Pengumuman Seleksi Mandiri (SM) Universitas Negeri Semarang (UNNES) akan ditayangkan secara online malam hari ini (29/8) pada laman web saat mendaftar.

Seleksi Mandiri (SM) UNNES 2020, hingga informasi ini diterbitkan belum ada pengumuman resminya tentang hasil seleksi mandiri tersebut, sehingga kemungkinan pengumuman akan ditayangkan petang atau malam hari ini.

Laman link yang akan digunakan yaitu laman web saat peserta mendaftarkan diri yaitu http://daftar.unnes.ac.id atau melalui link penerimaan.unnes.ac.id.

Gerbang utama (barat) UNNES diwaktu malam (dok Eswedewea)

POKOK-POKOK ALUR KEGIATAN REGISTRASI MAHASISWA BARU JALUR SM

Rangkaian kegiatan registrasi calon mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri (SM) UNNES dilakukan hampir bersamaan, bahkan bisa bersamaan, misalkan saat mengisi Data Pokok belum selesai tetapi membayar biaya pendidikan, dan inilah pokok-pokok kegiatan registrasi khusus jalur SM.

  • Mengisi Data Pokok sebagai mahasiswa baru dan mengunduh dokumen Borang A1 untuk dikirim ke alamat yang tertera dalam sampul dokumen borang;
  • Melakukan pembayaran UKT dan atau SPI, termasuk selain calon yang lolos KIP-Kuliah
  • Registrasi daring dan menunggu proses verifikasi berkas secara daring oleh petugas, selanjutnya mencetak bukti registrasi.
  • Tes kesehatan diumumkan tersendiri,
  • Kuliah perdana dijadwalkan mulai 7 September 2020 sesuai ketentuan atau Peraturan Rektor masa New Normal. Sebelum kuliah tentu ada pengisian rencana studi, ikuti panduan selanjutnya.

Setelah mencetak bukti-bukti dan dokumen registrasi, berarti telah mendapatkan NIM dan sudah berstatus sebagai mahasiswa.

Saat Pengumuman telah Tertera Besaran UKT dan SPI, atau sekaligus Pengumuman KIP-Kuliah

Berbeda dengan seleksi sebelumnya, pengisian data pokok pertama yang akan menghasilkan Borang A1 digunakan untuk menentukan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT), namun untuk seleksi mandiri saat diumumkan sudah disertai dengan besaran UKT, sama dengan pilihan calon dan mungkin berbeda.

Dalam pengumuman dinyatakan bahwa ketetapan besaran UKT dan SPI menjadi kewenangan panitia (Unnes).

Sehingga ketika Anda, mengisi UKT kategori 6 kemudian (mungkin) keluar pengumuman kategori 4 atau 3 itu adalah hasil keputusan panitia (Unnes), namun sebaliknya calon mahasiswa memilih UKT kategori 4 tetapi keluar dipengumuman adalah Kategori 5 atau 6 itu juga keputusan Universitas.

Seleksi Mandiri juga muncul pembayaran Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang besarnya telah dipilih sendiri oleh peserta SM UNNES 2020.

Aktifkan Telegram dan Email

Jalur informasi dan berita dari sistem utamanya dengan aplikasi Telegram, semua peserta SM terutama yang dinyatakan lolos seleksi harus punya akun Telegram, kalau belum punya berarti unduh aplikasi Telegram dan mendaftar.

Disamping telah terdaftar pada akun Telegram, calon mahasiswa mulai menyiapkan akun email Unnes, Anda nanti harus request email sebagai warga Unnes. Untuk sekadar diketahui, email Unnes bekerjasama dengan Google atau bisa digunakan sebagai akun Google.

Mengisi Data Pokok

Calon mahasiswa mengisi data dirinya melalui Data pokok, berupa data diri beserta data sosial ekonominya laman http://datapokok.unnes.ac.id.

Data Pokok ini tidak menentukan besaran UKT yang harus dibayar, ataupun SPI, namun harus tetap mengisi, kelak dikemudian hari Data pokok ini akan bermanfaat untuk yang lain, misalnya keringanan UKT.

Pengisian Data Pokok (awal) pada sejak 30 Agustus s.d. 1 September 2020 pukul 23.59 WIB.

Borang A1 hasil unduhan Data Pokok wajib dikirimkan ke alamat yang tertera dalam sampul Data Pokok, sesuai dengan batas waktu pengiriman yang diperbolehkan.

Pengiriman Borang A1 paling lambat 5 September 2020 (Cap Pos) ke alamat yang tertera pada sampul borang.

Membayar Biaya Pendidikan, UKT dan SPI

Calon mahasiswa selain yang dinyatakan lolos seleksi KIP-Kuliah, melakukan pembayaran di bank yang ditunjuk universitas melalui Virtual Account yang didapat dari http://datapokok.unnes.ac.id, menu Registrasi.

