Galeri Hikmah Mancanegara

Time to Travel “Fremont – California USA”, Cara Mengurus Visa Amerika Serikat

Sahabat Kissparry, kali ini saya akan berbagi tentang pengalaman cara mengurus Visa perjalanan ke Negeri Paman Sam (USA – Amerika Serikat) yang dalam bayangan susah, ternyata mudah, mungkin tips ini membantu Anda.

Kissparry Batam berbagi pengalaman berkenaan dengan Time to Travel Fremont California USA, waktu dan cara mengurus izin perjalanan untuk ke Fremont California, bagaimana cara mendapatkan VISA USA,

Ya… dalam bayangan urusan VISA ke USA Amerika Serikat bisa dikatakan susah-susah gampang, ia pun menggunakan prinsip dasar dengan ibarat “aku iki mung wayang, kon mlaku yo mlaku kon mlayu yo mlayu“.

Sahabat Kissparry, tidak terasa, masa-masa proses tugas dari tempat kerja yang mengharuskan saya tetap berangkat menuju Negeri Paman Sam – USA – Amerika Serikat, tepatnya tugas di perusahaan yang berlokasi di Fremont Negara Bagian California.

Karena itulah perjalanan tersebut memerlukan izin masuk ke negeri Paman Sam berupa Visa USA.

Mengggurus VISA ke USA

Apa itu VISA ?

Untuk bisa bepergian ke negeri Paman Sam USA, juga negara yang lain, kita perlu yang namanya VISA atau surat izin berkunjung ke suatu negara tertentu tersebut.

Jadi, VISA bisa kita sebut sebagai dokumen yang dikeluarkan oleh suatu negara melalui konsulat atau perwakilan yang ditunjuk untuk memberikan izin kepada seseorang atau individu untuk memasuki negaranya. Kali ini Visa untuk berkunjung ke United States of America (USA) Negara Bagian California.

Seperti apa sih VISA itu ?

VISA sebenarnya hampir mirip dengan passport, hanya saja bedanya untuk mempunyai VISA kita harus memiliki passport terlebih dahulu.

Dan VISA tersebut seperti berupa stempel yang akan di CAP pada passport asli atau bisa seperti sticker yang di tempelkan di passport kita.

Untuk VISA USA, sticker seperti diatas akan di bubuhkan didalam passport kita. Dimana yang perlu kita perhatikan adalah jenis Entries nya. 

  • Jenis Entries M adalah Multiple entry. Yakni anda bisa keluar masuk ke negara tersebut kapan saja kita mau sampai batas akhir visa kita.
  • Jenis Entries S adalah Single entry. Kita hanya bisa sekali masuk ke negara tersebut. Hal ini kadang bagi mereka yang melakukan perjalanan dengan keperluan sekali saja.

Proses Pengurusan VISA di Embassy

Perjalanan melakukan proses pengurusan VISA di Embassy bisa sangat melelahkan dan menantang, namun bisa juga sangat menyenangkan.

Sebenarnya tidak semua orang mengalami masa-masa sulit, bingung, stress atau apapun dalam melakukan pengurusan VISA. Namun disini saya hendak berbagi cerita, pengalaman dan kisah dari sisi pribadi. Saya yakin tidak semua orang mengalami masa-masa seperti saya ini.

Kenapa demikian ?

Pertama, saya ditugaskan dari tempat bekerja untuk melakukan permohonan VISA dimana sudah beberapa orang teman sebelumnya mengajukan permohonan VISA ke USA, tapi apa hasilnya? hanya beberapa orang saja yang lolos mendapatkannya, dan banyak sekali diantara mereka yang ditolak atau gagal.

Sebenarnya dimana sih penentu diterima atau ditolak pengajuan VISA kita? ya…, itu ada pada data-data yang kita submit ke online https://ceac.state.gov/ceac/ atau yang bisa kita sebut DS-160, disamping itu yang paling menentukan ialah pada saat wawancara.

Pengisian data online tidak seberapa karena kita masih bisa berkali-kali merevisinya. Namun pada saat sesi wawancara tersebutlah yang menentukan semua hasil dari pengajuan VISA kita nantinya, Gagal atau Sukses.

Saya bercerita dari awal pengisian DS-160 yang mana saya harus mengisi informasi-informasi yang di butuhkan oleh Embassy secara detail dan jelas, untuk isian uraian harus dibuat se jelas mungkin dan runtut tidak asal-asalan.

Disini, karena visi dan misi saya adalah tugas dari perusahaan, sehingga tentunya saya bertujuan utama untuk keperluan perjalanan business dan bukan wisata, meskipun saya menyebut keduanya yaitu bisnis dan wisata.

Setelah melakukan pengisian DS-160 selesai, dan sudah di ajukan melalui online kita harus jelas mau mengurus VISA melalui Embassy Jakarta atau Surabaya.

Untuk embassy Jakarta beralamat di Jl. Medan Merdeka Sel. No.3-5, RT.11/RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110, Indonesia

Sedangkan embassy Surabaya beralamatkan diJalan Citra Raya Niaga No. 2, Sambikerep, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60217, Indonesia.

Kedua, besaran biaya pengurusan Visa tidak dapat diminta kembali atau uangnya ditarik termasuk jika nanti gagal atau tidak diterima permohonan kita, jadi harus bersungguh-sungguh agar uang yang disetor tidak sia-sia atas usaha ini.

Disamping itu kita harus tepat menentukan melalui embassy yang mana agar lancar pengurusan Visa tersebut. Saya memilih Jakarta, yang secara historis mungkin bisa saja sulit tapi bisa jadi mudah.

Mengambil hari pertama pada minggu tersebut, menjadi pertimbangan paling rasional, dengan suasana kerja yang masih fresh selepas liburan akhir pekan.

Risikonya mungkin saja banyak antrian, tetapi secara personal kita khan bisa memilih sendiri waktunya.

Besar Biaya Berapa ?

Kita tentu harus melakukan pembayaran sebagai biaya pengurusan tersebut. Untuk saat ini tahun 2019 biaya per orang adalah IDR Rp 2.300.000 dan uang tidak bisa kembali meskipun hasilnya gagal.

Apa yang Dilakukan Setelah ini!

Setelah pembayaran dilakukan, kita akan diminta menunggu konfirmasi dari pihak konsulat melalui email.

Contoh email sebagai berikut.

Ada juga bukti konfirmasi dari pihak konsulat Amerika Serikat.

Setelah dapat Email terus Melakukan Apa?

Nah, email tersebut adalah bukti bahwa aplikasi pengurusan VISA kita sudah di terima, dalam arti termasuk pembayaran sudah tervalidasi dan lunas.

Jadi dari situ kita baru akan melakukan proses selanjutnya yaitu sesi wawancara. Sesi wawancara adalah kita yang menentukan, dan lebih enaknya adalah kita bisa memilih jadwal sendiri.

Meskipun membuat jadwal sendiri tetapi jadwal yang resmi kapan waktunya wawancara akan di keluarkan oleh pihak konsulat, tanggal berapa dan jam berapa, biasanya berdasarkan pilihan pemohon, tetapi bisa saja tidak sesuai tetapi mendekati.

Disini kita yang memilih serta bisa melihat jumlah pesertanya pada waktu tersebut untuk janji temu atau lebih tepatnya wawancara.

Jika kita berhasil memilih tanggal dan jam yang tersedia, kita akan mendapatkan surat konfirmasi (maaf bukti contohnya ketinggal dirumah) saat kisah ini ditulis, saya sedang berada di luar Indonesia.

Adapun dokumen-dokumen yang perlu kita siapkan dan dibawa saat ke Embassy adalah sebagai berikut.

  1. Surat konfirmasi tanggal dan waktu yang telah ditentukan oleh Konsulat Amerika.
  2. Foto 5 x 5 = 3 lembar (jangan mengedit dan mencetak sendiri dengan kertas glossy, kecuali jika anda memang tidak niat mengajukan VISA ya tidak apa-apa, biasanya foto editan menjadi biang ditolaknya permintaan pemohon)
  3. Passport yang masih berlaku dan masa expired maksimal 9 bulan kedepan.
  4. Passport kita sebelumnya (jika ada)
  5. Dan dokumen-dokumen lainnya sebagai penunjang.

Dokumen-dokumen lainnya sebagai penunjang maksudnya apa ?

Maksudnya sebagai faktor persiapan apabila ditanya-tanya saat wawancara, kita sudah siap dengan dokumen yang kita bawa.

Bukannya pada surat konfirmasi diatas hanya disuruh membawa passport?

Iya memang itu minimal syaratnya, tapi apa kita harus ngotot padahal kita yang membutuhkan izin tersebut? jadi intinya “prepare well” untuk keberhasilan. Ingat !! biaya Rp. 2.300.000 tidak bisa ditarik kembali.

Selanjutnya baca Hari menuju Sesi Wawancara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: