Apa (Mobil) LCGC – Murah

Kita sering mendengar istilah (mobil) LCGC, maksudnya apa ya…, ternyata LCGC itu kependekan dari Low Cost Green Car atau kalau di Indonesia-kan Mobil Hijau Murah, ringkasnya mobil murah (kalau hijau-nya mungkin yang dimaksud ramah lingkungan).

Sebenarnya mobil dinyatakan dengan harga murah itu sendiri masih relatif, namun bila dibanding dengan dekade sebelumnya kehadiran mobil murah di Indonesia atau di dunia permobilan memang sebenarnya juga tuntutan pasar, meskipun begitu LCGC merupakan sebagian program pemerintah.

Murah identik dengan kelengkapan dari mobil tersebut disematkan se-efisien mungkin atau fiturnya tidak selengkap mobil bukan LCGC. Akan tetapi sepertinya ada pergeseran dikarenakan pasar menghendaki demikian.

Mobil kemudi tanpa power staring dapat dibayangkan mengemudi mobil anyar tapi mengemudi ala mobil lawas, akhirnya pilih yang ada power staring-nya. Mobil yang tanpa power stering kurang laku akhirnya tidak diproduksi oleh prabriknya.

Produk Mobil LCGC

Hampir seluruh produsen mobil menghadirkan mobil type LCGC karena tuntutan pasar, meskipun harganya dibilang LCGC+++ (banyak plus-nya). Bagaimana tidak, dulu LCGC ada yang dipatok dengan harga kurang dari Rp 100.000.000,- (100 juta rupiah), sekarang sepertinya susah didapatkan.

Pengelompokan LCGC bisa jadi merupakan kesepakatan saja, misalnya harga mobil dibawah Rp 135 juta digolongkan kelompok LCGC juga boleh, dan kali ini sepakat seperti itu.

Mobil LCGC, contoh dari berbagai produsen mobil ternama

Ayla 1.0 D M/T. – Daihatsu

Meskipun tidak banyak yang mematok dengan harga kurang dari Rp 100 juta, namun saat ini masih ada yaitu Ayla 1.0 D M/T. – Daihatsu, dengan harga berkisar Rp 96,55 juta. Kapasitas tempat duduk 5 orang.

Go+ Panca, Go Panca – Datsun

Mobil Go+ Panca D harganya mulai Rp 97,6 juta, dengan 7 penumpang, dengan mesin berkapasitas 1.198 cc boleh jadi menjadi LCGC yang menjadi pilihan. Untuk type Style harganya berkisar Rp 120 juta.

Berbeda dengan Go Panca, kapasitas tempat duduk 5 orang, harga mulai Rp 105 jutaan hingga 110 jutaan.

Karimun Wagon R GA – Suzuki

Suzuki juga mengeluarkan Karimun Wagon R GA dengan harga mulai Rp 103 juta, berkapasitas 5 tempat duduk. Mobil ini akan hadir dengan 7 tempat duduk.

Brio Satya – Honda

Harga terendah Honda Brio berkisar Rp 132,5 juta, untuk yang generasi kedua (All New Brio Satya) harga berkisar Rp 140 jutaan.

Agya 1.0 G M/T – Toyota

Mobil Agya 1.0 G M/T merupakan kembaran dari Ayla Daihatsu ini dipatok dengan harga berkisar Rp 133,6 jutaan, dengan dapur pacu 1000 cc, dikeluarkan oleh Toyota.

Toyota Agya

Kapasitas penumpang 5 orang termasuk pengemudi cocok untuk keluarga kecil. Untuk mobil keluaran anyar New Agya harganya kisaran Rp 135 jutaan.

Sigra 1.0 D M/T – Daihatsu

Mobil Daihatsu Sigra kembaran Calya ini kapasitas mesin 1000 cc type standar manual keluaran pabrikan Astra Daihatsu dengan harga kisaran Rp 111 jutaan, sedang untuk New Sigra tipe tertingginya dipatok harga kirasan Rp 152 jutaan.

Calya 1.2 E STD M/TC- Toyota

Mobil Toyota Calya kembaran Sigra ini kapasitas mesin 1200 cc type standar manual keluaran pabrikan Toyota dengan harga kisaran Rp 132 jutaan, sedang untuk New Calya tipe ini dipatok harga kirasan Rp 135 jutaan.

Ada tiga deret kursi untuk 7 penumpang atau 6+, mobil ini ada kategori lebih sekedar LCGC karena menyentuh harga sekitar Rp 154 jutaan.

Mobil (diatas) Murah di Indonesia

Berbicara murah atau mahal itu relatif, tetapi untuk mobil yang diatas Rp 140 juta mungkin tidak dapat dinyatakan sebagai LCGC namun dinyatakan mobil (bukan) murah saja, bila dibanding mobil merah harga mencapai miliaran rupiah.

Mobil-mobil SUV/MPV ini menjadi pilihan banyak keluarga di Indonesia karena harganya juga dapat dikatakan sedikit diatas murah

  1. Honda BRV
  2. Mitsubishi Xpander
  3. Toyota Sienta
  4. Toyota Veloz
  5. Daihatsu Terios
  6. Suzuki Ertiga
  7. Wuling Confero S
  8. Honda Mobilio
  9. Nissan Evalia
  10. Toyota Avanza
  11. Daihatsu Xenia
  12. Daihatsu Luxio

Honda – BRV

Keluarga RV Honda ada CRV, BRV, HRV, WRV sekarang kita bahas BRV, mobil SUV ini terkesan sporty dengan kapasitas 7 tempat duduk. Dimensi mobil 4.456 mm P x 1.735 mm L x 1.666 mm T dan kapasitas BBM 42 liter.

Semua varian Honda BR-V mengusung mesin yang sama. Dimana mesin yang dipakainya adalah mesin 1.5 Liter SOHC 4 Silinder segaris dengan 16 buah katup dan dilengkapi teknologi i-VTEC + DBW.

Mesin berkapasitas 1.497cc tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 120 PS pada putaran 6.600 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya mencapai 145 Nm pada putaran 6.400 rpm. 

Harganya mulai Rp 238 jutaan hingga Rp 269 jutaan, tentu sama dengan dua kali lipat LCGC.

Mitsubishi – Xpander

Mitsubishi yang terkenal memproduksi Pajero mobil kelas menengah atas ini mengeluarkan yang lebih murah dengan nama Xpander, mungkin ini pengembangan dari Kuda, yang jelas dulu ada Mitsubishi Kuda.

Xpander termasuk kelas MPV ini dibanderol harga paling rendah Rp 217,6 juta dan tipe tertingginya Rp 258 jutaan. Kapasitas 7 tempat duduk dengan mesin 1,5 l 4 silinder.

dll

Semoga menambah pengetahuan kita tentang mobil murah di Indonesia

WeanindNews
Editor Kissparry

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.