Berita Utama

Seleksi Mandiri UNNES Jalur Prestasi 2021 Sudah Dimulai Berakhir April

Universitas Negeri Semarang (UNNES) tahun ini (2021) masih menyelenggarakan Seleksi Mandiri (SM) dari jalur Prestasi yang dikenal dengan SM-UNNES Prestasi 2021, pendaftaran sudah dimulai 10 Februari dan akan berakhir 26 April 2021.

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) Jalur Prestasi adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang S1 yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang, yang dikenal sebagai SM-UNNES Prestasi.

Diselenggarakan untuk meningkatkan mutu input mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang dan sebagai bentuk penghargaan kepada siswa yang memiliki prestasi luar biasa atau juara dalam bidang olahraga, seni, Olimpiade/lomba bidang studi, dan lomba bidang keagamaan. Dikutip dari laman penerimaan.unnes.ac.id.

Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk mahasiswa yang diterima dari jalur prestasi hanya akan dibebani dengan UKT Kategori 1 atau Kategori 2, yang besarnya masing-masing Rp 500.000,- dan Rp 1.000.000,- tiap semesternya (1 semester = 6 bulan). Bisa dikatakan lebih murah dari biaya SPP sekolah menengah.

Persyaratan Umum

  1. Siswa SMA/MA/SMK/MAK/sederajat yang pada tahun 2021 terdaftar aktif di kelas XII/XIII, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah.
  2. Sanggup mematuhi Etika dan Tata Tertib Mahasiswa Universitas Negeri Semarang serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa UNNES, termasuk sanggup membayar biaya belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) rendah (kategori I atau II), biaya hidup selama masa studi, dan lain-lain.
  3. Menandatangani surat kesanggupan berprestasi selama masa studi dan akan dievaluasi tim.

Persyaratan Khusus, Prestasi Apa Saja yang Masuk Kategori

Persyaratan khusus ini berisikan prestasi yang sedang dibuka untuk pendaftaran melalui jalur SM-UNNES Prestasi.

1 | Memiliki salah satu prestasi yang dibuktikan dengan sertifikat/surat keterangan:

  • Juara I, II dan III (memperoleh piala atau medali emas, perak dan perunggu) minimal tingkat Nasional dalam bidang olahraga, seni, Olimpiade/lomba bidang studi, dan lomba bidang keagamaan yang diperoleh selama duduk di SMA/MA/SMK/MAK.
  • Juara I (memperoleh piala atau medali emas) minimal tingkat provinsi dalam bidang olahraga, seni, teknologi, Olimpiade/lomba bidang studi, dan lomba bidang keagamaan yang diperoleh selama duduk di SMA/MA/SMK/MAK.
  • Mempunyai keahlian/kemampuan luar biasa yang dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga, yaitu hafal Alquran minimal 20 juz, penemu teknologi tepat guna yang dibuktikan dengan paten, hak cipta atau HKI lainnya (maksimal 3 orang), pembuat konten kreatif di Instagram minimal 30k follower atau youtube minimal 30k subscriber dengan konten akademik dan prestasi, motivasi, inovasi.
  • Juara/prestasi olahraga yang diakui adalah juara untuk cabang olahraga yang diselenggarakan oleh KONI, Kemdikbud dan merupakan kejuaraan resmi yang diketahui oleh induk organisasi olahraga.
  • Juara/prestasi seni, teknologi yang diakui adalah juara untuk perorangan meliputi bidang musik, vokal, tari, penulisan/baca puisi, nembang macapat, seni lukis, seni kriya, komik, poster, batik, programmer, robotik, animator, desain, fotografi; juara untuk kelompok meliputi teater (maksimal 6 orang), karawitan/musik tradisi (maksimal 10 orang), tari (pasangan) yang diselenggarakan oleh Kemdikbud, atau Kementerian lainnya yang relevan.
  • Juara Olimpiade/lomba bidang studi yang diakui adalah juara yang bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemdikbud, Kemenag atau kementerian lainnya.

2 | Juara lomba keagamaan yang diakui adalah juara MTQ atau lainnya yang bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemenag atau Kemdikbud.

3 | Bukti sertifikat, piagam kejuaraan atau surat keterangan sesuai bidang prestasi/kemampuan luar biasa pada huruf a sampai g harus disahkan oleh Kepala Dinas setempat atau pejabat/pengampu yang berwenang.

  • Lulus Ujian Tulis Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA)

Baca juga | Inilah 122 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Kemdikbud 2020 se-Indonesia, Berserta Link-nya

Tata Cara Pendaftaran, Seleksi, dan Pengumuman Hasil Seleksi

Calon mahasiswa mendaftar sesuai dengan tata cara yang telah ditentukan, dan dapat memilih program studi sebanyak 2 (dua) program studi pilihan.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman Penerimaaan UNNES dengan alamat http://penerimaan.unnes.ac.id, pilihlan Jalur Masuk | Seleksi Mandiri pilih Lihat Detil | dibagian bawah ada LOGIN.

Seorang pendaftar harus membuat Akun terlebih dahulu (dengan klik LOGIN tersebut).

1 | Calon peserta mengunggah:

Siapkanlah berkas-berkas seperti dibawah ini, sebelum melakukan pendaftaran

(1) file hasil pindai (scan) surat keterangan dari Kepala Sekolah SMA/MA/SMK/MAK;
(2) file pas foto diri berwarna terbaru dengan ukuran file maksimum 500kb, rasio 400×600 pixels, format gambar jpg;
(3) file hasil pindai (scan) identitas (KTP/SIM/Paspor/Kartu Pelajar);
(4) file hasil pindai (scan) bukti kejuaraan/sertifikat/piagam/surat keterangan yang diperoleh;

2 | Mengisi borang pendaftaran

Calon peserta mengisi borang pendaftaran secara lengkap pada laman pendaftaran termasuk unggah pas foto diri, unggah surat keterangan dari Kepala Sekolah, dan unggah bukti prestasi yang dimiliki;

3 | Mencetak kartu peserta

Calon peserta mencetak dan menandatangani Kartu Peserta SM-UNNES Jalur Prestasi;

4 | Tahapan Seleksi

Hasil seleksi administrasi (tahap I) diumumkan di laman pendaftaran pada tanggal 3 Mei 2021;

Peserta yang dinyatakan lolos seleksi tahap I wajib mengikuti Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA) secara daring pada tanggal 6 Mei 2021.

5 | Hasil Seleksi

Hasil seleksi (tahap II/akhir diumumkan di laman pendaftaran pada tanggal 11 Mei 2021 (setelah pengumuman SNMPTN).

Baca juga | Cara Cek Data Status Kemahasiswaan di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, PDDikti

BerLemon

Perhatian!

Pastikan semua isian data Anda sesuai dengan data diri, seperti yang tercantum pada Ijazah atau Akta Kelahiran.

Silakan bagi Anda yang memiliki prestasi seperti tersebut diatas untuk mendaftarkan diri SM-UNNES Jalur Prestasi 2021.

Salam

oleh Dewi Fatmawati
editor Eswedewea

2 replies »

  1. Mohon maaf kak,menganggu waktunya.saya mau bertanya disitu ada syarat harus ada surat keterang kepala sekolah,maksudnya surat keterangan lulus atau gmna ya kak?terimakasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.