Berita Utama

Cara Mengatasi Suasana Tarawih Hari Pertama Ramadhan selalu Mbludak

Mbludak adalah bahasa Jawa yang identik dengan nyaris tidak muat atau bahkan tidak muat karena melebihi kapasitas, tarawih pertama kedua biasanya seperti ini.

Hal itu seperti terjadi di mushola dekat maskas Kissparry Semarang, selalu seperti itu, bahkan saya sendiri harus rela shalat dipelataran karena datang sedikit terlambat. Kalau pun tidak terlambat diawal puasa untuk tarawih hari pertama, kedua, dan beberapa hari kedepan biasanya saya selalu dibelakang untuk mengatur anak-anak terutama yang shalat tarawih, hal itu saya lakukan karena saya kebetulan juga kepala TPQ disini, jadi mengalah untuk mengawasi anak-anak yang dibelakang.

Suasana tarawih hari pertama malam ke-2 ramadhan 1440 – 2019 di mushola Nur Hidayah Tegalsari Candisari Kota Semarang

Mushola yang terdekat dengan tempat tinggal Kissparry Semarang bernama mushola Nur Hidayah, nama Nur Hidayah pernah dicoba diganti dengan Nurul Hidayah. Oleh tokoh-tokoh masyarakat setempat kemudian mengembalikan lagi ke Nur Hidayah karena sesaui dengan Akta Tanah yang dimilikinya. TPQ yang ada disini juga diberi nama TPQ Nur Hidayah.

Menggunakan semua ruang yang ada

Anak-anak TPQ Nur Hidayah yang jumlahnya sekitar 80-an lebih, ini memerlukan ruang khusus, dan seperti tahun sebelumnya, ruang kelas juga digunakan untuk shalat tarawih, karena ruang ini bersebelahan dengan ruang utama, berada disebelah kiri, untuk jamaah santri putri, biasanya ibu-ibu yang tidak mendapat tempat di samping kanan pilar juga akan masuk ketempat samping kiri.

Ruang Kelas TPQ untuk tarawih, masih dalam satu tempat, mushola Nur Hidayah Tegalsari

Sehingga yang terjadi adalah jamaah putra (bapak-bapak) diapit oleh jamaah ibu-ibu di kanan dan di kirinya. Untuk jamaah putra bila tidak mendapat tempat diruang utama harus rela shalat di pelataran, yang hanya memuat satu baris.

Menambah Tratak atau Payon

Cara lain jika masih tidak menampung yaitu dengan menambah tratak atau payon. Tetapi cara ini perlu menambah biaya, sedangkan ditempat kami sudah tidak mungkin, karena depannya jalan poros kampung. Diseberang jalan sudah ditambah dengan cor beton, ini bisa dimanfaatkan.

Dan yang jelas, pengurus sedang mengusahakan dengan akan ditingkatnya tempat ini. Oleh sebab itu bagi yang ingin bersedekah atau beramal jariyah dipersilakan, menghubungi kami.

Bukan hanya untuk shalat, tetapi untuk pembelajaran Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) yaitu TPQ Nur Hidayah Tegalsari.

Kultum, Ceramah Singkat

Ceramah singkat yang biasa disebut dengan Kultum (Kuliah Tujuhmenit), diselenggarakan ditempat ini, tetapi untuk tahun ini tidak terjadwal, jadi yang ingin mengisi langsung dipersilakan dengan memberitahukan kepada pengurus.

Kultum tarawih 2019

Mushola ini juga belum memiliki mimbar, sehingga untuk pengisi kultum langsung berhadapan dengan jamaah.

Wassalam

oleh Eswede Weanind
editor Eswedewea

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.