Obyek Wisata di Kabupaten Kendal, Rute dan Kulinernya

Obyek Wisata Kawasan Timur Kendal

Kota Kendal berdekatan dengan Kota Semarang (batas sebelah timur), sehingga obyek wisata disebelah timur, silakan kunjungi di obyek wisata Kota Semarang sebelah barat, seperti Taman Margasatwa Semarang (Mangkang).

Pantai Ngebum Kaliwungu

Pantai Ngebum terletak di Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, hanya lebih kurang berjarak 6 km dari pusat kota Kaliwungu. Menuju ke pantai ini akan melewati tambak ikan, tanaman bakau yang luas dan pabrik Kayu Lapis Indonesia serta Pabrik Rimba Partikel Indonesia.

Jalur yang dilalui yaitu melalui Jl. Kayu Lapis atau Jl. Pantai Ngebum, jalan ini membelah jalan arteri utara atau jalan lingkar Kaliwungu. Ketika melalui jalan lingkar tersebut, kita bisa mencari jalan ini. Sedangkan dari Kaliwungu.

Arah dari Kota Semarang, bisa di tempuh dengan waktu sekitar 30 menit, dengan rute yang dilewati seperti Tugu – Mangkang – Kota Kaliwungu – Jalan Laut – Mororejo (Pabrik Kayu Lapis Indonesia) – Pantai Ngebum. Atau jalur yang lain melewati Mangkang – Jalur lingkar Kendal – (sekitar 3km kemudian) ada tanda atau plang Pantai Mororejo (Pantai Ngebum).

Di sebelah kiri sebelum jalan naik – Belok kiri ke arah jalan kecil – Mororejo – Pantai Ngebum. Untuk yang satu ini disarankan untuk pelan dan tidak mendadak waktu berbelok.

Pantai Ngebum, Kaliwungu (doc. kecamatankaliwungu)

Pantai Ngebum berbatasan dengan Pabrik Kayu Lapis dan dermaga Kaliwungu Kota Kendal.

Untuk menuju ke Pantai Ngebum, dengan motor atau mobil sebenarnya cukup mudah, karena jalur ke pantai Ngebum sebenarnya merupakan jalur truk kontainer untuk membawa log (kayu) ke pabrik Kayu Lapis Indonesia dan Pabrik Rimba Partikel Indonesia yang berada di dekat Desa Mororejo

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk sebesar Rp 3.000,- dan parkir Rp 2.000,- (motor) sedang parkir mobil menyesuaikan, harga ini mungkin berubah.

Ramai Pengunjung

Murahnya tiket masuk membuat pantai ini kadang dipenuhi dengan pengunjung.

Pengunjung di Pantai Ngebum Kaliwungu (dok. tribunJateng)

Ramainya pengunjung disuatu waktu ini menandakan ramahnya Laut Jawa ini di Pantai Ngebum, jadi kita bagi yang tidak bisa berenang bisa menyewa pelampung.


Obyek Wisata Utara Kendal

  • Pantai Muara Kencan di Kecamatan Patebon
  • Pulau Tiban

Obyek Wisata Barat Kendal

  • antai Karangmalang
  • Sekartama Water Land di Weleri wisata air yang mengusung konsep keluarga dilengkapi dengan Foodcourt/pusat makanan dan jajanan.
  • Desa Wisata Sambongsari
  • Pantai Sendang Sekucing di Kecamatan Rowosari.

Pantai Cahaya (The Sea)

Pantai Cahaya/The Sea. Penangkaran Satwa Langka sejenis mamalia air, juga ada Dholpin Therapy pengobatan dengan media lumba-lumba. Apabila dibandingkan dengan Pantai Sendang Sekucing, pantai ini tergolong lebih muda dalam hal pengelolaan, namun ketenarannya melebihi pantai yang lain, ini hanya menurut Kissparry.

Lokasi Pantai Cahaya masih berada di sekitar Sendang Sikucing, tepatnya di Klampok, Desa Sendang Sikucing, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51354 Telepon: (0294) 3645623, sebelah barat Kota Kendal, letaknya sebelah timur Pantai Sendang Sikucing.

Arah perjalanan menuju Pantai Cahaya, arahkan perjalanan ke Desa Sendang Sikucing, dimana tempat ini juga ada Pantai Sendang Sikucing.

Peta arah ke Pantai Cahaya di Desa Sendang Sikucing Kendal


Obyek Wisata Selatan Kendal

  • Goa Kiskendo di Kecamatan Singorojo; goa ini mempunyai legenda tentang Mahesa Sura dan Lembu Sura serta Sugriwa dan Subali
  • Agrowisata Sekatul. Terletak di Kecamatan Limbangan, sekitar 30 km ke arah selatan dari Kendal. Terdapat perkebunan buah stroberi dan buah-buahan lainnya, pemancingan, serta taman bermain untuk anak anak.
  • Pemancingan dan Waterboom Tirta Nusantara
  • Kolam Renang Boja di Kecamatan Boja. Di tempat ini ada tersedia dua kolam yaitu kolam olympic dan kolam untuk anak anak. Wisata ini berada di pusat Kecamatan Boja.
  • Kampoeng Djowo Sekatul
  • Pemandian air panas Gonoharjo Nglimut di lereng Gunung Ungaran
  • Pomas Greenland
  • Wana Wisata Perkemahan Nglimut
  • Agrowisata kebun teh Medini di Kecamatan Limbangan, dimana tampak pemandangan Kota Semarang dari atas di Gunung Ungaran yang berketinggian 2.100 meter (mdpl)
  • Desa Wisata Gondang
  • River Tubing Genting
  • Desa Wisata Cacaban. Terletak di desa Cacaban Singorojo Kendal
  • Agrowisata Ngebruk Patean Surga Buah Unggul di Sidokumpul Patean
  • Curug Semawur di Desa Blumah Kecamatan Plantungan
  • Curug Glawe
  • Curug Penglebur Gongso di Desa Gondang Limbangan

Curug Sewu

Curug Sewu di Kendal ini sudah sangat terkenal sejak lama, alamat tepatnya berada di Remboko, Desa Curugsewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51364, jaraknya sekitar 40 km dari Kota Kendal yang dapat ditempuh sekitar 90 menit.

Arahkan saja perjalanan Anda dari Kendal untuk menuju Temanggung atau Wonosobo pada jalur dalam, karena lokasinya berdekatan dengan jalan provinsi tersebut.

Air terjun dengan ketinggian 45 m ini sangat memesona mata memandang dan dapat dilihat dari pelataran atas, tetapi kalau akan menuruni lembah juga tidak dilarang, sudah disiapkan tangga, sehingga akan lebih puas.

Curug Sewu Kendal


  • Srendeng Agrowisata. Terletak di Desa Curugsewu, Kecamatan Patean, merupakan wisata Agro berbasis pendidikan terdiri dari Wisata Kebun, Peternakan, Pertanian, Outbound, Mebel dan village tour.

Semoga bermanfaat, artikel ini masih terus disempurnakan, untuk yang awal kami tampilkan obyek wisata dominan.

Kissparry
Editor EswedeWea

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca