Renungan Kader PATRI

Renungan kader

BENAR-BENAR ORGANISASI

Makin hari jumlah dan jenis profesi yang ditekuni warga PATRI makin bertambah. Mereka tersebar di seluruh Indonesia. Mereka juga makin memahami dan memaklumi, bagaimana peran transmigrasi di daerahnya. Bagaimanapun, organisasi ini akan terus berkembang. Sesuai dengan tahapan kedewasaannya.

Setelah 13 tahun berjalan, kita perlu memikirkan. Bagaimana seharusnya peran PATRI kedepan. Jika sebelumnya kita hanya tempat cerita tentang masa kecil, atau kangen-kangenan, maka kedepan kita perlu lebih dinamis lagi. Diantaranya dengan lebih fokus untuk meningkatkan kekompakan dan kepedulian. Intinya, menguatkan soliditas organisasi.

Kita memang telah cukup banyak berkarya. Diantaranya ada: Museum Transmigrasi, PATRI Center, Kampung Inggris Transmigrasi, SMP PATRI, HW-TRANS, Paguyuban Seni Budaya, Sayap-sayap, dan berbagi kelompok kerja. Tapi semua itu belum cukup.

Kita masih perlu lebih kompak lagi. Untuk mewujudkan kekompakan, kita perlu perkuat motor penggerak. Kekuatan gerakan itu biasanya terletak pada kekuatan generasi muda dan kekuatan ruhiyah (jiwa korsa) dari kader seniornya. Maka, generasi muda anak Transmigran harus terus melebarkan sayap-sayapnya.

Karena itu, organisasi kita harus diakselerasi dengan menguatkan ruh gerakan. Sehingga postur PATRI bukan hanya dikenal dan dikenang sebagai wadah berkumpulnya para pemimpi, tetapi Organisasi yang punya kekuatan nyata. Kekuatan dahsyat yang mampu membangkitkan Indonesia.

Saatnya bergerak….
KoDe; 26.03.2017
Hasprabu

Iklan

One thought on “Renungan Kader PATRI”

  1. Transmigrasi bukan sekedar proyek atau program pemindahan penduduk. Tetapi Transmigrasi adalah Gerakan Nasional untuk mempersatukan NKRI. Pemindahan penduduk hanya salah satu cara menyilaturahimkan anak bangsa Indonesia..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.