100 Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia, Lokasi, dan Rute Pendakian

42. Puncak Merapi 2.911 mdpl, Gunung Merapi, Jawa Tengah – DI Yogyakarta

Gunung Merapi adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Puncak Merapi 2.930 mdpl  per 2010, namun tercatat saat ini berketinggian Puncak Anyar 2.911 mdpl, ini artinya kondisi puncak Merapi yang berubah-ubah karena sering meletus. Puncak Anyar artinya puncak baru.

Kita masih ingat ketika juru kunci Merapi yang cukup ternama, Mbah Maridjan (karena menjadi bintang iklan produk ternama di Indonesia), menjadi salah satu bukti bahwa Merapi memiliki karakter sendiri. Bahkan momen di Merapi menjadi legenda kisah seri yang disiarkan di radio dan televisi, Misteri Gunung Merapi.

Merapi terletak di Kabupaten Boyolali, Kabupatan Klaten, Kabupaten Magelang (Jawa Tengah) dan Kabupaten Sleman (Daerah Istimewa Yogyakarta). Pengelolaan area sekitar Merapi masuk dalam Taman Nasional Gunung Merapi yang berpusat di Jln Merapi 128 Boyolali.

Magelang dan Kota Yogyakarta adalah kota besar terdekat, berjarak kurang dari 30 km dari puncaknya. Di lerengnya masih terdapat permukiman sampai ketinggian 1700 m dan hanya berjarak empat kilometer dari puncak. Oleh karena tingkat kepentingannya ini, Merapi menjadi salah satu dari enam belas gunung api dunia yang termasuk dalam proyek Gunung Api Dekade Ini.

merapi-DSC_0157
Musium Merapi di lereng Merapi Sleman Yogyakarta

Pendakian ke gunung merapi menjadi pilihan utama para pendaki, karena memang sangat memesona, disamping Merapi yang sangat terkenal dengan film Misteri Gunung Merapi-nya, pendakian di gunung ini penuh sensasi sebagai gunung berapi paling aktif di Indonesia.

aNew_Selo_Kissparry14
New Selo (Pic. Kissparry Jr), Plalangan Selo Boyolali – Jawa Tengah, papan nama tampak dari jalan raya

Rute pendakian ada 4 jalur yaitu

  • Selo (New Selo), Kabupaten Boyolali (Plalangan, kec. Selo) – Jawa Tengah, ini rute yang paling favorit dan mudah 4-5 jam. Untuk ke tempat ini dari Boyolali ke arah Cepogo, kemudian Selo, dan dari arah Magelang juga bisa sebelum Ketep Pass Anda belok ke kanan. Selo adalah sela-sela gunung Merapi dan Merbabu.
  • Kaliurang, Kec. Pakem, Kab. Sleman Yogyakarta, memakan 6 – 7 jam rutenya lebih terjal.
  • Sawangan Kabupaten Magelang – Jawa Tengah
  • Deles, Kemalang, Kabupaten Klaten – Jawa Tengah
Arah_New_Selo_Kissparry_Jr
Gunung Merapi tampak dari Boyolali arah ke Selo

88. Puncak Bromo 2.392 mdpl, Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo 2.392 mdpl termasuk dalam pengelolaan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung ini terletak di Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Kabupaten Lumajang di Jawa Timur, pulau Jawa.

Anda pasti pernah mengenal gunung ini, karena Bromo memang unik, adanya danau pasir atau padang pasir. Mungkin termasuk gunung tinggi, yang paling banyak dikunjungi, karena untuk sampai ke puncak sudah disediakan tangga.

01_View_Penanjakan_Bromo_1 (70)
View Point (Titik Pandang) Penanjakan Gunung Bromo

Bromo merupakan gunung berapi yang mudah didaki, karena untuk mencapai puncak sudah diberi tangga, dan tempat ini merupakan tempat favorit bagi siapa saja termasuk orang biasa. Area pasir yang luas disisi Bromo diperkirakan letusan yang beribu-ribu tahun lalu dan tidak mengalir melalui DAS sehingga menumpuk, jadilah padang pasir sehingga memperpendek jalan ke puncak.

a_Gunung_Bromo_1 (89)
Gunung Bromo Jawa Timur

Bromo juga terkenal dengan padang pasirnya, karena padang pasir inilah sehingga bromo lebih mudah untuk didaki oleh siapapun.

01_Bromor_Wafa_1 (65)
Kokohnya Gunung Bromo tampak dari jalan raya

Baca Juga : Touring bermotor Jawa Tengah – Jawa Timur

Apabila Anda ke Jawa Timur jangan sampai ketinggalan dan melewatkan untuk menjajagi puncak gunung Bromo.


100. Gunung Bukit Raya (2.278 mdpl) Kalimantan Tengah, tertinggi di Kalimantan

Puncak tertinggi ke-100 di Indonesia adalah puncak Bukit Raya 2.278 mdpl di Gunung Raya (Bukit Raya) yang merupakan puncak gunung tertinggi di Kalimantan. Bukit Raya terletak di kawasan Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah.

Ketinggian puncaknya masih berada dibawah Gunung Bromo Jawa Timur, namun untuk sampai digunung ini memerlukan sebuah perjuangan yang luar biasa.

Gunung tertinggi di Kalimantan ini tidak terlalu favorit menjadi tempat pendakian para petualang pendaki gunung, faktor utama karena medan yang agak sulit untuk mencapai tempat ini.

Kawasan Bukit Raya masuk dalam pengelolaan Taman Nasional Bukit Baka – Bukit Raya. Bukit Baka sendiri terletak di Kalimantan Barat. Sehingga untuk masuk kawasan perbukitan ini memerlukan waktu yang relatif lama.

Bukitrayaheader
Bukit Raya (Gunung Raya) – Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya Kalimantan

Inilah sekilas beberapa gunung tertinggi di Indonesia yang berhasil Kissparry paparkan dari himpunan beberapa sumber, termasuk pengalaman pribadi.

Baca Juga : Gunung Bisa Didaki dengan Bermotor bahkan Mobil yang penuh Sensasi (Gunung Telomoyo Kabupaten Semarang-Kabupaten Magelang Jawa Tengah)

Semoga menambah pengetahuan kita, sekaligus mensyukuri ciptaan Tuhan

Kissparry
Editor Kissparry Wea

Satu komentar pada “100 Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia, Lokasi, dan Rute Pendakian”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.