Lanjut ke konten

Ingat! Mengikuti UTBK-SBMPTN 2021 Diawali dengan Registrasi Akun LTMPT Berakhir 12 Maret

Seperti tahun sebelumnya, SBMPTN 2021 diawali dengan UTBK dalam sekali pendaftaran yang dimulai dengan registrasi Akun di laman LTMPT terlebih dahulu, jadi segeralah membuat Akun LTMPT sebelum ditutup.

Akun LTMPT merupakan sarana untuk peserta dapat mendaftar UTBK (Ujian Tulis Berbasi Komputer) secara daring untuk SBMPTN 2021, maksudnya mendaftar UTBK sekaligus mengikuti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Tanpa registrasi Akun LTMPT, dapat dipastikan tidak dapat mengikuti rangkaian UTBK sekaligus SBMPTN tahun ini, jadi segeralah membuat akun LTMPT dan jangan menundanya.

Registrasi Akun LTMPT 2021 telah dimulai 7 Februari 2021 dan berakhir hingga 12 Maret 2021 pukul 15.00 WIB. Seperti dikutip dari laman LTMPT.

Baca juga | Apa itu UTBK UTBC LTMPT SBMPTN SNMPTN dan SM

Cara Mendapatkan Akun LTMPT

Pertama kali kita harus membuka laman web LTMPT yang berisikan informasi secara umum, jika ingin mengetahui lengkap tentang informasi SNMPTN, UTBK, SBMPTN silakan eksplor di laman tersebut.

a | Buka laman web LTMPT https://ltmpt.ac.id/

Selanjutnya dimana kita harus melakukan registrasi akun LTMPT, yaitu menu Portal LTMPT.

b | Klik menu Portal LTMPT

Jika kita sudah memiliki akun LTMPT (disebabkan mendaftar pula di SNMPTN atau telah registrasi akun) maka tinggal memasukkan email dan password untuk LOGIN / Masuk, namun jika kita belum punya akun LTMPT diwajibkan mendaftar dahulu.

c | melakukan registrasi Akun LTMPT melalui klik Daftar di sini.

Baca juga | Seleksi Mandiri UNNES Jalur Prestasi 2021 Sudah Dimulai Berakhir April (Prestasi apa saja yang akan direkrut dalam Seleksi Mandiri UNNES tersebut!)

d | Setelah ini pilihkan Daftar ketika muncul gambar Siswa

dan lanjutkan membuat akun terlebih dahulu dengan menyiapkan data Anda, NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), beserta tanggal lahir.

Jangan lupa menyiapkan alamat email yang aktif dalam pendaftaran atau registrasi akun LTMPT tersebut, karena alamat email tersebut nantinya akan digunakan untuk LOGIN untuk keperluan pendaftaran selanjutnya.

Teruskan meregistrasi akun LTMPT hingga berhasil, dan pendaftaran selanjutnya untuk UTBK-SBMPTN 2021 akan dilaksanakan mulai 15 Maret sampai dengan 1 April 2021 pukul 15.00 WIB.

Baca juga | SNMPTN, UTBK, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri, 3 Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru PTN Indonesia

Permanenkan Akun

Langkah terakhir registrasi akun LTMPT untuk UTBK-SBMPTN yaitu melakukan Permanen Akun dan mengunduhnya.

Akun LTMPT yang sudah dipermanenkan melalui Verifikasi dan Validasi Data Siswa

Setelah melakukan permanen Akun maka jangan lupa klik Unduh Bukti Permanen.

Tanggal-tanggal Penting UTBK-SBMPTN 2021

Berikut ini tanggal-tanggal penting yang wajib kita ketahui sebagai peserta UTBK-SBMPTN 2021, yang dikutip dari laman LTMPT.

sumber LTMPT

Sebagai tambahan informasi, bahwa pelaksanaan UTBK tahun ini akan dilaksanakan dalam 2 (dua) gelombang, seperti tahun lalu yaitu untuk gelombang 1 tanggal 12 – 18 April 2021, dan gelombang 2 pada 26 April – 2 Mei 2021.

Baca juga | Inilah 122 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Kemdikbud 2020 se-Indonesia, Berserta Link-nya

Untuk pelaksanaan setiap harinya akan dijadwalkan dalam 2 (dua) sesi, yaitu sesi pagi dan sesi siang, sehingga kita nanti bisa memilih tempat dan waktu yang kita kehendaki, sesuai kapasitas ruangan yang tersedia.

Sekian, semoga sukses.

oleh Taufik KW
editor Eswedewea

One thought on “Ingat! Mengikuti UTBK-SBMPTN 2021 Diawali dengan Registrasi Akun LTMPT Berakhir 12 Maret Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: