laki-laki, langsung sukses dan berhasil mengubahnya.

Kesimpulan Ringan

Untuk nama kontak yang berada di dalam SIM Card, proses perubahannya termasuk agak rumit dan perlu kesabaran, hal tersebut dimungkinkan karena perbedaan sistem operasi HP yang saya pakai sebelumnya pada nomor SIM Card tersebut – dari basis Windows ke basis Android.

Data kontak di HP Android saya simpan di Kontak Google sehingga kontak lama yang terlanjur disimpan di tempat lain atau di SIM Card terkadang tidak muncul saat dicari di daftar kontak, mungkin masih perlu proses migrasi data kontak.

Semoga bermanfaat.

Kissparry
Editor : Kissparry WN

AYO ber-AMAL JARIYAH
untuk menyelesaikan pembangunan MASJID diatas tanah wakaf Keluarga Kissparry…
Silakan Transfer Uang Sejumlah Transfer Minimal Bank Anda (BCA, BNI, BRI, Mandiri)
Bagi yang di luar negeri MOHON TRANSFER ke BNI ATAU BCA……..
KLIK DI SiNI UNTUK MELIHAT REKAP DAN REKENING BANK

 

Iklan

2 tanggapan untuk “Ini Caranya Saat Kesulitan Mengganti Nama Kontak pada WhatsApp (WA)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s