Inilah 5 (Lima) Hal Sederhana, Persiapan Agar Lolos UTBK-SBMPTN 2022

Hai sahabat Kissparry! UTBK 2022 sudah mendekat lho. Tentunya banyak sekali persiapan yang harus kamu lakukan agar proses UTBK 2022 yang akan kamu hadapi bisa berjalan dengan lancar.

Mulai sekarang nih, kamu bisa mengencang erat ikat pinggang agar proses persiapan kamu bisa berjalan dengan sangat lancar. Biar performa kamu saat UTBK 2022 semakin meningkat, yuk kita bahas bareng apa saja sih persiapan yang harus kamu lakukan. Simak yang satu ini ya!

O..ya.. sudah tahu tentang UTBK, ini kepanjangan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer, maksudnya ujian atau tes dengan komputer, sebab yang namanya tulis itu bukan komputer ya, karena dikomputer tidak menulis tetapi mengklik jawaban.

Namun istilah ini nggak perlu dipersoalkan, mengapa, sebab semula kegiatan tes itu berbasis tulis, kemudian saat dipindah dengan komputer, biar tidak bingung istilah tulis masih digunakan. Tetapi nanti lama-lama mungkin akan diubah namanya.

Atau, ini mungkin menyerap ungkapan bahasa Jawa, kuwi lo sing ndisik ujian tulis saiki nganggo ujiane nganggo komputer atau (itu dulu) Ujian Tulis (sekarang) Ujian Tulis tapi Berbasis Komputer.

Yang harus dilakukan sebagai persiapan UTBK-SBMPTN 2022

Untuk bisa melakukan persiapan UTBK-SBMPTN 2022, kamu bisa melakukan berbagai cara supaya kamu bisa sukses. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan antara lain:

1. Pastikan jurusan yang kamu tuju sudah sesuai

Ketika memilih jurusan di UTBK-SBMPTN, kamu harus mempertimbangkan jurusan yang kamu pilih. Jurusan ini sedikit banyak akan mempengaruhi kesempatan kamu untuk bisa masuk di perguruan tinggi tersebut.

So, be wise ketika memilih jurusan. Jangan sampai ego kamu bisa menggagalkan kesempatan kamu untuk masuk di perguruan tinggi impian.

Bila perlu konsultasi dengan guru BK di sekolah, sebab biasanya bapak ibu guru memantau prestasi di sekolah dan bakat kalian.

2. Latihan soal dengan sistem komputer

Sistem UTBK merupakan salah satu tes yang menggunakan latihan soal Komputer.

Nah, agar kamu terbiasa dengan baik, kamu bisa memulai latihan dengan menggunakan komputer atau laptop di rumah kamu.

Kamu harus sudah terbiasa dengan komputer terutama dalam memegang mouse atau tombol gulir.

3. Manajemen waktu yang baik

Memiliki manajemen waktu yang baik juga sangat diperlukan lho agar kamu bisa mengerjakan soal-soal yang ada.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memulai melatih kemampuan kamu mengerjakan soal yang sulit. Setelah itu kamu bisa mengerjakan soal-soal yang mudah lainnya.

4. Jawab soal dengan tepat

Setelah kamu memiliki manajemen yang baik, kamu bisa melatih dirimu untuk menjawab soal dengan tepat.

Kamu bisa menjawab soal-soal tersebut dengan penuh hati-hati dan teliti ya. Jangan sampai kamu terburu-buru ketika menjawab soal-soal tersebut.

Kalau ini sih butuh belajar dan pengalaman dalam menjawab pertanyaan/soal-soal latihan.

5. Tingkatkan Kepercayaan Diri

Meningkatkan kepercayaan diri juga sangat dibutuhkan agar kamu bisa dengan sukses menjawab soal-soal yang ada.

Ini bisa menjadi salah satu kunci untuk menenangkan hati agar bisa menjawab seluruh pertanyaan yang muncul ketika ujian.

Nah, itu tadi 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri menjelang UTBK-SBMPTN 2022 pada tanggal 17 Mei mendatang.

Apakah kelima hal tersebut sudah cukup? Itu hal yang pokok yang benar-benar perlu dipersiapkan, namun juga penting untuk Anda memerhatikan hal berikut ini.

1. Memilih lokasi dan waktu tes

Jangan salah memilih lokasi tempat tes UTBK, silakan memilih tempat yang terdekat atau sekiranya paling nyaman. Wah, kalau sudah terlanjut bagaimana? Ya, sudah, persiapkan diri baik-baik.

Pemilihan lokasi dan waktu tes, akan berpengaruh terhadap persiapan yang harus dilakukan terutama sebelum tes berlangsung.

Ini berkaitan dengan jarak tempat tinggal, kemacetan dijalan, dan bekal yang harus dipersiapkan. Termasuk hal makan dan minum, sebelum dan sesudah mengikuti tes.

2. Jangan datang waktu yang salah

Sepertinya ini mungkin tidak akan terjadi, apabila Anda sudah memilih waktu sendiri, dan Anda sudah mencatat dalam agenda harian.

Jangan lupa memberi tahu kepada ayah, ibu, kakak, adik atau teman Anda tentang waktu yang akan dipakai untuk tes UTBK. Mengapa? mereka semua akan mengingatkan Anda, tentang jadwal tersebut.

Iklan : B Erl Cosmetics : Hubungi umi IIN (08122575931)

3. Berkas ujian sudah dipersiapkan dalam satu tempat (map)

Mulai dari semula, seluruh berkas yang wajib dibawa saat mengikuti ujian harus dipersiapkan, coba lihat penjelasan dari pengumuman yang dikeluarkan oleh panitia ujian, ini jangan disepelekan.

Penting buat Anda, yaitu, sebaiknya semua dokumen disimpan dalam softfile format JPG atau pun PDF, bila perlu simpan di Google Drive. Apa sebabnya? Untuk cadangan dokumen jika diperlukan.

Kira-kira apa yang bakal dibawa saat mengikuti UTBK,

  • Kartu Pendaftaran
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP), foto kopi KK dibawa juga nggak apa-apa. Jika belum punya KTP mengurus keterangan kependudukan dari sekarang.
  • Bukti Lulus Sekolah (sebaiknya aslinya jangan dibawa, silakan membawa fotokopi yang dilegalisir)
  • Peralatan tulis menulis, setidaknya ballpoint dan pensil serta karet penghapus

Siapkan dirimu dan yakinkan bahwa kamu bisa menaklukkan UTBK-SBMPTN 2022. Selamat berjuang!

Sumber dari SevimaDotCom

oleh Eswedewea
editor Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.