Menjelang petang itu, sekitar pukul 155758 (20/5) wajah Kota Lama Semarang masih sumringah, namun biasanya lebih malam lagi tambah sumringah.

Inilah salah satu ikon Kota Lumpia, Kota Semarang, Ibukota Provinsi Jawa Tengah yang terletak dipesisir utara Pula Jawa, yaitu Kawasan Kota Lama, yang semakin hari semakin cantik dan menawan dengan peningkatan sarana dan prasarana untuk kenyamanan para pengunjung. O… ya… mungkinkan Anda bertanya-tanya dimana sih kawasan kota lama di Semarang itu.

Maksudnya bangunan-bangunan bersejarah peninggalan zaman era pendudukan, dapat ditemukan ditempat ini dan sampai sekarang masih terawat dengan baik, menjadi cagar budaya tempat yang dilindungi oleh Undang-undang Indonesia bahkan dunia.

Kawasan ini berada di dekat stasiun kereta api Tawang, tepatnya disebelah selatan Tawang, atau bahkan Tawang sendiri termasuk didalam kawasan kota lama.

Khusus tulisan ini akan memuat tentang Gereja Blenduk yang termasuk didalamnya kawasan kota lama di Kota Semarang.

Dengan adanya revitalisasi Kawasan Kota Lama Semarang, pengunjung dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ada. Akan tetapi, sebagai pengunjung harus rela parkir ditempat yang agak jauh, karena kawasan menjadi lebih steril dari kendaraan bermotor.

Tambah sumringahnya wajah kota lama dikala mulai petang hingga malam hari dikarenakan sorot lampu warna-warni yang menyinari gedung-gedung tua itu, ditambah lagi pengunjung yang semakin banyak ketika datang malam.

Disebelah gereja bleduk adalah Taman Srigunting yang biasanya untuk bersantai-santai di Kota Lama Semarang.

Untuk berkeliling Kota Lama tidak perlu kuatir karena telah tersedia sepeda biasa ataupun sepeda listrik. Tentu dengan ongkos yang ditetapkan oleh pengelola jasa sewa tersebut.

oleh Eswede Weanind
editor Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.