Sampai saat ini (01-3-2020) Burj Khalifa di Dubai Uni Emirat Arab merupakan bangunan tertinggi di dunia. Ketinggiannya hampir mencapai 2,717 kaki atau 828 meter. Namun bakal disusul oleh Jeddah Tower yang tingginya 1 km.

Pencakar langit adalah istilah untuk menyebutkan suatu bangunan yang sangat tinggi. Sebuah konvensi di Amerika Serikat dan Eropa telah menggambarkan batas minimum ketinggian bangunan yang bisa disebut sebagai pencakar langit, yaitu 150 meter (500 kaki).

Kriteria tentang bangunan pencakar lagit juga mengalami pergeseran, pencakar langit adalah bangunan bertingkat tinggi yang dapat dihuni secara terus-menerus yang memiliki lebih dari 40 lantai dan lebih tinggi dari sekitar 150 m.

Secara historis, istilah ini pertama kali merujuk pada bangunan dengan 10 hingga 20 lantai pada tahun 1880-an. Definisi tersebut bergeser dengan kemajuan teknologi konstruksi selama abad ke-20.

Pencakar langit dapat menampung kantor, ruang tempat tinggal, dan ruang ritel. Untuk bangunan di atas ketinggian 300 m, istilah yang digunakan untuk pencakar langit supertall, sedangkan pencakar langit yang mencapai lebih dari 600 m diklasifikasikan sebagai pencakar langit megatall.

Model Pengurutan Disini

Kissparry berusaha mengurutkan mulai dari yang tertinggi sesuai dengan informasi secara resmi yang diambil dari berbagai sumber.

Menggunakan angka arab 1, 2, dan seterusnya merupakan posisi urutan gedung yang sudah berfungsi atau difungsikan, sedangkan huruf abjad a, b, dan seterusnya merupakan informasi tambahan yang mungkin bangunan gedung tersebut akan mendahuluinya menjadi yang tertinggi.

Misal, a. Azerbaijan Tower, Baku, Azerbaijan (1050m), disusul dengan b. Jeddah Tower, Saudi Arabia (1000m), kemudian 1. Burj Khalifa, Dubai (828m), hal ini mengambarkan bahwa nama gedung yang diawali dengan abjad merupakan gedung yang dalam tahap pembangunan dan belum berfungsi, sedangkan angka pada Burj Khalifa menandakan jika gedung ini telah berfungsi.

Gedung Pencakar Langit

a. Azerbaijan Tower, Baku, Azerbaijan (1050m)

Menara Azerbaijan di Kota Baku, Azerbaijan, kabarnya sudah mulai dibangun sejak 2015. Menara ini akan menjulang tinggi dengan ketinggian mencapai 1050m.

Bila ini benar, maka ketinggian gedung tersebut akan mengalahkan Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab, dan Jeddah Tower di Kota Jeddah, Arab Saudi.

Ilustrasi gambarnya:

Azerbaijan Tower 1050 meter (gambar Wikipedia)

b. Jeddah Tower, Saudi Arabia (1000m)

Meskipun belum resmi menjadi gedung paling tinggi di dunia, Jeddah Tower sudah tampak menjulang tinggi melebihi dari Burj Khalifa.

Gambar dibawah ini merupakan gambar animasinya, tingginya mencapai lebih kurang 1 km (1000 m),

Jeddah Tower

Asalnya direncanakan membangun dengan ketinggian 1.6 km (1 mile) area geologi membuktikan tak sesuai untuk sebuah menara dengan ketinggian tersebut.

Desain, dan dirancang oleh arsitek berkebangsaan Amerika Serikat Adrian Smith yang juga mendesain Burj Khalifa, menggabungkan banyak unik struktural dan mengutamakan estetika.

Pencipta dan pemimpin dari proyek adalah Pangeran Arab Saudi Al-Waleed bin Talal, pria terkaya di Timur Tengah, cucu dari Ibn Saud dan kemenakan dari Raja Arab Saudi sebelumnya.

Al – Waleed merupakan pemimpin dari Kingdom Holding Company (KHC), yang merupakan rekan kerja Jeddah Economic City (JEC), yang dibentuk pada tahun 2009 untuk pengembangan/pembangunan Menara Jeddah /Kota Ekonomi Jeddah.

KIta tunggu saja gedung pencakar langit ini, diresmikan dan difungsikan

1. Burj Khalifa, Dubai (828m)

Burj Khalifa, sebelumnya bernama Burj Dubai, adalah sebuah pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter. Burj Khalifa adalah bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat.

Gedung pencakar langit ini memiliki 163 lantai, selesai dibangun dan difungsikan sebagai perkantoran, apartemen, dan hotel.

Burj Khalifa, Dubai (istimewa)

Salah satu hotel yang menempati gedung jangkung ini yaitu Armani Hotel, dan Armani Resident/apartemen.

Burj Khalifa, Dubai (c) Burj Khalifa

f. Signature Tower, Jakarta, Indonesia (638m)

Menara Signature di Kota Jakarta sudah dimulai pembangunannya dengan rencana ketinggian 638m. Dengan menara setinggi ini, bakal berada diurutan ke-6 dunia.

ilustrasi Signature Tower (638m) Jakarta – Indonesia

2. Shanghai Tower, China (632m)

Saat ini Menara Shanghai dengan ketinggian 632m merupakan menara tertinggi kedua dibawah Burj Khalifa. Shanghai Tower memiliki lantai sebanyak 128.

Gedung pencakar langit yang sampai sekarang merupakan gedung tertinggi di China ini selesai dibangun pada tahun 2015.

Shanghai Tower 632 m (2073 ft)

3. Makkah Royal Clock, Saudi Arabia (601m)

Jam Royal Mekah di Kota Jeddah negara Arab Saudi dengan ketinggian 601m merupakan gedung pencakar langit urutan ketiga.

Jika melihat gambar lengkap diatas menara jam Makkah ini akan menduduki tidak ketiga lagi, tetapi kedelapan atau kesembilan.

Menara Jam Abraj Al Bait Mekkah, merupakan jam raksasa yang dapat dilihat dari jarak yang cukup jauh, terutama dimalam hari.

4. Ping An Financial Center di Shenzhen, Guangdong, China (599 m)

Ping An International Finance Centre adalah gedung pencakar langit setinggi 115 lantai, 599 m yang berlokasi di Shenzhen, Guangdong.

Bangunan ini dimiliki oleh Ping An Insurance dan dirancang oleh firma arsitektur Amerika Kohn Pedersen Fox Associates.

Ping An Finance Center Tiongkok (599m) foto by archdaily.com

Disain awal gedung pencakar langit ini sekitar 659m (lihat gambar lengkap), sehingga akan lebih tinggi dari Menara Shanghai, tetapi dikarenakan dikhawatirkan mengganggu penerbangan maka menara setinggi sekitar 60m diatasnya batal disematkan.

5. Lotte World Tower Seoul, Korea (554.5m)

Lotte World Tower Seoul, Korea Selatan (554.5m 1819ft) – foto TrbunNews

6. One World Trade Center, New York City, USA (541.3m)

One World Trade Center (OWTC) New York US, 541.3m 1776ft (foto time.com)

7. Guangzhou CTF Finance Centre Guangzhou, China (530m)

Guangzhou CTF Finance Centre

Guangzhou CTF Finance Centre

-masih dilanjutkan ya-

Eswedewea
Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.