Nazar atau janji, kaul, nadar merupakan sebuah janji seseorang yang wajib dipenuhi selagi ia mampu, ini terjadi mahasiswa UNNES angkatan 2014 bernama Deni.

Nazar adalah sebuah janji seseorang untuk melaksanakan sesuatu jika tujuan yang diinginkan tercapai, Nazar bersinonim dengan kaul. Dalam perbendaharaan kata Islam dan Kristen adalah janji seseorang kepada Allah untuk melakukan sesuatu hal, jika apa yang ia harapkan terpenuhi atau terkabulkan. Seperti dikutip dari Wikipedia.

Dilansir dari unnes.ac.id. Berawal dari keinginannya saat diterima di Universitas Negeri Semarang (UNNES), Jurusan Psikologi tahun 2014 dan terinsprirasi dari kakak tingkatnya yang bersepeda dari UNNES sampai Tegal.

Deni Pragas Septian Pratama mahasiswa Jurusan Psikologi UNNES angkatan 2014, bernazar ketika lulus akan berjalan kaki dari kampus UNNES Semarang sampai ke rumahnya di kelurahan Slerok, Kota Tegal.

Jarak tempuh dari Kelurahan Sekaran Gunungpati Kota Semarang, dimana kampus UNNES ini berada sampai dengan Kelurahan Slerok, Kota Tegal berjarak sekitar 163 km.

Sesuai dengan prediksi dari Google Maps, jarak sejauh itu akan ditempuh dalam waktu 33 jam. Kegiatan yang menambah waktu tempuh misalnya istirahat shalat, makan, mungkin juga tidur saat lelah.

Deni yang kini telah menyelesaikan studinya dan dinyatakan lulus pertanggal 27 Februari 2020 kini menepati nazarnya dengan berjalan kaki dari kampus UNNES Semarang.

Tepatnya dari markas Resimen Mahasiswa (Menwa), karena Deni juga merupakan anggota Menwa UNNES.

“Perjalanan dimulai hari selasa 10 maret 2020 pukul 15.30 WIB. dan ditargetkan sampai di Tegal sebelum hari Kamis karena sudah harus mengajar dihari tersebut,” ujar Deni.

Apresiasi datang dari berbagai pihak salah satunya dari pihak Jurusan yang sampai menyelenggarakan ceremonial untuk pelaksanaan nazar dari Deni di gedung A1 Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNNES Selasa, (10/3).

Deni berharap dari nazarnya tersebut dapat menjadi inspirasi bagi adik tingkatnya untuk bisa lebih giat lagi dan lebih termotivasi untuk segera menyelesaikan studinya di UNNES.

Nazarnya ini sangat heroik dan penuh perjuangan, sekaligus memiliki nilai petualang yang mengesankan.


Informasi telah terbit di laman UNNES.ac.id, dengan judul yang berbeda


oleh Eswedewea
editor Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.