Berbeda dengan tahun sebelumnya, penerimaan mahasiswa baru UNNES melalui jalur SM (Seleksi Mandiri) tahun ini berdasarkan portofolio dengan cara mengunggah data dan dokumen buktinya, hal ini dikarenakan masih Pandemi Covid-19.

Berkenaan dengan masih adanya wabah COVID-19, maka penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri yang sedianya dilaksanakan melalui Ujian Tertulis diganti dengan Seleksi Mandiri S1 dan D3 berdasarkan portofolio, dilansir dari laman penerimaan.unnes.ac.id.

Untuk syarat peserta masuk masih sama dengan tahun yang lalu, yaitu lulusan tiga tahun terakhir yaitu 2020, 2019, dan 2018, dari SMA/MA/yang sederajat.

Bedanya tahun ini ada pembatasan usia, yaitu maksimal 22 tahun. Disamping itu sesuai persyaratan prodi yang dipilihnya, mungkin peserta tidak bisa mengklik prodi pilihannya karena memang tidak ia tidak sesuai dengan kriteria ketentuan prodi tersebut.

Landmark Tugu Konservasi UNNES sekarang semakin instagramable (masih dalam pembangunan)

Jalur dan Pembayaran

Jalur penerimaan terdiri dari 2 (dua) jalur yaitu reguler dan pemegang KIP-Kuliah, kemudian ada 3 (tiga) kelompok yaitu SAINTEK (Sain dan Teknologi), SOSHUM (Sosial Humaniora) dan CAMPURAN (Saintek & Soshum).

PIlihan prodi Saintek ada 26 program studi (prodi), Soshum dapat memilih 43 prodi, dan Campuran berarti prodi kelompok Saintek ditambah prodi Soshum.

Sebagai peserta SM UNNES, masing-masing peserta hanya boleh memilih 2 (dua) program studi.

Masyarakat masih sering menyebutnya Jurusan tetapi bukan Prodi, sedangkan pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) dengan sebutan Prodi (program studi).

Biaya pendaftaran peserta SM-UNNES dapat dibayar melalui Bank BNI 46 di seluruh Indonesia dengan menunjukkan PIN pendaftaran. Biaya pendaftaran tersebut meliputi se sebesar Rp 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah) untuk kelompok Saintek atau Soshum.

Biaya pendaftaran pilihan kelompok Campuran sebesar Rp 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah), dan khusus bagi pendaftar Jalur KIP-Kuliah tidak dikenakan biaya pendaftaran (GRATIS) selama terkoneksi dengan sistim KIP-K pusat. Bisa jadi anda pemegang KIP-Kuliah karena datanya tidak terkoneksi sehingga muncul tagihan pembayaran.

Cara Mendaftar

Setelah memahami beberapa hal terkait dengan pendafatran SM tersebut, silakan mendaftar dengan langkah-langkah seperti ini.

Buka laman penerimaan.unnes.ac.id dibagian akhirnya terdapat link pendaftaran (Daftar Sekarang), Anda bisa dengan link yang kami tautkan disini.

Sebelum mengisi formulir pendaftaran Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang, pendaftar melakukan ini.

  1. Membuat akun di Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru UNNES melalui form yang tersedia.
  2. NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) harus valid dan terdaftar pada laman http://nisn.data.kemdikbud.go.id
  3. Masukkan nama sesuai data NISN.
  4. Pastikan e-mail aktif dan sering dibuka.
  5. Silakan tulis password yang aman (hindari pola tanggal lahir atau nama pendek atau kata lain yang mudah ditebak).
Laman Buat Akun atau Login di SM-UNNES

Selesai membuat AKUN, langkah selanjutnya, yaitu pengisian formulir pendaftaran dan mengunggah dokumen (portofolio).

  1. Menentukan skema SM-UNNES 2020 yaitu memilih SM-UNNES Reguler, atau SM-UNNES KIP-K.
  2. Memilih kelompok program studi: Saintek, Soshum atau Campuran. (pilihan program studi bersifat final dan tidak bisa dirubah)
  3. Mengisi formulir pendaftaran secara online untuk memperoleh Personal Identification Number (PIN) sebagai syarat pembayaran biaya pendaftaran SM-UNNES 2020.
  4. Dengan menggunakan PIN pendaftaran, calon peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran dengan besaran sesuai dengan pilihan prodi yang diambil kecuali yang mendaftar melalui jalur KIP-K.
    Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM, channel internet banking atau Bank BNI di seluruh Indonesia dengan PIN pendaftaran sebagai kode pembayaran;
  5. Setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran, peserta menginput data nilai rapor semester 1-5 (nilai pengetahuan) dan prestasi melalui aplikasi;
  6. Peserta wajib mengunggah scan dokumen rapor semester 1-5 melalui aplikasi;
  7. Bagi peserta yang memilih program studi seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio/video di youtube dan menginput tautan di aplikasi;
  8. Peserta mengunduh dan mengisi form kesanggupan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) melalui aplikasi, ditandatangani orang tua/wali di atas meterai Rp. 6.000,- kemudian diunggah kembali di aplikasi;
  9. Mencetak Kartu Peserta Seleksi Mandiri sebagai bukti pendaftaran.

Setelah Anda mencetak Kartu Peserta, tinggal menunggu hasil seleksi melalui pengumuman resmi di web Unnes. Pastikan pilihan prodi Anda sejak awal, karena peserta yang dinyatakan diterima di suatu prodi tidak boleh pindah prodi.

Khusus untuk prodi-prodi yang membutuhkan konsentrasi akurasi penglihatan terkait warna-warna, pastikan Anda sudah tes buta warna.

Jadwal Penting SM-UNNES 2020

Jadwal penting yang perlu diperhatikan.

  • Pendaftaran Online : 18 Mei – 3 Agustus 2020 diundur hingga 23 Agustus 2020
  • Pembayaran Pendaftaran : 18 Mei – 4 Agustus 2020 diundur hingga 24 Agustus 2020
  • Pengumuman Hasil Seleksi : 13 Agustus 2020 diubah menjadi 29 Agustus 2020

Sekian, semoga bermanfaat

oleh Alifiansyah
editor Eswedewea

7 Comments »

  1. UNGGAH VIDEO PESERTA UJI KETERAMPILAN

    Bagi peserta Uji Keterampilan silakan mengunggah Portofolio melalui VIDEO yang di unggah di YouTube, jangan lupa memberi alamat link di formulir pendaftarannya, agar video Anda dapat dilihat oleh tim juri/penilai

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.