Amalan Utama yang Dikerjakan pada Malam Nuzulul Qur’an

Nuzulul Qur’an adalah waktu atau hari turunnya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW. pertama kali. Peristiwa Nuzulul Qur’an diperingati umat Islam setiap tanggal 17 Ramadhan.

Di hari yang istimewa tersebut, ada banyak amalan yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan ampunan dan pahala dari Allah Swt.

Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam. Dalam Al-Qur’an berisi kalam Allah Swt. yang menjadi petunjuk dan pedoman hidup manusia di dunia.

Al-Qur’an merupakan satu di antara mukjizat terbesar yang diturunkan Allah Swt. kepada Nabi Muhammad saw. Al-Qur’an mencakup setiap aspek kehidupan yang perlu diketahui, dipahami, dan diamalkan setiap umat Islam.

Hikmah memperingati Nuzulul Qur’an yang dilakukan oleh umat Islam dalam rangka menghayati dan mengamalkan ajaran  yang terkandung dalam Al-Qur’an untuk dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Peristiwa, Nuzulul Qur’an erat hubungannya dengan Lailatul Qadar, yaitu malam penuh kemuliaan dan berkah pada bulan Ramadan. 

Nuzulul Qur’an adalah peristiwa turunnya Al-Quran sebagai wahyu kepada Nabi Muhammad SAW. Pertama kali turunnya wahyu Al-Qur’an kepada Rasulullah SAW saat beliau tengah berada di Goa Hira,  Surat Al Alaq (ayat 1-5). Lalu, Allah SWT kembali menurun wahyu tiga tahun setelahnya melalui Surat An Nashr.   

Allah SWT menurunkan  Al-Qur’an di Madinah dan Makkah. Itulah mengapa, surat-surat dalam Al-qur’an terbagi dua golongan, yaitu golongan surat Makkiyah dan golongan surat Madaniyah.

Masa turunnya ayat Al-Qur’an golongan Makkiyah berlangsung 9 tahun, dan golongan surat Madaniyah berlangsung 10 tahun. Proses turun Al-Qur’an tersebut, Nabi Muhammad SAW sekaligus menjamin eksistensi Agama Islam.  

Keutamaan Nuzulul Qur’an untuk  memperoleh keberkahan dari Allah SWT, mengharapkan Diampuni segala Dosanya, mendapat pahala berlipat-lipat.

Untuk mendapat keberkahan, ampunan dan pahala ada amalan yang diamalkan pada malam Nuzulul Qur’an sebagai wujud peringatan atas peristiwa maha agung dan mulia tersebut. 

Membaca Al-Quran

Menurut sebagian para ulama amalan pertama dan utama adalah membaca Al-Qur’an, memperbanyak baca Al-Qur’an, sehingga mendapatkan  pahala dan kemuliaan yang berlimpah.

Itikaf

Amalan berikutnya melakukan Itikaf, yaitu berdiam diri di masjid, sesuai ketentuan Itikaf seraya membaca Al-qur’an, berdzikir, berdoa, dan melaksanakan shalat malam, seperti shalat sunat Tahajut, shalat hajat, dll. 

Shalat Malam dan Doa

Memperbanyak shalat malam adalah amalan baik yang diamalkan pada malam nuzul Qur’an, selanjut memperbanyak do’a sesuai hajat adalah juga bagian dari amalan pada malam nuzul Qur’an. 

Peristiwa malam nuzul  adalah sangat mahal, oleh sebab itu memanfaat kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Peristiwa nuzulul Qur’an juga identik dengan malam lailatul qadar, amal kebajikan yang dikerjakan semalam berbanding dengan seribu bulan.

Bahkan, sebagian ulama berpandangan malam nuzul Qur’an itulah malam laitul qadar atau malam lailatul qadar itulah Al-Qur’an diturunkan pertama kali sehingga disebut malam lalilatul Qadar amalam kemulian melampui seribu bulan lamanya bagi suatu amal kebaikan.

Wallahu a’lam

Dari berbagai sumber

Eswedewea
Kissparry

Satu respons untuk “Amalan Utama yang Dikerjakan pada Malam Nuzulul Qur’an

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.