Universitas

Pendaftaran SM-UNNES 2019 Mulai 20 Mei hingga 16 Juli bagi Lulusan 2017, 2018, dan 2019

Penerimaan mahasiswa jalur Seleksi Mandiri (SM) Universitas Negeri Semarang (UNNES) tahun 2019 untuk reguler dan internasional S1 dan D3 pendaftarannya akan dimulai 20 Mei mendatang secara daring (online).

SM-UNNES adalah seleksi mandiri yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang yang berada di kampus Sekaran Gunungpati, kampus Kelud (belakang Hotel UTC Semarang) khusus Pascasarjana (S2 dan S3), dan Kampus Tegal untuk khusus program studi S1, PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar).

Gerbang masuk UNNES pintu sebelah barat (Gedung Utama) 20190511

Seleksi Mandiri UNNES 2019 ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu akan berbasis cetak dan berbasis komputer. Ujian berbasis cetak disingkat UBC dengan lembar jawaban kertas scaning komputer (bulat-pensil-2B), dan Ujian berbasis komputer (daring) disingkat dengan UBK, jadi ada dua yaitu UBC dan UBK.

Penggunaan singkatan dan nama yang berbeda dengan UTBK SBMPTN digunakan, karena bagi yang pernah mengikuti ujian masuk tes UTBK yang diselenggarakan oleh LTMPT dapat dimasukkan di sistem seleksi kali ini.

Lulusan yang dapat mendaftar SM-UNNES kelas reguler dan internasional S1 dan D3 tahun 2019 adalah lulusan tiga tahun terakhir yaitu lulusan 2017, 2018, dan yang akan lulus 2019 tahun ini. Selain itu berarti tidak dapat mendaftar SM.

Lulusan yang dapat mendaftar SM-UNNES kelas reguler dan internasional S1 dan D3 tahun 2019 adalah lulusan tiga tahun terakhir yaitu lulusan 2017, 2018, dan yang akan lulus 2019 tahun ini. Selain itu berarti tidak dapat mendaftar SM.

Dua Pilihan Prodi dan Biaya Seleksi

Setiap pendaftar dapat memilih dua program studi, kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum) atau Sain dan Teknologi (Saintek), dan tidak ada kelompok Campuran.

Biaya seleksi ditetapkan sebesar Rp 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah) untuk Soshum dan Saintek sedangkan yang memilih kelas Internasional biaya seleksi sebesar Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) Rp 250.000,- (sama dengan yang reguler).

Bagi peserta yang memilih program studi yang mensyaratkan uji keterampilan seni/olahraga, membayar biaya uji keterampilan sebesar Rp 150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah). Bagi peserta yang mengikuti ujian keterampilan olahraga, diwajibkan tes kesehatan di Pusat Layanan Kesehatan UNNES.

Pembayaran seleksi melalui bank BNI secara daring dapat melalui teler, ATM, atau channel internet banking dengan sistem student payment center atau SPC tanpa harus menyebutkan nomor rekening tujuan, kunci untuk membayar biaya pendaftaran dengan PIN yang didapat. Disamping BNI bisa melalui BTN.

Tes dan Uji Keterampilan SM-UNNES

Tes dilaksanakan Minggu 21 Juli 2019, sesuai dengan metode tes yang dipilih UBC atau UBK. Untuk UBC dilaksanakan diruang kelas sedangkan untuk UBK dilaksanakan di laboratorium komputer.

Ruang tes sudah tercantum pada Kartu Peserta Tes setiap peserta SM-UNNES 2019, dengan waktu pelaksanaan mulai pukul 08.00 hingga selesai, sedangkan untuk uji keterampilan di laksanakan mulai pukul 07.00 hingga selesai.

Uji keterampilan bidang Seni diselenggarakan di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) komplek gedung sebelah barat, sedangkan uji keterampilan olahraga diselenggarakan di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) – komplek gedung sebelah timur kampus UNNES Sekaran.

