Berita Utama

SM UNNES Tahun 2021 Telah Dimulai, Inilah Prosedur Daftarnya

Pendaftaran penerimaan mahasiswa jalur SM-UNNES 2021 telah dimulai secara online sejak 21 Mei 2021 dan akan berakhir 9 Juli 2021, adapun pembayaran berakhir 10 Juli 2021.

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru program S-1 dan D-3 yang diselenggarakan secara mandiri dengan penilaian portofolio dan tes daring oleh Universitas Negeri Semarang. Dikutip dari laman penerimaan Unnes.

Lulusan 3 tahun terakhir dan Maksimal berusia 22 tahun

Selain usia maksimal 22 tahun, siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) yang boleh mendaftar adalah lulusan tiga tahun terakhir, tahun 2021, 2020, dan 2019.

Pendaftar juga harus memenuhi persyaratan sesuai program studi yang dituju, oleh sebab itu periksalah program studi atau jurusan yang akan dipilih.

Biaya Seleksi dan Pilihan Program Studi

Biaya seleksi SM-UNNES 2021 sebesar Rp 250.000,- belum termasuk biaya Uji Keterampilan sebesar Rp 150.000,- bagi pemilih prodi Olahraga dan Seni. Semua tagihan sudah muncul saat mendaftar dan tertera pada formulir pendaftaran.

Program studi yang bisa dipilih oleh peserta/pendaftar maksimal sejumlah 2 (dua) program studi.

Prosedur Pendaftaran

Sebelum melakukan pendaftaran, calon peserta harus membuat akun SM, melalui link yang tersedia pada laman penerimaan http://penerimaan.unnes.ac.id

Setelah membuat akun, silakan login untuk meneruskan pendaftaran SM-UNNES.

Langkah-langkah pendaftaran SM-UNNES 2020 adalah sebagai berikut:

  • Membuka laman http://penerimaan.unnes.ac.id
  • Mengisi biodata;
  • Mengisi formulir pendaftaran secara online untuk memperoleh Personal Identification Number (PIN) sebagai syarat pembayaran biaya pendaftaran SM-UNNES 2021;
  • Memilih program studi yang diminati, maksimal 2 buah;
  • Dengan menggunakan PIN pendaftaran, calon peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran dengan besaran sesuai dengan pilihan prodi yang diambil. Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM, channel internet banking atau Bank BNI di seluruh Indonesia dengan PIN pendaftaran sebagai kode pembayaran;
  • Setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran, peserta mengisikan nilai rapor semester 1-5 (nilai pengetahuan) dan prestasi;
  • Peserta mengunggah scan dokumen rapor semester 1-5;
  • Peserta yang memilih program studi seni dan olahraga mengunggah portofolio uji keterampilan sesuai dengan ketentuan;
  • Peserta mengunduh dan mengisi borang kesanggupan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), ditandatangani orang tua/wali di atas meterai Rp. 10.000,- kemudian diunggah kembali;
  • Mencetak bukti pendaftaran Seleksi Mandiri;
  • Mencetak Kartu ujian Seleksi Mandiri sesuai jadwal yang ditentukan;
  • Mengikuti tes online sesuai jadwal yang ditentukan.

Baca juga | Cara Membayar Pendaftaran Mahasiswa – Biaya Pendidikan (UKT) melalui ATM BNI

Baca juga | Manfaat ATM Setor Tunai atau Setor Tarik Tunai, Layanan Perbankan 24 Jam

Tes Online dari Rumah dan Waktunya

Materi tes terdiri atas Bahasa Inggris dan Potensi Akademik, dengan waktu sesuai yang tertera pada Kartu Peserta SM-UNNES 2021, yaitu antara tanggal 13 Juli s.d. 19 Juli 2021, dalam 4 sesi setiap harinya (1. 08.00-10.00 WIB; 2. 10.15-12.15 WIB; 3. 13.00-15.00 WIB; dan 4. 15.15-17.15 WIB).

Pastikan waktu pelaksanaan tes online dalam kondisi berikut ini. Pasokan listrik selama tes, satu komputer/laptop berkamera, terinstal browser google chrome terbaru yang terkoneksi internet, satu ponsel berkamera, terinstal aplikasi zoom meeting yang terkoneksi internet; dan ruang ujian yang kondusif yang akan digunakan sendiri oleh peserta.

Baca juga | Cara Bijak Memanfaatkan Fasilitas Umum (Fasum) Bebas dan Fasum Terbatas

Pengumuman Hasil Seleksi

Hasil seleksi SM-UNNES 2021 diumumkan pada tanggal 26 Juli 2021 secara online melalui laman http://penerimaan.unnes.ac.id, dengan cara menuju link yang tersedia disini.

oleh Eswedewea
editor Lik Kasjo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.