New Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Sebutan Baru Wajah Baru

Ada yang berbeda dengan Bandar Udara Internasional Ahmad Yani di Semarang ini, bukan hanya wajah baru bandaranya yang lebih luas dan megah tetapi juga sebutannya berubah, terutama untuk penggunaan moda transportasi Online.

Sebutlah dengan New Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, bila tidak menyebut itu Anda akan diantar ke terminal bandara lama.

Wah sebutan menggunakan bahasa asing yaitu new yang artinya baru, itu untuk aplikasi, tetapi apabila percakapan boleh bilang baru.

Dan itu hanya sebutan di aplikasi online, namun kalau sudah di area bandara internasional Ahmad Yani Semarang ini, Anda akan mendengar bahasa Jawa digunakan untuk pemberitahuan kepada pengunjung, disamping bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Mandarin.

Saat Kissparry mengantar keponakan ke Bandara Ahmad Yani untuk perjalanan menuju Palembang (SMB II Palembang) beberapa waktu lalu, pesan jasa mobil online (Go-Car) dengan menyebutkan Bandara Ahmad Yani Semarang pada aplikasi tersebut.

Begitu mobil tiba ditempat penjemputan di depan rumah, driver mobil online menanyakan tujuan ke bandara Ahmad Yani ya…. tanyanya, saya jawab ya…., ia berkata maaf bapak untuk pesanan itu nanti akan saya antar ke terminal lama lewat budaran simpang susun Kalibanteng, sedangkan untuk ke terminal baru harus dipesan kembali dengan tertulisnya New Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

Ahmad_Yani_berangkat_2018-07-13 at 085355
Situasi di Terminal Keberangkatan (Check in) New Bandara Ahmad Yani Semarang (Dok. Antok – Kissparry)

Kalau begitu tolong pesanan saya di cancel (batalkan) dan dipesankan kembali atau nanti saya tambah lagi ongkosnya kalau memang berbeda, si pengemudi tidak mau ditambahi ongkosnya tetapi memilih pembatalan pesanan dan memesan kembali dengan menambahkan kata ‘New (baru) dan internasional’.

Dengan menyebut New Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang ternyata tarifnya juga berubah menjadi ditambah sekitar Rp 10.000,-. Andapun bisa menyebutnya dengan New International Ahmad Yani Airport, pokoknya ditambah NEW.

Di Pisah, Jalur Angkutan Keberangkatan dan Kedatangan

Apabila dahulu pemisahan jalur mobil pengantar dan penjemputan relatif jadi satu meskipun beda pintu, untuk diterminal baru ini jalur mobil keberangkatan dan kedatangan di pisah.

area_pintu_keberangkatan_bandara_ahmad_yani_2018-08-25 at 074651
Area terminal keberangkatan New Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Kissparry Batam hendak kembali ke Batam dari Yogya – Semarang

Jalur mobil keberangkatan di jalur selatan (berhimpitan dengan terminal) sedang jalur mobil kedatangan atau penjemputan berada di jalur utara (lebih luar).

Apabila Anda keliru jalur masih dimaklumi, tetapi harus segera menyelesaikan naik – turun atau Anda disuruh berputar kembali, seperti halnya ketika mengantar menurunkan penumpang tetapi ingin menemani yang Anda antar, untuk mengambil parkir harus memutar lagi.

Jalur Khusus Bus Rapit Transit (BRT – Trans Semarang)

Di bandara Ahmad Yani yang baru tersedia moda transportasi masal bus Trans Semarang atau BRT (Bus Rapit Transit), sedang dahulu BRT hanya sampai pintu gerbang ambil karcis mobil – motor, dengan BRT masuk terminal akan memudahkan pengguna jasa bandara memilih moda transportasi yang paling nyaman (terutama di kantong … he…e…).

Khusus jalur bus BRT Trans Semarang menggunakan jalur keberangkatan tetapi akan menjorok ke arah keluar dan dekat dengan terminal kedatangan. Dan tidak terlalu jauh, karena saat ini pintu keberangkatan dan pintu kedatangan berdekatan, yang berbeda hanya jalur mobil antar – jemput.

Bus Trans Semarang (BRT) terkoneksi ke seluruh rute yang ada di Kota Semarang dan bahkan sampai ke Ungaran (terminal Sisemut). Terminal Terboyo, melewati Stasiun kereta api Poncol dan Tawang.

Ke terminal Penggaron melalui Tugu Muda, Simpang Lima (sentral) bisa melanjutkan ke kampus UNNES Sekaran Gunungpati juga kampus Undip Tembalang.