Tempat Tes

Tempat tes akan menggunakan seluruh ruang kelas yang ada di Kampus UNNES Sekaran dan Kampus UNNES Kelud, termasuk untuk UBK (berbasis komputer).

Sedangkan untuk yang Ujian Berbasis Cetak – Tulis (UBC), selain menggunakan ruangan di kampus Sekaran dan kampus Kelud, kemungkinan besar akan menggunakan ruangan mitra (luar kampus) apabila kapasitas yang disediakan tidak dapat menampung peserta.

Tempat tes akan tercantum pada Kartu Peserta Ujian dan Album Peserta Ujian pada 1 lembar kertas A4 berwarna, silakan dipotong kertas itu menjadi 2 (dua) bagian, dan serahkan ke pengawas ujian untuk lembaran Album Peserta Ujian.

Pengumuman Hasil Seleksi

Hasil seleksi diumumkan secara online pada tanggal 30 Juli 2019, melalui laman pendaftaran, dengan cara login seperti saat mendaftar.

Ilustrasi untuk mendaftar dan melihat pengumuman SM-UNNES 2019 (daftar.unnes.ac.id)

Laman Penerimaan.UNNES.ac.id

Laman ini akan memuat informasi tata cara, syarat, jenis prodi – Jurusan yang bisa dipilih.

Laman Daftar.UNNES.ac.id untuk Mendaftar

Laman ini digunakan untuk melakukan pendaftaran secara online atau daring juga untuk melihat pengumuman hasil seleksi nanti.

Ilutrasi tampilan laman http://daftar.unnes.ac.id

Laman akan siap saat waktu pendaftaran telah dibuka dan akan ditutup jika waktu pendaftaran telah berakhir.

Hal Disiapkan Sebelum Mendaftar SM UNNES Reguler dan Internasional

  • Pas foto terbaru yang bagus sesuai ketentuan, jangan kasih pas di foto, ini berbentuk file JPG yang siap diunggah besar file tidak lebih dari 100 KB. Ingat foto tersebut akan muncul saat mencetak kartu tes atau kartu peserta saudara, jadi jangan asal asalan.
  • Data data penghasilan orang tua, dan data lain yang diminta, seperti rekening listrik dan lainnya.
  • Data dan sertifikat hasil UTBK jika punya.

Untuk tatacara mendaftar akan kami informasikan tersendiri.

Salam

Sumber sekretariat dan laman unnes.ac.id

oleh Eswedewea
editor Suwarno Wardana

18 replies »

    • Maaf, sepertinya tidak ada merubah pilihan prodi, dan jika belum membayar sebaiknya mendaftar lagi dengan ID (identitas) yang berbeda, misal (kemarin pake NIK sekarang pakai saja KK) dan jangan lupa…. jika nanti diterima ubahlah NIK yang sebenarnya.

      Suka

  1. saya sudah mengisi semua data dan sudah membayar di pendaftaran di BNI tapi kok belum bisa cetak kartu ? (tampil : anda belum mengisi lengkap data pokok orangtua penghasilan pengeluatran dan UKT) pada hal dicek berkali-kali sudah terisi dan tersimpan, mohon solusi ?

    Suka

  2. permisi mau tanya..
    saya sudah mengisi semua data dan sudah membayar tapi masih belum bisa cetak kartu ? (tampil : anda belum mengisi lengkap data pokok orangtua penghasilan pengeluatran dan UKT). sudah di cek berkali dan di simpan ulang masih sama, mohon bantuannya..

    Suka

  3. daftar S1 di unnes pake NIK ktp boleh ga yaa?? soalnya awal daftar pake NISN salah pilih prodi dan gabisa diganti. terus knp setiap kali upload foto ktp dan skl selalu gabisa ke simpan yaa… mohon solusinyaa

    Suka

  4. maaf pak,, tdi kan saya udah dikirim alamat link kartunya tpi tidak bisa di buka dan butuh ijin dari bpak, bisa kirim ulang lg gak pak yg atas nama RINA NUR HAYATI

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.