Ragam

Propolis Itu Apa Masih Keluarga Madu | Sangat Baik untuk Kesehatan

Propolis, royal jelly, dan madu dihasilkan oleh lebah madu sehingga memang bagus untuk kesehatan, namun dari yang saya sebutkan tersebut yang paling banyak dijumpai adalah madu, sementara propolis dan royal jelly lebih terbatas roduksinya, karenanya harga biasanya lebih mahal daripada madu.

Propolis boleh dikatakan masih keluarga madu, Propolis adalah produk sampingan berupa getah yang dihasilkan oleh lebah madu, sehingga sudah barang tentu propolis juga banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Mengutip dari Hellosehatcom, Propolis adalah produk sampingan berupa getah yang dihasilkan oleh lebah madu. Ketika lebah mencampurkan getah pohon dengan zat alami dari dalam tubuh, lebah akan menghasilkan zat lengket berwarna coklat kehijauan untuk melapisi sarang mereka. Nah, zat lengket berwarna coklat kehijauan inilah yang disebut dengan propolis.

Lebah madu

Lebah madu akan mengumpulkan getah dari berbagai tanaman untuk mengisi celah dan lubang-lubang pada sarang mereka. Hal ini dilakukan untuk melindungi sarang dari ancaman luar, seperti mikroba dan hewan pemangsa.

Ribuan tahun lalu, saat peradaban kuno, banyak orang menggunakan propolis karena khasiatnya untuk menyembuhkan berbagai penyakit, dikutip dari oramicoid.

Misalnya, orang Yunani menggunakan propolis untuk mengobati abses.

Sedangkan orang Asiria mengoleskan propolis pada luka bahkan tumor untuk melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan.

Sementara itu, orang Mesir menggunakan propolis untuk membalsem mumi agar lebih awet.

Meski begitu, komposisi propolis bervariasi tergantung lokasi, pohon, dan bunga yang dihinggapi oleh si lebah. Contohnya, propolis dari Eropa dan Brazil tidak memiliki kandungan kimia yang dapat menyulitkan para peneliti untuk mengambil sampel dan kesimpulan mengenai manfaat kesehatannya.

Lebah Madu (Doc. Wildan Kissparry Sekayu)

Hingga kini, peneliti telah mengidentifikasikan lebih dari 300 senyawa dalam propolis. Mayoritas senyawa ini merupakan polifenol yakni antioksidan yang berguna melawan penyakit dan kerusakan dalam tubuh.

Secara spesifik, propolis mengandung polifenol yang disebut flavonoid.

Flavonoid diproduksi dalam tumbuhan sebagai bentuk perlindungan.

Mereka biasanya ditemukan dalam makanan yang dianggap memiliki sifat antioksidan, termasuk buah-buahan, teh hijau, sayuran, hingga anggur merah.

Propolis diduga memiliki sifat antibakteri, antivirus, antijamur, dan antiradang.

Kandungan nutrisi propolis

Kandungan propolis sangat bervariasi tergantung dari lokasi sarang dan jenis pohon atau bunga yang diisap lebah. Sebagai contoh, madu propolis dari Eropa tidak akan mengandung komposisi yang sama seperti madu propolis Brazil. Itu kenapa setiap hasil penelitian akan memperlihatkan kandungan nutrisi yang berbeda, tergantung dari mana lebah tersebut berasal.

Meski begitu secara umum para peneliti telah menemukan setidaknya ada 300 jenis senyawa aktif yang terkandung dalam herbal ini.

Beberapa di antara resin, balsam, minyak aromatik, serbuk sari, dan bahan organik lainnya. Kebanyakan senyawa tersebut terkandung dalam bentuk polifenol dan flavoloid. Baik itu polifenol maupun flavoloid termasuk antioksidan yang dapat melawan penyakit dan kerusakan pada sel-sel tubuh.

Manfaat propolis untuk kesehatan

Propolis sangat dikenal untuk terapi berbagai macam penyakit, namun pemakaian berlebihan sangat tidak dianjurkan, terutama propolis murni, sehingga saat ini propolis ini hanya ditambahkan dalam sebuah produk, misalnya madu mengandung propolis, propolis plus.

Dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan, para peneliti percaya menduga bahwa sifat antibakteri, antivirus, antijamur, dan antiradang dalam herbal ini dapat membantu memberikan perlindungan tubuh terhadap berbagai macam penyakit.

1 | Mengobati Luka

2 | Memiliki efek anti Kanker

3 | Mengontrol kadar gula darah dan kolesterol

Salah satu manfaat propolis yang sudah cukup terkenal adalah mengurangi kolesterol dan gula darah. Beberapa riset menunjukkan bahwa propolis dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah terjadinya resistensi insulin yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Selain itu, propolis juga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Efek ini menjadikan propolis baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung.

Sayangnya, penelitian tersebut masih terbatas pada studi berskala kecil. Hingga saat ini, masih diperlukan riset lebih lanjut untuk menilai efektivitas dan keamanan manfaat propolis yang satu ini.

4 | Mengatasi radang gusi (kesehatan gigi dan mulut)

5 | Meredakan gejala herpes genital

6 | Menjaga kesehatan kulit

Perlu Perhatian sebelum menggunakan Propolis

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi propolis, atau mungkin boleh mencari propolis yang diproduksi dalam kadar yang lebih aman.

Namun perlu memerhatikan jika Anda adalah :

1 | Asma dan Alergi

Beberapa ahli percaya bahwa sejumlah bahan kimia dalam propolis dapat memperburuk asma yang dideritanya. Selain itu, jika Anda memiliki alergi terhadap produk lebah sebaiknya hindari konsumsi propolis.

2 | Penyakit atau gangguan perdarahan

Jika mengalami penyakit atau gangguan perdarahan, sebaiknya hindari propolis. Senyawa yang terkandung dalam propolis mungkin dapat mengganggu proses pembekuan darah, sehingga bisa berisiko mengalami perdarahan.

Anda juga sebaiknya tidak mengonsumsi suplemen atau produk herba yang mengandung propolis setidaknya selama 2 minggu, jika hendak menjalani operasi.

3 | Ibu hamil atau menyusui

Hingga saat ini, belum banyak riset yang menunjukkan efek dan keamanan propolis pada ibu hamil dan menyusui. Oleh karena itu, ibu hamil atau menyusui sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi propolis.

Propolis umumnya aman jika dikonsumsi sesuai petunjuk penggunaan yang tertera di kemasan produknya. Namun, apabila memiliki kondisi medis atau penyakit tertentu, Anda sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter sebelum mengonsumsi propolis.

Beli Produk yang Aman dan terdaftar di BPOM

Selain itu, saat hendak membeli atau mengonsumsi propolis, pastikan bahwa produk tersebut sudah terdaftar di BPOM sehingga keamanannya lebih terjamin.

Contoh Produk | Prima Propolis Plus dari B Erl

Contoh kemasan Propolis | 10 ml |
Prima Propolis Plus by B Erl

Salam

Kategori:Ragam

Tagged as: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.