Puasa Terpanjang dan Terpendek, di Dunia 2018

Tahun ini (2018) rata-rata kaum muslim di dunia berpuasa ramadhan berlangsung selama 15 jam. Pelaksanaan puasa ramadhan di berbagai negara berbeda-beda, dengan waktu puasa paling pendek selama 11 jam dan paling lama yaitu 21 jam, sedangkan masyarakat Indonesia berpuasa sekitar 13 jam karena berada di garis khatulistiwa.

Seperti dilansir dari SuaraMerdeka, bahwa waktu puasa itu tergantung letak negara tersebut dengan posisi garis khatulistiwa.

Kaum muslim di negara-negara di utara garis khatulistiwa mengalami waktu yang lebih panjang, sedangkan negara-negara di selatan garis khatulistiwa mengalami puasa lebih pendek. Adapun negara-negara yang dilewati atau berdekatan dengan garis khatulistiwa, seperti Indonesia, Arab Saudi, India, Pakistan puasa berlangsung antara 13 dan 16 jam.

Puasa dengan Waktu Panjang

Negara-negara dengan puasa waktu panjang, yakni negara yang berada di sebelah utara garis khatulistiwa, dengan waktu terpanjang adalah Greenland (Kulusuk) yakni 21 jam 2 menit. Diikuti Islandia (Reykjavik) selama 21 jam, Finlandia (Helsinki) selama 19 jam 56 menit, dan Norwegia (Oslo) selama 19 jam 48 menit.

Sementara itu, kaum muslim yang tinggal di kawasan utara Kanada mengalami permasalahan berbeda terkait dengan waktu puasa, karena di sana pada bulan Juni – Juli terjadi siang abadi. Pasalnya di kawasan utara Kanada setiap hari matahari selalu muncul dan tidak pernah terbenam, sehingga tidak ada malam.

Kemudian, para ulama menganjurkan kaum muslim di kawasan itu mengikuti ketentuan puasa yang berlaku di Makkah atau negara-negara kawasan Timur Tengah yang terdekat.

Puasa dengan Waktu Pendek

Negara-negara di belahan bumi selatan memiliki waktu puasa cenderung lebih singkat, yakni paling pendek negara Argentina (Buenos Aires) selama 11 jam 32 menit, Australia (Sydney) selama 11 jam 35 menit, dan Selandia Baru (Auckland) selama 11 jam 37 menit.

Puasa dengan Waktu Nyaris Ajek

Negara-negara di kawasan dekat garis khatulistiwa memiliki waktu puasa nyaris ajek, seperti yang tersebut diatas, seperti Indonesia, India, Pakistan, Arab Saudi, Malaysia, Singapura, Filipina.

Waktu Puasa Terpendek Hingga Terlama

Berikut ini selengkapnya waktu-waktu puasa di dunia dengan waktu terpendek hingga terlama.

  • 21 jam 02 menit, Greenland (Kulusuk)
  • 21 jam, Islandia (Reykjavik)
  • 19 jam 56 menit, Finlandia (Helsinki)
  • 19 jam 48 menit, Norwegia (Oslo)
  • 19 jam 20 menit, Swedia (Stockholm)
  • 19 jam 7 menit, Rusia (Moskwa) dan negara disekitarnya
  • 13 jam, Indonesia (dan sekitarnya di garis khatulistiwa: Singapura, Malaysia, Thailand, Pakistan, India, Filipina, Arab Saudi)
  • 12 jam 43 menit, Peru (Lima)
  • 12 jam 26 menit, Zimbabwe (Harare)
  • 11 jam 37 menit, Selandia Baru (Auckland)
  • 11 jam 35 menit, Australia (Sydney)
  • 11 jam 32 menit, Argentina (Buenos Aires)

Inilah sekilas mengenai lama waktu puasa di beberapa negara, dengan waktu terpendek dan terlama di dunia.

Semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s