Lanjut ke konten

Cara Membayar Tunggakan UKT di UNNES 2021

Uang Kuliah Tunggal disingkat UKT merupakan biaya kuliah yang ditanggung oleh mahasiswa setiap semester yang besarnya ditentukan oleh perguruan tinggi masing-masing berdasarkan berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua/wali/penanggung biaya/sponsor.

Seperti tercantum dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Biaya Kuliah Tunggal Dan Uang Kuliah Tunggal pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi, disini kita akan menemukan dua istilah yaitu Biaya Kuliah Tunggal disingkat BKT dan Uang Kuliah Tunggal disingkat UKT.

Gedung Rumah Ilmu Universitas Negeri Semarang, dari sisi kanan (foto libraryUnnesAcId)

Biaya Kuliah Tunggal yang selanjutnya disingkat BKT adalah keseluruhan biaya operasional mahasiswa per semester pada program studi di PTN (Perguruan Tinggi Negeri).

Uang Kuliah Tunggal yang selanjutnya disingkat UKT adalah sebagian BKT yang ditanggung setiap mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonominya.

Sehingga UKT itu hanya sebagian dari BKT yang diiur oleh mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua/wali/penanggung biaya/sponsor.

Baca juga | Virtual Account (VA) Baru untuk Membayar UKT Mahasiswa UNNES (mulai) 2020, Inilah Caranya

Mengapa Muncul UKT Menunggak

Jika kita memerhatikan uraian diatas, bahwa UKT yang dibayarkan setiap semester itu, maka sama artinya bahwa sebenarnya tidak ada tunggakan UKT, jika setiap semester rutin membayar UKT selama mahaisiswa tersebut statusnya aktif.

Mahasiswa status aktif berarti mahasiswa telah melaksanakan registrasi administrasi (keuangan – bayar UKT) dan registrasi akademik (mempunyai Rencana Studi pada semester tersebut).

Apabila menunggaknya karena hutang, sedangkan ketika berhutang itu mahasiswa membuat surat pernyataan kesanggupan membayar, sehingga pertanyaannya bagaimana cara membayar tunggakan UKT, sebenarnya telah terjawab, silakan menghubungi Bagian Keuangan pusat atau saat membuat surat pernyataan dengan pihak mana.

Tetapi, seringnya mahasiswa nunggak UKT itu dikarenakan mereka non-aktif atau mangkir, kalau demikian, disamping urusan administrasi keuangan juga urusan administrasi akademik, dan silakan melapor ke Bagian Keuangan kemudian dari Bagian Keuangan yang akan meneruskan ke Bagian Akademik.

Cukup jelas ya… mengapa muncul UKT menunggak….

Gunakan Hak Cuti Kuliah

Jika memang benar-benar ada kesulitan kuangan untuk membayar UKT, setiap mahasiswa memiliki hak cuti kuliah, yaitu maksimal 2 (dua) semester berturut-turut atau 3 (tiga) semester tidak berturut-turut.

Mengapa cuti? karena apabila status mahasiswa tidak aktif selama dua semester berturut-turut maka akan terkena peraturan akademik, yaitu putus sekolah.

Kholis (Akuntansi) dan Alif AW (Pend. Ekonomi Akuntansi) – dok Kissparry

Tinggal Mengambil Matkul Tugas Akhir

Meskipun hanya tinggal mengambil tugas akhir seperti skripsi, tesis, disertasi, karya akhir, tugas akhir, maka masih ada kewajiban membayar UKT setiap semester, jika memang telah memasuki semester baru.

Anda para mahasiswa masih harus selalu mengikuti perkembangan kalender akademik yang berlaku, jika tidak ingin ketinggalan informasi.

Virtual Account Mahasiswa

Sejak semester Gasal 2020/2021 metode pembayaran menggunakan Virtual Account (VA) model baru, untuk itu Anda bisa membaca link berikut ini Virtual Account (VA) Baru untuk Membayar UKT Mahasiswa UNNES (mulai) 2020, Inilah Caranya.

Sekian, semoga bermanfaat

oleh Eswedewea
editor Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: