Inilah Cara Memutihkan Kulit secara Alami, Mudah dan Murah

Boleh dicoba, apabila kulit kita sudah belang-belang karena mungkin terkena sinar matahari atau dikarenakan sebab lain sehingga kulit terlihat lebih pekat, yah.. kurang putihlah…. Kissparry kali ini akan menurunkan artikel bagaimana cara membersihkan kulit, dengan tujuan lebih putih atau bersih.

Tulisan ini sebenarnya kemauan Kissparry dalam hal merawat kulit terutama kaki dan tangan yang sudah sedikit menghitam, tujuannya agar lebih bersih, terlebih bisa lebih putih.

Kissparry pernah mencoba dengan kulit jeruk, hanya saja mungkin kurang telaten saja sehingga hasilnya belum maksimal seperti yang diharapkan. Tentunya segala sesuatu usaha harus dilakukan dengan berkelanjutan, utamanya untuk membersihkan kulit tangan dan kaki, mengingat setiap hari mengendarai kendaraan roda dua.

Untuk itu kali ini Kissparry ingin berbagi (sharing) tentang bagaimana sebaiknya membersihkan kulit kita agar tampak lebih bersih. Hal ini juga sebagai penguat niatan Kissparry dalam merawat kulit kaki dan tangan. Ada beberapa cara yang dilakukan berdasarkan kutipan dari berbagai sumber yang Kissparry lakukan.

Terpaparnya sinar matahari yang menyebabkan kulit menjadi menghitam, disamping karena banyaknya kandungan melanin atau melanosit yang terlalu aktif. Perubahan warna kulit ini seringkali terjadi secara perlahan. Umumnya, hal ini di mulai dari siku, buku jari, dan lutut lalu menyebar menuju area sekitarnya. Seperti dikutip dari dokterbebe.com.

Selain itu, beberapa kondisi medis bisa juga menyebabkan hal ini. Berikut ini adalah kondisi medis yang mungkin akan menyebabkan kulit lebih hitam dari sebelumnya. Namun, umumnya kondisi ini bukan hanya menyerang di wilayah kaki dan tangan:

  • Kelebihan zat besi atau hemokromatis.
  • Penyakit endokrin, misalnya penyakit Addison.
  • Memiliki riwayat peradangan kulit, biasa disebut hiperpigmentasi pasca-inflamasi.
  • Penggunaan obat tertentu, misalnya minocycline.

Berikut ini bahan-bahan untuk membersihkan (memutihkan) kulit, yang bisa kita pilih salah satu.

  • Kulit Jeruk dan Susu (putih)
  • Beras dan Minyak Zaitun
  • Wortel
  • Lemon dan Madu
  • Ampas Kopi
  • Timun
  • Lidah Buaya
  • Kunyit

Tentu, cara ini bisa dipilih salah satu saja, sekiranya mana yang lebih gampang di aplikasikan. Juga mudah didapatnya bahan yang akan digunakan untuk membersihkan kulit.

Sebagai contoh adalah ampas kopi, dikarenakan satu keluarga tidak suka minum kopi, sudah barang tentu bahan ini susah di dapatkan. Tetapi kalau didalam keluarga ada yang suka minum kopi, maka ampas kopi sangat mudah didapatkan.

Begitulan, meskipun dibilang murah namun terkadang hal ini juga relatif, sebab yang namanya perawatan kulit memang boleh dibilang agak mahal juga. Disamping itu butuh teratur dan telaten. Selamat mencoba bersama Kissparry.

Inilah Cara Menggunakannya

Silakan pilih salah satu dan lakukan secara teratur, hingga tampak hasilnya.

Kulit Jeruk dan Susu

Perpaduan kulit jeruk dan susu (cair) putih semoga sangat ampuh untuk memutihkan atau membersihkan kulit kaki dan tangan. Jeruk banyak mengandung vitamin C yang dapat menjadi penangkal radikal bebas. Susu sudah diyakini bisa membersihkan kulit, apabila tersedia susu cream (sebaiknya di cairkan dulu).

jeruk keprok

Bergini caranya :

  • parut kulit jeruk, utamanya bagian luar,
  • parutan kulit jeruk di campur dengan susu (putih), aduklah hingga rata dan sedikit mengental
  • kemudian oleskan ke kulit kaki dan tangan

Lakukan perawatan ini seminggu sebanyak 2 kali hingga 3 kali.

Wortel

Wortel sudah sangat dikenal untuk kesehatan mata karena vitamin A, namun dapat digunakan untuk membersihkan kulit yang relatif cepat.

Begini caranya :

  • parut lebih kurang wortel sebanyak 2 – 3 biji (tergantung besar kecilnya,
  • hasil parutan tambahkan body lotion secukupnya dan campur atau aduk hingga merata
  • oleskan pada kulit dan tangan dan diamkan selama lebih kurang 30 menit
  • setelah 30 menit basuh bersihkan dengan air (hangat lebih bagus)

Lakukan pekerjaan ini rutin sehabis mandi. Bagaimana kalau mandi pagi sedang keburu ke kantor, silakan sore hari atau silakan di atur sendiri.

Beras dan Minyak Zaitun

Beras dan minyak zaitun merupakan kombinasi bahan yang ampuh untuk memutihkan (membersihkan) kulit, terutama karena terkena sinar matahari.

Begini caranya

  • tumbuk beras hingga halus (bisa di blender), bolehkan dengan tepung beras? silakan di coba, karena saat ini tepung beras mudah didapatkan
  • campurkan beras tepung dengan minyak zaitun (secukupnya), aduk-aduk hingga bercampur rata
  • oleskan atau lulurkan pada kaki dan tangan dan diamkan hingga 30 menit,
  • lalu bilas dengan air bersih

Lakukan cara ini rutin setelah mandi, hingga terasa hasilnya.

Lemon dan Madu

Lemon termasuk juga efektif, tetapi bahan ini terkadang susah dicari atau langka, dan kalau sudah langka harganya melambung, kecuali kalau Anda mendapatkan lemon lokal yang relatif murah. Sama juga halnya Madu.

Namun kalau ingin mencoba silakan, 1 buah lemon di peras tambahkan beberapa tetes madu, kemudian balurkan ke kulit kaki dan tangan, diamkan hingga 30 menit dan bilas dengan air hangat lebih bagus.

Jeruk Lemon (foto epochTimesId)

Lemon bisa diganti jeruk biasa, dengan cara buah jeruk di jus atau di blender.

Namun hati-hati terhadap kulit sensitif. Lakukan rutin 2 – 3 kali seminggu, bisa dilakukan menjelang tidur,

Ooiya… kadang kita merasa “eman-eman” sayang ya… lemon dan jeruk yang terbilang tidak murah hanya untuk dibuat luluran.

Bila demikian silakan diganti dengan kulit jeruknya saja, dengan cara mengeringkan (agak kering) tumbuklah hingga menjadi bubuk setelah itu campur dengan yogurt biar bisa menempel di kulit, dan oleskan tunggu 15 – 20 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan menjelang tidur.

Ampas Kopi plus Madu

Tidak begitu di rekomendasi, karena ampas kopi kadang susah dipunyai kecuali penggemar kopi.

Ampas kopi campur dengan madu secukupnya dan oleskan hingga 30 menit, lakukan ini setelah mandi…. jangan lupa di bilas. Untuk mengetahui hasilnya lakukan cara ini secara rutin.

Timun atau Mentimun

Barang ini mudah didapatkan dan relatif lebih murah, dibandingkan dengan bahan yang lainnya. Timun mengandung vitamin A yang memiliki peran penting dalam membantu menghilangkan warna lebih gelap di kulit tangan dan kaki.

Mentimun

Bahan makanan yang biasa dijadikan lalapan ini juga kaya akan air untuk menghidrasi kulit.

Begini caranya

  • Gosokkan irisan bahan ini pada kulit yang berwarna gelap selama 5 menit.
  • Tunggu selama 15 menit agar kulit menyerap nutrisi dari timun.
  • Setelah itu, bilas hingga bersih dengan air.

Bisa dilakukan menjelang tidur atau pagi hari sebelum mandi (namun pagi hari biasanya repot kecuali hari libur, khususnya para pegawai/pekerja).

Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini sudah banyak yang membudidayakan, termasuk Kissparry. Lidah buaya sangat dikenal di kalangan kami sebagai obat alamiah misal kalau kebentur, gatal-gatal, terluka, dan masih banyak lagi terutama obat luar.

Bahan ini bisa membantu mengurangi kulit yang lebih gelap di tangan dan kaki sekaligus melembabkannya.

Begini caranya

  • Potong lidah buaya seperlunya, dan lepas kulit hingga tampak gel-nya.
  • Gunakan gel lidah buaya untuk melumuri pada tangan dan kaki selama 5 menit.
  • Tunggu hingga setengah jam lalu bilas dengan air.

Kunyit dan Madu

Kunyit adalah bumbu dapur yang dipercaya memiliki berbagai khasiat untuk kulit. Tidak hanya mencerahkan, kunyit juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan menangani masalah kulit akibat psoriasis.

Begini caranya

  • Kunyit dibuat bubuk (atau beli bubuk kunyit),
  • bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan yoghurt dan/madu madu (biar bisa menempel).
  • tempelkan pada kulit tangan dan kaki, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Coba lakukan prosedur tersebut setiap hari, silakan ambil waktu yang sesuai dengan kesibukan Anda. Lakukan hingga tampak hasilnya.

Apa itu psoriasis? 

Psoriasis adalah penyakit peradangan kulit menahun. Penyakit ini umumnya yang ditandai dengan ruam memerah, kulit terkelupas, menebal, terasa kering, dan bersisik. Tanda-tanda tersebut juga terkadang disertai rasa gatal atau perih.
Semua bagian tubuh bisa terserang gejala psoriasis. Namun, kondisi ini biasanya muncul pada lutut, punggung bagian bawah, siku, atau kulit kepala. Seperti dikutip dari halodokter.com.

Psoriasis diduga terkait dengan gangguan autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh yang keliru menyerang sel-sel kulit yang sehat.

Demikian beberapa cara mengembalikan kecemerlangan kulit, agar tampak bersih dan putih. Bukan hanya tampak tetapi juga menjadikan kulit lebih sehat.

Sekali lagi, untuk hasil maksimal membutuhkan keseriusan dalam menangani masalah waran kulit yang berubah, harus telaten dan rutin, terlebih mampu menghindari pencetusnya.

Semoga bermanfaat.

Kissparry (diolah dari berbagai sumber)
Editor: Kissparry Wa

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s