Bank yang bisa dipilih yaitu Bank BTN dan Bank BRI melalui Virtual Account

Pembayaran melalui BTN Virtual Account

Alur Pembayaran Virtual Account (VA) Bank BTN

Untuk membayar UKT melalui Virtual Account dari bank lain, cukup dengan melakukan transfer.

Pembayaran melalui BRIVA (BRI Virtual Account)

Langsung ke loket bank atau melalui ATM BRI,

Transfer ATM BRI

  • Pilih menu Transaksi Lain,
    kemudian pilih menu Pembayaran.
  • Setelah itu klik Menu Lainnya,
    lalu pilih menu Briva.
  • Masukkan nomor rekening dengan nomor Virtual Account Anda
    (contoh: 7810202001539202) dan
    pilih Benar.
  • Ketika muncul konfirmasi pembayaran,
    silahkan pilih Ya.

JIka Anda menggunakan bank lain, harus menambahkan kode bank BRI 002.

Registrasi Daring dan Verifikasi Registrasi

Registrasi daring merupakan langkah selanjutnya setelah Anda dinyatakan lunas pembayaran atau boleh melanjutkan registrasi sebagai mahasiswa baru melalui laman http://datapokok.unnes.ac.id, lakukan segera setelah portalnya dibuka.

Tahapan registrasi secara daring mulai tanggal 2 s.d 5 September 2020 dan mencetak formulir registrasi yang dipersyaratkan.

Dalam registrasi ini ada unggahan foto diri yang akan tampil di Kartu Tanda Mahasiswa dan sistem aplikasi Unnes, berikan foto terbaik Anda sesuai dengan petunjuk, biasanya backgroud merah dan tampilan foto seperti bikin SIM atau Paspor. Jika Anda punya foto saat masih dengan seragam sekolah, yang sama dengan ketentuan, boleh diunggah tetapi dipotong terlebih dahulu, atau istilahnya di krop.

Siapkan pindai/scan dokumen Bukti setor lunas pembayaran biaya pendidikan dan SPI asli; dan Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) tahun 2020 asli;

Setelah calon mahasiswa menyatakan datanya benar kemudian dikirim secara daring melalui tombol di aplikasi, tunggulah data Anda akan di verifikasi oleh petugas secepatnya.

Verifikasi registrasi dilakukan oleh petugas bagian registrasi BAKK (Biro Akademik Kemahasiswaa dan Kerja sama) hingga isian registrasi data anda dinyatakan sudah valid, berarti bisa melanjutkan cetak bukti registrasi, dan anda mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) sekaligus mencetak spesimen KTM (Kartu Tanda Mahasiswa).

JIka saat verifikasi registrasi data dinyatakan tidak valid, maka Anda harus membetulkan mana yang tidak valid tersebut dan mengirimkan ulang untuk di verifikasi kembali hingga statusnya valid.

Pemberian status ini melalui akun Telegram, jadi cepat-cepat unduh aplikasi Telegram dan mendaftar biar tidak ketinggalan informasi.

Mencetak Dokumen Bukti Registrasi

Setelah data registrasi Anda dinyatakan valid, maka langkah selanjutnya yaitu mencetak dokumen registrasi melalui laman http://datapokok.unnes.ac.id yang meliputi:

  1. Formulir Registrasi (R1);
  2. Surat Pernyataan menaati peraturan (R2) di UNNES dan Pakta Integritas Universitas Negeri Semarang (R3);
  3. Bukti Registrasi (R4);
  4. Khusus bagi calon mahasiswa penerima KIP Kuliah wajib melampirkan Surat Pernyataan Peserta Penerima KIP Kuliah (R5);

Dokumen tersebut silakan disimpan sementara, sambil menunggu pengumpulan berkas R1, R2, R3, R4,  dan R5 akan diinformasikan lebih lanjut di laman BAKK (http://baakk.unnes.ac.id).

PENTING,
Kuliah Perdana: 7 September

Merujuk pengumuman sebelumnya pada jalur SNMPTN 2020 dan SBMPTN 2020 pada Universitas Negeri Semarang, bahwa KULIAH PERDANA atau awal kuliah semester Gasal 2020/2021 jatuh pada hari Senin tanggal 7 September 2020, sehingga penyelesaian registrasi mahasiswa baru jalur SM-UNNES 2020 tidak akan memiliki waktu yang panjang dalam proses registrasinya.

Selamat kepada Anda yang dinyatakan Lolos SM-UNNES 2020.

informasi ini masih akan dilengkapi dengan waktunya (masih menunggu informasi resmi)

oleh Eswedewea
editor Eswedewea

1 Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.