Olahraga Rekreasi

100 Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia, Lokasi, dan Rute Pendakian

9. Puncak Rinjani 3.726 mdpl, Gunung Rinjani, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl, terletak pada lintang 8º25′ LS dan 116º28′ BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya.

rinjani-idn
Puncak Gunung Rinjani (foto: IdnTimes)

Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten: Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat.

peta-rinjani2
Peta Pendakian Gunung Rinjani (sumber: lombokjourney)

Di dekat puncak Rinjani terdapat kawah berupa danau, dengan nama Danau Segara Anak yang didalamnya terdapat anak gunung Rinjani bernama Gunung Barujari (2.376 mdpl).

large-gunungrinjani
Danau di Gunung Rinjani dan Anak Rinjani (Gunung Barujari – berapi) (foto: beritacenter)

Catatan : Saat artikel ditulis di Gunung Rinjani terjadi gempa bumi, sehingga banyak pendaki yang terjebak.

gempa-lombok-ntb_20180805_203503
Gempa Lombok NTB 05-08-2018 (sumber: banjarmasinpost)
suasana-mencekam-yang-dialami-pendaki-gunung-rinjani-saat-gempa-lombok-o7pNjbYOeg
Suasana mencekam yang dialami pendaki Gunung Rinjani saat gempa Lombok (foto: okezone)

Salah satu pintu gerbang pendakian Gunung Rijani di Taman Nasional Gunung Rinjani Pintu Senaru yang roboh akibat gempa. Setelah gempa usai, tentu pendakian yang semula tutup akan dibuka kembali.

air-terjun-tiu-kelep-dan-sengang-gile-rinjani
Air terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile, Taman Nasional Gunung Rinjani, Lombok, NTP (foto: naga-indo)

Beberapa anjungan yang cukup menarik di Taman Nasional Gunung Rinjani diantaranya yaitu air terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile.


10. Puncak Mahameru 3.676 mdpl Gunung Semeru, Jawa Timur

Gunung Semeru atau Gunung Meru adalah sebuah gunung berapi kerucut di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut.

gunung-semeru
Gunung Semeru, Malang Jawa Timur (foto: cnnIndonesia)

Dari wajah gunung tampak berjajar beberapa puncak yang menjulang, karena gunung Semeru termasuk dalam pengelolaan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung ini terletak di Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Kabupaten Lumajang di Jawa Timur, pulau Jawa.

01_Memasuki_wilayah_Bromo_1 (60)
Memasuki Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, (foto Kissparry Jr Alif – Wafa)

Ketika berada di wilayah ini, tinggal akan mendaki ke puncak gunung yang mana, mau ke puncak Bromo, puncak Tengger atau ke puncak Mahameru. Posisi geografis Semeru terletak antara 8°06′ LS dan 112°55′ BT.

Kawah Semeru bernama Kawah Jonggring Saloko, bagi pendaki disarankan untuk tidak menuju kawah Jonggring Saloko, juga dilarang mendaki dari sisi sebelah selatan, karena adanya gas beracun dan aliran lahar.

Gas beracun ini dikenal dengan sebutan Wedhus Gembel (Bahasa Jawa yang berarti “kambing gimbal”, yakni kambing yang berbulu seperti rambut gimbal) oleh penduduk setempat. Suhu dipuncak Mahameru berkisar 4 – 10 derajat Celsius, pada puncak musim kemarau minus 0 derajat Celsius, dan dijumpai kristal-kristal es.

Cuaca sering berkabut terutama pada siang, sore dan malam hari. Angin bertiup kencang, pada bulan Desember – Januari sering ada badai.

Terjadi letusan Wedus Gembel setiap 15-30 menit pada puncak gunung Semeru yang masih aktif. Pada bulan November 1997 Gunung Semeru meletus sebanyak 2990 kali. Siang hari arah angin menuju puncak, untuk itu hindari datang siang hari di puncak, karena gas beracun dan letusan mengarah ke puncak.

24-pasir-semeru-kawah-jonggring-seloka
Kawah Jonggring Seloka Gunung Semeru yang unik (foto: zizah1)

Ranu Kumbolo adalah sebuah danau gunung di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Letaknya di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Luasnya 15 hektare. Ranu Kumbolo adalah bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

semeru
Semeru (pic. phinemo)

Gunung-gunung yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah sebagai berikut:

  1. Gunung Semeru (3.676 m)
  2. Gunung Bromo (2.329 m)
  3. Gunung Batok (2.470 m)
  4. Gunung Kursi (2.581 m)
  5. Gunung Watangan (2.601 m)
  6. Gunung Widodaren (2.650 m)
  7. Gunung Linggo
  8. Gunung Penanjakan
  9. Gunung Pundak Lembu
  10. Gunung Gandera
  11. Gunung Ringgit
  12. Gunung Widangan
  13. Gunung Sumbersenami
  14. Gunung Pranten
  15. Gunung Bajangan

Gunung-gunung tersebut masuk dalam kaldera Gunung Tengger.

Pendakian

Untuk pendakian ke Puncak Mahameru 3.676 mdpl bisa melalui Ranu Pani, lokasinya sudah pada ketinggian 2.200 mdpl, dapat ditempuh lewat kota Malang atau Lumajang. Waktu yang diperlukan untuk mendaki Puncak Mahameru sekitar empat hari untuk pergi-pulang.

Dari terminal Kota Malang naik angkutan umum menuju desa Tumpang. Disambung lagi dengan jeep atau truk/pickup yang banyak terdapat di belakang pasar terminal Tumpang hingga Pos Ranu Pani. Sebelumnya mampir di Gubugklakah untuk memperoleh surat izin.

Adapun dari arah Lumajang dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi atau naik ojek di sekitar pasar Senduro menuju ke Pos Ranu Pani.

Di sini terdapat Pos pemeriksaan, terdapat juga warung dan pondok penginapan. Setiap orang yang ingin melakukan pendakian dikenakan biaya sesuai tarif yang berlaku. Di pos ini pun dapat mencari portir (warga lokal untuk membantu menunjukkan arah pendakian, mengangkat barang dan memasak).

Pendaki juga dapat bermalam di Pos penjagaan. Di Pos Ranu Pani juga terdapat dua buah danau yakni Ranu Pani (1 ha) dan Ranu Regulo (0,75 ha).


lanjutkan membaca, Pages 4, Gunung Bikih


Pages: 1 2 3 4 5 6

1 reply »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.