Gagasan

Cara Bijak Memanfaatkan Fasilitas Umum (Fasum) Bebas dan Fasum Terbatas

Fasilitas umum yang sering juga disebut Fasum merupakan fasilitas yang disediakan oleh pemerintah atau swasta untuk digunakan dan dimanfaatkan sebagai kepentingan layanan umum.

Fasum tidak selamanya umum sekali atau bebas sehingga disini dapat kita membagi Fasum bebas dan Fasum terbatas, contohnya Fasum bebas seperti taman-taman yang dibangun untuk fasilitas umum oleh pemerintah yang disediakan secara gratis, seperti jalan raya, tetapi jika sudah berbayar bisa dikatakan Fasum terbatas. Ada Fasum terbatas tetapi Gratis yaitu ATM bank, namun ada kalanya juga berbayar karena layanan tersebut.

Definisi ini berdasarkan fungsinya, kalau ada definisi yang lain, saya tidak merujuk ke hal tersebut, karena disini saya hanya akan menyampaikan gagasan dan pandangan bahwa Fasum harus dimanfaatkan secara bijaksana dan terarah sesuai peruntukannya.

Fasilitas Umum UNNES Unit Layanan Terpadu

UNNES memiliki Unit Layanan Terpadu, untuk menggunakan layanan tersebut disediakan komputer untuk mengisikan keperluannya sekaligus mendapatkan nomor antrian.

ULT UNNES merupakan contoh layanan umum bebas tetapi sekaligus terbatas, dan menerapkan sistim antrian. Bebas artinya siapapun bisa memanfaatkan layanan sedangkan terbatas karena yang dilayani hanya seputar kampus UNNES.

Berikut ini suatu contoh Fasum terbatas, namun ada kisahnya. Suatu waktu (seminggu yang lalu) saya antri didepan ATM sebuah bank di Semarang, Bank BNI Kancab UNDIP Pleburan malam hari, dan saya sengaja menunggu diluar didekat pintu karena tujuan saya untuk SETOR TUNAI, sedangkan saat itu CDM-ATM tersebut dipakai oleh orang lain sehingga saya mengantri diluar.

Namun tiba-tiba ketika orang yang didalam belum keluar dan tampaknya mereka sudah selesai, ada dua orang anak muda perempuan langsung masuk saat dan berpapasan dipintu yang baru selesai SETOR TUNAI orang didepan saya.

Ternyata cewek dua orang itu yang saya kira akan menggunakan ATM yang lain ternyata dia di ATM SETOR TUNAI yang mestinya saya masuk duluan karena sudah antri. Saya hanya bergumam, inilah anak muda zaman sekarang main serobot, sesaat dalam hal ini saya maklum paling hanya sebentar.

Fasilitas Umum Terbatas, ATM BNI, lokasi di BNI Kancab UNDIP Pleburan (29/10/2019)

Namun yang terjadi adalah mereka menggunakan waktu yang lama, sepertinya bermain-main didepan ATM, ya…. kalau seperti ini perlu diabadikan untuk bahan cerita.

ATM (Anjungan Tunai Mandiri – Automatic Teller Machine) merupakan Fasum terbatas, sehingga kegunaannya juga terbatas untuk orang yang memiliki kartu chip ATM. Penggunaan waktu juga terbatas, jika sedikit lebih lama pasti ATM akan mengeluarkan pesan “APAKAH ANDA AKAN MEMINTA TAMBAHAN WAKTU”.

Kadang orang didepan ATM belum siap dengan apa yang akan dilakukan dengan mesin tersebut, sehingga sebelum ke ATM harus dipersiapkan sebelumnya. Mungkin juga sudah selesai, tetapi tidak segera meninggalkan ATM mungkin menghitung uang didepan ATM, melihat dan membaca struk berlama-lama.

Jika sudah selesai segera tinggalkan mesin, karena akan ada antrian berikutnya, sebaliknya jika belum siap, sebaiknya mempersilakan orang lain untuk memakai terlebih dahulu. Termasuk jika Anda misalnya SETOR uang dalam jumlah banyak, sedangkan banyak uang yang ditolak oleh mesin maka sebaiknya bisa minggir sebentar jika ada orang yang antri, ini namanya bijaksana.

Taman Indonesia Kaya Jl Menteri Supeno Simpang Lima Semarang merupakan contoh Fasum Bebas dan juga bisa Terbatas, yang disediakan oleh Pemkot Semarang bekerjasama dengan pihak swasta. Fasum Bebas dan kadang menjadi Fasum Terbatas untuk area tertentu, tetapi area-area yang lain bisa bebas.

Denah Taman Indonesia Kaya (Dok Kissparry Wea)

Taman Indonesia Kaya menyediakan fasilitas yang kadang harus bersifat terbatas, contoh dalam gambar, untuk mengambil gambar kepala diatas orang menari harus rela antri.

Berbeda dengan Taman Wilis di Jalan Wilis belakang RS Elisabeth Kota Semarang, taman ini merupakan Fasum bebas, jadi kita main disini kapan saja, tetapi kalau malam kadang ada patroli Satpol PP.

Berburu Matahari Terbit di Kota Semarang, Taman Wilis – Jl Wilis Tegalsari Kec Candisari – belakang RS Elisabeth (20190622)

Inilah sekilas Fasilitas Umum yang harus kita manfaatkan secara bijaksana, semoga bermanfaat.

Salam

by Eswede Weanind
editor

Iklan

Kategori:Gagasan, Galeri

Tagged as: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.