Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri (SM) UNNES 2022 D3 & S1 Reguler Telah Dibuka dengan Kuota 3187, Inilah Prosedurnya

UNNES membuka penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) tahun 2022 mulai 24 Mei – 2 Juli 2022, melalui laman http://penerimaan.unnes.ac.id dengan kuota data tampung 3.187.

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru program S-1 dan D-3 yang diselenggarakan secara mandiri dengan tes berbasis komputer dan penilaian portofolio  oleh Universitas Negeri Semarang, dikutip dari lama penerimaan Unnes.

Kuota daya tampung pada SM-UNNES 2022 ditetapkan sejumlah 3.187 yang tersebar kedalam 8 (delapan) Fakultas dan 72 Program Studi. Setiap peserta SM-UNNES dapat memilih 2 (dua) program studi.

Sebelum mendaftar ada beberapa hal yang harus diketahui calon peserta, yaitu mendaftar hingga memeroleh Virtual Account (VA) pendaftaran atau PIN pendaftaran, kemudian membayar biaya pendaftaran, kemudian mencetak bukti pendaftaran, dan setelah itu peserta harus mencetak kartu peserta ujian.

Ketika calon peserta belum mencetak Kartu Peserta SM-UNNES 2022 berarti, kepesertaannya belum sah atau belum terdaftar.

Sebagai peserta SM-UNNES, tes seleksi berbasis komputer, Anda boleh memilih akan tes dari rumah atau tes di kampus UNNES, jika tes dari rumah disebutnya lokasi sesuai domisili, maka pastikan Anda saat mendaftar nanti akan memilih yang mana untuk tes-nya.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran peserta SM-UNNES (termasuk pemegang kartu KIP-K) dibayar melalui Bank BNI 46 dan Bank BTN di seluruh Indonesia dengan menunjukkan nomor pembayaran berupa Virtual Account (VA). Biaya pendaftaran tersebut meliputi:

  1. Biaya pendaftaran peserta SM-UNNES 2022 sebesar Rp 250.000,– (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
  2. Prodi yang mensyaratkan penilaian portofolio (prodi seni dan olahraga) dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 150.000,– (seratus lima puluh ribu rupiah).

Prosedur Pendafataran

Rangkaian pendaftaran ini sesuai dengan rentang waktu yang telah ditentukan

Langkah-langkah pendaftaran SM-UNNES 2022 adalah sebagai berikut:

  1. Membuka laman https://sm.unnes.ac.id
  2. Mengisi biodata;
  3. Mengisi formulir pendaftaran secara online untuk memperoleh kode Virtual Account (VA) sebagai syarat pembayaran biaya pendaftaran SM-UNNES 2022;
  4. Memilih program studi yang diminati;
  5. Dengan menggunakan kode Virtual Account (VA), calon peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran dengan besaran sesuai dengan pilihan prodi yang diambil. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank BNI atau Bank BTN channel teller, ATM, internet banking  di seluruh Indonesia;
  6. Setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran, peserta mengisikan nilai rapor semester 1-5 (nilai pengetahuan) dan prestasi;
  7. Peserta mengunggah file scan dokumen rapor semester 1-5;
  8. Peserta yang memilih program studi seni dan olahraga mengunggah dokumen portofolio sesuai dengan ketentuan;
  9. Peserta mengunduh dan mengisi borang kesanggupan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), ditandatangani orang tua/wali di atas meterai Rp. 10.000,- kemudian diunggah kembali;
  10. Mencetak bukti pendaftaran Seleksi Mandiri;
  11. Mencetak Kartu ujian Seleksi Mandiri sesuai jadwal yang ditentukan;
  12. Mengikuti tes sesuai jadwal dan pilihan lokasi di UNNES atau domisili.

Kalender Pendafataran

Pendaftaran Seleksi Mandiri UNNES untuk Program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) yang dilayani full online  melalui http://penerimaan.unnes.ac.id  setiap calon peserta harap memperhatikan jadwal-jadwal berikut ini.

No.KegiatanJadwal
1.Pendaftaran Online24 Mei s.d. 2 Juli 2022
2.Pembayaran Pendaftaran24 Mei s.d. 4 Juli 2022 (pukul 12.00 WIB)
3.Pencetakan Kartu Ujian8 s.d. 11 Juli 2022
4.Unggah dokumen Portofolio (peserta uji keterampilan)2 Juni s.d. 5 Juli 2022
5.Tes berbasis Komputer lokasi di UNNES13 s.d. 18 Juli 2022
6.Tes berbasis Komputer di rumah (domisili)19 s.d. 20 Juli 2022
7.Pengumuman Hasil Seleksi26 Juli 2022

Satu lagi untuk sahabat muda, setelah diterima nanti tidak boleh pindah Jurusan atau pindah Prodi, jadi pastikan pilihan Anda sudah tepat… ya.

Sekian informasi tentang SM-UNNES 2022 untuk Reguler S1 dan D3, semoga bermanfaat.

Selamat mengikuti SM-UNNES 2022 semoga berhasil.

Salam

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca