Inilah Nepal Van Java Magelang dari Dekat 2022, Juga Gerbang Mendaki Gunung Sumbing

Nepal Van Java terletak di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang, perbatasan dengan Kecamatan Kajoran, suatu desa wisata yang semakin mencuat namanya dari waktu ke waktu.

Pasalnya desa ini memang seperti apa yang bisa disaksikan di dataran tinggi Nepal, sehingga tersebutlah dengan Nepal Van Java.

Tempat ini sangat cocok untuk berlibur dan bersantai, sambil menikmati pemandangan alam seperti di negara Nepal, katanya, karena kami sendiri belum pernah kesana.

Sehingga dengan mengunjungi ke tempat ini, Nepal Van Java, seolah-olah kita sudah pergi ke Nepal, asyik ya….

Dok. Suhardo – Kissparry

Lokasinya ada disebelah barat Magelang, sehingga perjalanan darat kita mengarah ke Kota Magelang kemudian sebelum Alun-alun Kota Magelang arah jalan ke kanan (jika dari Semarang).

Untuk sampai di Nepal Van Java (tempat parkir Dusun Butuh, Kel Temanggung) disarankan menggunakan kendaraan yang sehat, baik menggunakan sepeda motor atau pun mobil, bila perlu di servis terlebih dahulu.

Jika menggunakan mobil, sebaiknya mobil yang kecil atau sedang, disebabkan jalan relatif sempit, terutama untuk menghindari simpangan dengan mobil lain biar lebih lancar.

Nepal van Java Kab Magelang Dok. Hardo – Kissparry

Harga Tanda Masuk (HTM) ke area Nepal Van Java sekitar Rp 10.000,- perorang (harga ini bisa berubah), belum termasuk parkir.

Disamping itu untuk mempercepat perjalanan di lokasi, kita dari tempat parkir bisa naik ojek pangkalan dengan tarif Rp 35.000,- (harga bisa berubah) yang akan melintasi beberapa obyek spot foto menarik, kita pun bisa minta berhenti sejenak untuk foto-foto.

Pemandangan alam pegunungan yang sangat elok dan mengasyikkan, saat udara cerah, dengan udara yang sangat sejuk dan segar, khas pegubungan.

Disana juga tersedia cafe, warung-warung makan, dan toilet umum.

Ingin mendapatkan gambar yang lebih bagus dan luas, direkomendasikan menggunakan drone.

Basecamp Pendakian Gunug Sumbing Via Kaliangkrik Dusun Butuh

Dari tempat ini, juga merupakan pintu gerbang jalur pendakian ke Gunung Sumbing, namanya Jalur Sejati, Dusun Butuh. Di Dusun Butuh terdapat Basecamp pendakian Gunung Sumbing.

Nepal van Java Kab Magelang, Gerbang jalur Sejati Gunung Sumbing, Dok. Kissparry (Suhardo)

Salam

Koresponden: Suhardo, MM

diunggah oleh Indarsih Weanind
editor Kissparry

One thought on “Inilah Nepal Van Java Magelang dari Dekat 2022, Juga Gerbang Mendaki Gunung Sumbing

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca