Badko TPQ Candisari Sukses Jadi Tuan Rumah Ujian Bersama Badko TPQ Kota Semarang 2018

Bertempat di SMP Muhammadiyah 3 Semarang Jl Tentara Pelajar 91 Mrican Jomblang Candisari Kota Semarang hari ini (28/10) penyelenggaraan Ujian Bersama (UB) Badan Koordinasi (Badko) Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Kota Semarang Rayon IV tahun 2018 berjalan dengan sukses dan lancar.

UB_TPQ_Badko_Kota_Semarang_2018
Peserta Ujian Bersama TPQ Badko TPQ Kota Semarang Rayon IV di SMP Muhammadiyah 3 Semarang, Rombongan peserta UB dari TPQ Nur Hidayah RW.IX Tegalsari

Badko TPQ Kecamatan Candisari yang dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Ujian Bersama Rayon IV dengan menggunakan/meminjam tempat di SMP Muhammadiyah 3 Semarang Kissparry nilai sukses dalam menyelenggarakan perhelatan tahunan Badko TPQ Kota Semarang tersebut.

Sedikit keterlambatan dari panitia pusat untuk sesi pertama tidak membuat panik peserta karena diberitahukan kalau panitia lagi Upacara Bendera dalam rangka Sumpah Pemuda, dan semua peserta tenang, malah sebagian yang lain digunakan untuk memperdalam materi belajarnya.

TPQ Irmajati dalam UB 2018
TPQ Irmajati menggunakan kesempatan untuk mendalami materi ujian pada UB Badko TPQ Kota Semarang 2018 di SMP Muh 3 Semarang (28/10)

Rayon IV meliputi 4 kecamatan yakni Badko TPQ Kecamatan Candisari (tuan rumah), Badko TPQ Kecamatan Tembalang, Badko TPQ Kecamatan Genuk, dan Badko TPQ Kecamatan Pedurungan, dengan total peserta terdaftar sejumlah 668 orang santri. Peserta ujian bukan hanya dari TPQ tetapi juga dari Madrasah Diniyah.

Panitia pelaksana penyelenggara UB Rayon IV, Ustadz H. Muh. Dimyati, S.Ag. menyampaikan dari sejumlah 668 orang santri yang terdaftar mengukuti ujian bersama dijamin nyaman karena semua ruang kelas berpendingin udara (ber-AC), sehingga meskipun diluar agak panas ketika masuk ruangan jadi adem, dan dengan itu berharap pelaksanaan ujian menjadi hikmat dan bersemangat.

Ketua Badko TPQ Kecamatan Candisari itu juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta dan ustadz/ustadzah pendamping yang telah mensukseskan UB kali ini, karena ini kali pertama Badko Kecamatan Candisari didaulat menjadi panitia pelaksana (panpel). Kepada seluruh ustadz/ustadzah yang menjadi panitia juga disampaikan terima kasih.

Suasana_UB_TPQ Kota Semarang 2018 Rayon IV SMP Muh 3
Suasana Ujian Bersama 2018 saat persiapan dan kedatangan delegasi Rayon IV di SMP Muhammadiyah 3 Semarang

TPQ Kecamatan Candisari sendiri mengikutsertakan 104 orang santrinya untuk ikut Ujian Bersama tersebut, semoga tahun depan lebih banyak lagi santri yang ikut, karena Ujian Bersama merupakan hak santri yang harus diberikan, ungkapnya.

Memang ujian kali ini syaratnya lebih ketak yakni minimal berusian 10 tahun dan telah lulus dasar Al-Quran melalui metode masing-masing dan telah belajar/membaca Al-Qur’an minimal sampai juz 10, terangnya.

Untuk penguji dalam Ujian Bersama TPQ Badko TPQ Kota Semarang adalah penguji-penguji yang ditunjuk oleh Badko Kota, dan kami hanya melaksanakan, tidak lupa kami panitia penyelenggara menyampaikan beribu terima kasih kepada SMP Muhammadiyah 3 Semarang yang telah memberikan fasilitas untuk tempat ujian kali ini, juga terima kasih kepada Perguruan Muhammadiyah, tutupnya.

Suasana Ujian Bersama Permateri Uji

Pola ujian diterapkan dengan kartu kontrol ujian sebagai kartu peserta, semua materi ujian tertera pada kartu kontrol dan seluruh materi pula harus ditandatangani oleh penguji setelah selesai ujian untuk materi tersebut.

UB_khaifiyyah_Shalat_2018_TPQ
Ujian Bersama materi Kaifiyyah Shalat, salah satu penguji (Ustadz H. Muh Dimyati S.Ag) berhadapan dengan santri yang di uji (Bella)

Terdapat 6 materi uji yang harus dilalui oleh setiap peserta ujian, yakni Tartil, Kaifiyyah Shalat, Kaifiyyah Wudlu, Hafalan Surat Pendek, Hafalan Doa Harian, dan Dinul Islam.

Dinul_Islam_Ujian_Bersama_TPQ_Kota_diSMPM3
Suasana salah satu ruangan materi ujian Dinul Islam pada Ujian Bersama Badko TPQ Kota Semarang 2018 di SMP Muhammadiyah 3 Semarang

Peserta diberi kebebasan memilih materi uji, karena setiap peserta ujian harus berhadapan dengan seorang penguji, sehingga bisa memilih mana penguji yang longgar dan materi uji yang diikuti tidak harus berurutan, bisa saja shalat dulu baru wudlu.

Setiap materi ujian memiliki karakter sendiri-sendiri, ada yang boleh peserta masuk dalam satu ruangan dalam jumlah besar ada pula yang satu persatu dipanggil untuk masuk ruang ujian.

Selamat kepada peserta Ujian Bersama Badko TPQ Kota Semarang Rayon IV dan selamat pula kepada penyelenggara Badko TPQ Kecamatan Candisari

Kissparry Wea
Editor Kissparry

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s