Camp Bell 2 Edupark Tawangsari Kecamatan Teras Boyolali di Launching

Sudah beberapa kali Camp Bell 2 Edupark (Educational park) Desa Tawangsari Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali menghiasi laman ini, karena memang proses pembangunan sejak 2016 terus berjalan, dan hari ini (28/10) tempat tersebut secara resmi diumumkan kepada publik, melalui Grand Launching Camp Bell 2 Edupark Tawangsari.

Masyarakat setempat sering menyebutnya Mbiloro, ya memang karakter Jawanya sangat tampak disini. Dan menurut tokoh masyarakat setempat proses pembangunan terus akan berjalan disamping mengoptimalkan yang sudah ada. Masih merupakan bagian dari CSR Pertamina Boyolali yang bekerjasama dengan masyarakat setempat.

Launching Camp Bell 2 Edupark Tawangsari

Suasana launching Camp Bell 2 Edupark Tawangsari hari ini Minggu (28/10) cukup meriah dengan dihadiri tidak kurang dari 1500 orang, yang berasal dari berbagai elemen masyarakat setempat, tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa, juga dari perwakilan Pertamina.

Rangkaian acara pada launching meliputi jalan sehat, pentas seni, bazar jajanan tradisional, dan test drive wahana outbound. Banyak hadiah door prize yang disiapkan oleh panitia pelaksana.

gapura_masuk_camp_bell2_2018-10-29 at102937
Gapura Utama Camp Bell 2 Edupark Tawangsari, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali

Inilah gapura utama untuk memasuki kawasan Camp Bell 2 Edupark Tawangsari di Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali, dan sebelum jalan ini Anda akan menemukan Kincil Pompa Hidrolik (KiPolik), bila dari arah barat (Penjalinan).

Untuk sampai Desa Tawangsari, dari jalan utama Jalan Raya Solo Semarang (Boyolali – Solo) melalui perempatan Jl Njalinan (Penjalinan), ada lampu pengatur lalu lintas di sini, bila dari arah barat Kota Boyolali, Ampel, Salatiga, Semarang silakan belok ke kiri melalui Jl Penjalinan setelah lapangan Teras, dan sebaliknya bila dari arah Banyudono, Kartosura (Sukoharjo), Solo silakan belok ke kanan (bangjo setelah SMAN 1 Teras, kantor Kecamatan Teras).

Dari arah Sukoharjo (Solo) juga dapat melalui jalan menuju pasar Ketaon di Banyudono, bila ke selatan menuju Pengging maju sedikit beputar di SPBU Pertamina ke utara menuju Gumukrejo dan Tawangsari.

Bila suatu saat nanti ramai pengunjung sedangkan jalan masuk lokasi belum dapat diperlebar, maka rekayasa arus lalu lintas untuk masuk kawasan melalui pintu gerbang Camp Bell 2 depan Dukuh Gempol (jalur tengah) sedang untuk keluar/kembali melalui jalur timur.

Cover_Camp_Bell_2_2018-10-29 at 133118
Kissparry Weanind berfoto di depan papan nama Camp Bell 2 Edupark Tawangsari Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali

Selagi berkunjung di kawasan Camp Bell 2 Edupark, kalau kepanasan di siang hari bisa singgah di Gazebo-gazebo yang telah disediakan. Saat ini belum tersedia Wifi, nantinya akan disediakan Wifi gratis.

Joglo_Camp_Bell_2_o_2018-10-29 at 19.31.19
Gazebo di Camp Bell 2 Edupark Tawangsari

Kissparry.com  (Kissparry Weanind Semarang) ke tempat ini ditemui Kang Handoyo Sarwi, sambil berjalan-jalan dengan mendengarkan banyak penjelasan tentang Camp Bell 2 (Krambil loro) dari mulai awal pembangunan hingga di launching untuk umum kali ini. Kissparry datang (tiba) ke tempat ini lepas siang atau sore hari, agar bisa melihat lebih jelas wahana wisata yang baru saja di luncurkan.

rumah_ijuk_camp_bell2_2018-10-29 at 133015
Gubug Bambu di Camp Bell 2 Edupark Tawangsari

Fasilitas di Camp Bell 2 Edupark Tawangsari terus akan dikembangkan, dan sementara ini terdapat area outbound, kolam pancing, kolam renang, agrowisata (sedang dibenahi), area santai, kincir pompa hidrolik, pengolahan sampah organik, pengolahan sampah plastik, pemerahan susu sapi.

Untuk mencakupi kegiatan seluruh area kawasan Camp Bell 2 Edupark yang lebih terfokus bakal dibentuk divisi-divisi, sehingga pemanfaatan dan pengembangan dapat lebih optimal. Peraturan Desa (Perdes) juga segera diterbitkan berkaitan dengan pemanfaatan lahan dan tarif, serta kemungkinan ada pihak lain yang akan bekerjasama

Kincir Pompa Hidrolik (KiPolik)

Kincir pompa hidrolik yang kemudian disingkat dengan KiPolik merupakan salah satu area edukasi di Camp Bell 2 yang letaknya sebelum pintu masuk kawasan itu sendiri, letaknya di sebelah utara Dukuh Gempol, jadi sebelum Dukuh Ngempak.

Area Camp Bell 2 Edupark Tawangsari terletak diantara Dukuh Gempol dan Dukuh Ngemplak di Desa Tawangsari, yang nama ini memang sudah ada sejak zaman dahulu dengan sebutan orang dahulu menyebutnya Kambil Loro (Camp Bell 2).

KiPolik bekerja untuk mensuplai air di sekitar Camp Bell 2 termasuk untuk kolam renang dan kolam pancing, alat ini juga dilengkapi penjernih air, dengan kapasitas 1 liter per 6 detik sehingga 1 menit bisa memompa air hingga bersih 10 liter.

baling-baling-kincir-tawangsari-IMG_20180617_140253
Baling-baling kincir pompa hidrolik di Edupark Campbell 2 Desa Tawangsari

Coba bayangkan berapa lama mengisi kolam renang dengan berpuluh meter kubik air dalam kolam renang tersebut juga kolam pancing ataupun kolam keceh, namun hal ini tidak menjadi masalah karena KiPolik berputar selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu, alias tanpa henti, dengan tenaga air juga.

Dijamin air pemutar KiPolik tidak akan kering kecuali dihentikan dari pusatnya saluran irigasi tersebut yang bersumber dari sungai Kali Pepe, yang juga merupakan arena River Tubing di Desa Tawangsari. Air yang mengalir dijaga dari berbagai sampah termasuk kotoran lainnya, kecuali dedaunan sekitar sungai, itupun rutin dibersihkan.

Camp_Bell_2_g3_2018-10-29 at 133117
Instalasi pengolahan air Camp Bell 2 Edupark

Area Outbound dan Outing

Area outbound dan outing tersedia ditempat ini, dan saat ini untuk masyarakat setempat bebas bermain tanpa dipungut biaya. Saat kru Kissparry Weanind bertandang ke tempat ini ada beberapa anak sedang bermain di arena outbound – outing.

Area_outbound_outing_Camp_Bell_2_2018-10-29 at 163249
Anak-anak warga desa/dukuh setempat bermain di area outbound dan outing di Camp Bell 2 Edupark Tawangsari

Saat ini musim kemarau, dengan harapan untuk lokasi outbound dan outing kedepannya tumbuh rumput alami, mestkipun beberapa tempat akan dibiarkan tetap tanah liat. Lebih cepat tampak hijau apabila ditanami rumput.

Jalan_keluar_masuk_2018-10-29 at 163151
Salah satu jalan keluar masuk, Camp Bell 2 Edupark Tawangsari

Jalan naik turun area memanfaatkan ban mobil bekas, merupakan contoh edukasi (pembelajaran) dalam hal memanfaatkan sampah atau barang bekas.

Kolam Renang dan Kolam Pancing

Air dari kolam renang berasal dari pengolahan air dari sungai (saluran irigasi) melalui kincir pompa hidrolik menjadi air jernih (bersih). Menurut penjelasan salah satu narasumber kepada Kissparry.com, kapasitas pengolahan air melalui kincir pompa hidrolik menghasilkan air bersih (jernih) 1 liter dalam 6 detik, namun dikarenakan kincir ini bekerja 24 jam sehingga dipastikan dapat mencukupi semua kebutuhan air yang diperlukan di area Camp Bell 2 Edupark.

Kolam Renang_Kolam Pancing_Camp_Bell2_2018-10-29 at 163248
Kolam Renang dan Kolam Pancing di Camp Bell 2 Edupark Tawangsari, Teras, Boyolali

Pada area kolam renang juga dilengkapi dengan kamar ganti pakaian dan tempat bilas air, juga tersedia kamar mandi / toilet.

Beberapa gazebo disediakan untuk menunggu (lounge) bagi penunggu atau pengantar yang berkunjung ke tempat ini, menambah nyaman sehingga betah berlama-lama di tempat ini. Kantin akan tersedia disini, menyesuaikan dengan permintaan pengunjung.

Kolam Keceh (Bermain Air)

Untuk anak-anak juga masih akan dikembangkan kolam keceh, yang mana tempat ini untuk keceh (bermain air) bagi anak-anak.

Pengolahan Sampah Plastik menjadi Minyak

Sampah plastik akan diolah menjadi cairan pengganti bahan bakar atau minyak, hal ini masih dalam penelitian oleh pihak Pertamina. Edukasi ini dinamai Petik Jami (Pengubah plastik menjadi minyak).

Pengolahan Sampah Organik

Sampah organik disekitar Tawangsari akan diolah menjadi pupuk organik, namun sementara ini masih di pilih-pilih berkait dengan alat pengolah yang ada, dan masih dalam pengembangan.

Dari kedua jenis pengolahan limbah/sampah tersebut menjadikan semua sampah dapat diolah kembali menjadi barang yang bermanfaat.

Ternak Sapi Perah dan Biogas

Sebanyak 5 ekor sapi perah sebagai percontohan di tempat ini untuk edukasi perah susu dan perawatan sapi, dan harapannya kotoran dari binatang ini dapat diolah menjadi biogas.

Pengolahan biogas sedang dikembangkan, apabila berhasil maka gas dapat dimanfaatkan untuk kepentingan yang lebih luas terutama di kawasan Camp Bell 2 sendiri.

Tiket atau Biaya Tarif Masuk

Kissparry belum dapat informasi mengenai tarif atau tiket masuk menggunakan sarana di Camp Bell 2 Edupark Tawangsari, karena baru saja diluncurkan mungkin masih promo sehingga gratis, kecuali kolam renang dan kolam pancing.

Selamat datang di Camp Bell 2 Edupark Tawangsari

Joglo_Camp_Bell_2_2018-10-29 at 143118
Penduduk setenpat berada di salah satu gazebo di Camp Bell 2 Edupark Tawangsari

Kissparry Weanind
Editor Kissparry

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s