Jalur ke barat yaitu terminal Mangkang atau ke Ngaliyan, lewat kampus UIN Walisongo Semarang.

Tempat Parkir Luas

Lokasi tempat parkir berada di depan terminal yang tidak terlalu jauh baik pintu keberangkatan maupun pintu kedatangan.

Untuk pengantaran penumpang, misal saudara, biasanya menemani hingga ke dalam gedung, maka setelah menurunkan penumpang kemudian berputar kembali untuk memarkir kendaraan. Apabila parkir di luar gedung telah penuh maka harus parkir di dalam gedung parkir berlantai 3.

Khusus untuk kendaraan roda 2 tempat parkir berada di dalam gedung sisi barat bawah, sedangkan untuk mobil bisa di depan gedung (luar gedung) atau di dalam gedung.

Untuk kendaraan penjemput yang datang lebih awal dari kedatangan pesawat sebaiknya parkir di dalam gedung, karena lebih nyaman dan tidak kepanasan. Anda bisa membayangkan panasnya bangunan baru yang pepohonan belum rindang. Dari pantauan Kissparry belum ditanam pohon rindang.

Pengantar Bisa Sampai di Dalam Gedung

Biasanya pengantaran penumpang di bandar udara hanya bisa sampai di luar gedung terminal, tetapi untuk New Ahmad Yani International Airport memang benar-benar di bikin ‘new’-baru karena pengantar bisa sampai di dalam gedung terminal, bahkan bisa santai-santai sambil melepas lelah.

ruang_rehat_bandara_ahmad_yani_2018-08-25 at 080618
Tempat rehat – istirahat sejenak bisa sambil membawa makanan atau minuman, area bebas – Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang terminal keberangkatan dalam gedung

Anda bisa membeli makanan atau minuman dan dibawa ke tempat santai ini, yang disedikan beberapa meja besar di bawah plafon dan beberapa meja dengan atap payung bundar besar.

Area ini diluar daripada stan makanan dan minuman di gedung keberangkatan, ataupun ruang tunggu (lounge) penumpang eksekutif.

area_santai_bandara_intl_ahmad_yani_Semarang-2018-08-25 at 083501
Area istirahat, sedang memandang ke jalan masuk pintu keberangkatan dalam di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang (Weanind)

Rute Perjalanan Menuju Bandara Internasional Ahmad Yani Baru

Pengguna jasa bandara Ahmad Yani untuk sampai di terminal baru memang harus sedikit memutar, dari pada terminal lama yang biasanya masuk melalui simpang susun (bundaran) Kalibanteng, sekarang harus melewati Puri Anjasmoro dan Grand Maerakaca.

Dari arah barat Mangkang, Kendal sesampai di simpang susun Kalibanteng mengambil jalan serong ke kiri menuju Puri Anjasmoro atau Grand Maerakaca, ketika perempatan ada traffic laight belok ke kiri, kemudian ikuti jalan belok ke kiri lagi. Anda nanti akan melewati Grand Maerakaca.

Sedangkan dari arah timur Demak, Jepara silakan mengambil jalan lingkar utara dan tidak perlu menuju ke kota (mungkin seperti biasanya), mengambil serong ke kanan arah pantai Marina atau Jalan Madukoro Raya terus lurus melewati Grand Maerakaca – Jateng Fair.

Apabila Anda dari arah Simpang Lima atau Tugu Muda, bisa melewati Jl Anjasmoro Raya (sebelah barat pasar Karangayu) atau bisa memutar di Taman Madukoro melalui Jalan Madukoro Raya (sebelah barat Kali Banjirkanal Barat) yang jalannya lebih luas dan mulus, karena memang dipersiapkan untuk jalan ke arah bandara.

Di terminal lama ada masjid yang tetap berfungsi, dan semoga di terminal baru juga telah mulai dibangun masjid di sebelah barat terminal, nampak kubahnya, selain sudah ada mushala di beberapa titik.

Bandara Apung Pertama di Indonesia

New Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang juga terkenal sebagai bandar udara apung pertama di Indonesia.

a_new_ahmad_yani_intl_airport_IMG_20180621_122358
Bandara Internasional Ahmad Yani Baru, bandara apung pertama di Indonesia

Begitulah bandara baru dengan wajah baru dan sebutan baru, ialah New Bandar Udara Internasional Ahmad Yani di Semarang.

Dengan lokasi yang berbeda dan area yang lebih luas, maka kedatangan Anda di bandara ini harus lebih awal, tidak seperti sebelumnya.

Kissparry

Baca juga : Terminal baru Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang Diresmikan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s