Universitas Ini Mempunyai Nama Singkatan Mirip

Mirip-mirip sebuah nama mungkin sudah hal yang biasa, namun hal tersebut kadang terjadi hal yang luar biasa. Beberapa nama universitas di Indonesia memiliki kemiripan singkatan, bahkan kemiripan nama.

Nama seseorang yang mirip mungkin sudah menjadi hal yang biasa, bahkan ada yang memiliki nama yang sama pun juga hal yang tidak aneh. Nama yang seperti ini kemudian disebutnya sebagai nama-nama pasaran. Disebut seperti itu karena banyaknya nama yang memakainya, dapat ditemukan dimana-mana.

Cerita akan menjadi lain jika itu sebuah institusi, misal nama perguruan tinggi entah negeri atau swasta, memiliki nama yang hampir sama terutama pemakaian nama singkatan.

Landmark Tugu Konservasi UNNES sekarang semakin instagramable (masih dalam pembangunan)

UNNES, UNS, dan UNESA

Tiga perguruan tinggi negeri dengan nama singkatan yang mirip tersebut kadang membawa kisah tersendiri bagi warganya, yang paling repot itu jika salah perkiraan. Terlebih yang keliru itu ternyata sesama perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia.

Kisah ini terungkap pada suatu acara workshop yang dihadiri oleh perguruan tinggi negeri perwilayahan yang diselenggarakan oleh kementerian.

Dalam sebuah deretan tempat duduk, terjadi sebuah percakapan seorang teman yang kebetulan sedang menghadiri undangan tersebut.

Selamat siang, mas berasal dari mana, sambil kenalan dan berjabat tangan, setelah yang menyapa menyebutkan nama dan asal mereka, teman saya baru menyebutkan, nama saya RM dari UNNES.

Kemari dengan perjalanan udara atau darat, tanya seseorang yang sedang berkenalan tersebut. Teman itupun mengatakan lewat udara.

UNNES itu di Solo Jawa Tengah ya? Oh bukan yang di Solo itu UNS. Oo saya kira Solo, berarti apakah yang di Surabaya, seperti main tebak tebakan. Kalau yang di Surabaya itu namanya UNESA.

Ternyata juga bukan ya, yang benar dimana itu. Maka teman yang dari perguruan tinggi negeri dengan nama baru itu mulai angkat bicara menjelaskan.

UNNES itu di Semarang, Universitas Negeri Semarang disingkat UNNES dengan dua huruf N, jika yang di Surabaya itu Universitas Negeri Surabaya disingkat UNESA, keduanya eks LPTK atau eks IKIP negeri. S sebelum berubah nama menjadi UNNES dahulu bernama IKIP Semarang, namanya sih tidak diberi nama negeri atau bukan IKIP Negeri Semarang, tetapi setelah berubah nama menjadi universitas namanya ditambah negeri menjadi Universitas Negeri Semarang.

Sedang untuk yang di Surabaya itu namanya dahulu IKIP Surabaya mereka memberikan singkatan dengan UNESA. Antara keduanya itu perubahan dahulu yang mana, aku kurang paham, katanya.

Akhirnya yang bertanya itu paham jika Universitas Negeri Semarang disingkat UNNES, kemudian Universitas Sebelas Maret Surakarta di singkat UNS (bukan USM), dan Universitas Negeri Surabaya disingkat UNESA.

Iklan

USM Dikiranya Universitas Sebelas Maret Surakarta

Seorang teman menanyakan kepada seorang pegawai, bertanyanya seperti ini, Profesor St itu lulusan mana ya, dengan mantap menjawabnya USM, yang dimaksudkan adalah lulusan Universitas Sebelas Maret, karena menjawabnya spontan dia nggak kepikiran jika Universitas Sebelas Maret itu disingkat UNS.

“Masa lulusan Universitas Semarang, apakah universitas waktu itu sudah membuka program doktoral”, balik bertanya.

Seorang teman baru sadar jika ia salah ucap, maksud saya “Itu USM Solo, Universitas Sebelas Maret Surakarta”.

“Oalah.. itu sih UNS”, ia memberi keterangan.

“Benar UNS Solo, maksud saya itu, berarti saya salah menyingkat (U)niversitas (S)ebelas (M)aret Solo”, seorang teman mengatakan maksudnya universitas tersebut, bukan USM – Universitas Semarang yang namanya mirip dengan Universitas Negeri Semarang.

Landmark UNNES, Tugu Konservasi, 2020

Baca Juga : Beda Antara Universitas Negeri Semarang dan Universitas Semarang, Jawa Tengah


ITB dan IPB

ITB dan IPB juga mirip, mungkin juga ada yang mempunyai kisah terkait nama institusi tersebut. ITB (Institut Teknologi Bandung) sedangkan IPB (Institut Pertanian Bogor).

Sekian semoga menambah pengetahuan tentang nama universitas yang mirip.

Salam.

2 thoughts on “Universitas Ini Mempunyai Nama Singkatan Mirip

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca