Inilah Lokasi Tes UTBK SBMPTN 2022 Pusat UTBK 356 Universitas Negeri Semarang, Mudah Dicari Hanya di Satu Komplek Rektorat

Halo sahabat muda semuanya, Anda yang akan melakukan tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN (17/5 – 23/5 dan 28/5 – 31/5 sesuai jadwal masing-masing) di Pusat UTBK 356 Universitas Negeri Semarang, tak perlu risau, sebab lokasinya gampang dicari.

Lokasi tes UTBK SBMPTN 2022 untuk Pusat UTBK 356 Universitas Negeri Semarang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, namun ada yang sama yaitu masih di eks Gedung Perpustakaan yang sekarang menjadi Gedung Kearsipan.

Lokasi yang satunya ada di gedung baru namanya Unnes Digital Center, yang letaknya tidak jauh berbeda, bahkan nanti parkirnya bisa hanya disatu tempat saja.

Gedung Digital Unnes Center hanya selang satu gedung, yaitu gedung Rektorat Universitas Negeri Semarang.

Jika Gedung Kearsipan berada di sebelah kanan Gedung Rektorat UNNES, maka gedung UNNES Digital Center ada disebelah kiri belakang gedung Rektorat dekat masjid Rektorat atau masjid Ash-Shidiqi.

Lalu didepan Gedung Rektorat ada Gedung Auditorium Prof. Wuryanto, maksudnya para pengantar bisa memanfaatkan lokasi yang luas untuk sekadar beristirahat.

Jika kita mencari di Google dengan Universitas Negeri Semarang, gedung digital center belum tampak karena ini merupakan gedung baru.

Dimana Anda Melaksanakan Tes UTBK Lihatlah Kartu Tanda Peserta

Ini adalah pesan dari kami, agar Anda benar-benar melihat jadwal tes dan tempat tes, dimana akan langsung tampak jelas waktu dan tempatnya.

Jangan sampai salah alamat, termasuk jangan sampai salah tanggal.

Termasuk keterlambatan masuk ruangan, juga akan memengarusi sukses Anda mengikuti seleksi SBMPTN melalui UTBK tersebut.

Menuju Kampus UNNES Pusat UTBK 356

Untuk menuju kampus UNNES, cukup mudah ya, dengan bantuan Google Maps atau aplikasi peta yang lainnya, sebut saja kata kuncinya dengan UNNES atau Universitas Negeri Semarang.

Kampus UNNES terletak di Kelurahan Sekaran Kecamatan Gunungpati, termasuk daerah atas barat daya pusat Kota Semarang, dari Simpang Lima Kota Semarang berjarak sekitar 11 km.

Jika Anda dari Solo, Yogyakarta, Ngawi, Madiun maka jalan yang dilalui saat di Ungaran (Kab. Semarang) silakan menuju ke Gunungpati, kira-kira jaraknya juga 11 km, nanti sampai di Sumurrejo silakan belok ke kanan.

Menjadi perhatian yaitu kemungkinan kepadatan jalan, tetapi kalau macet sih nggak, karena sudah ada lampu pengatur lalu lintas.

Jika Anda dari Batang, Pekalongan, dan Jakarta maka jalan yang dilalui yaitu simpang susun Kalibanteng yang dulu bundaran Kalibanteng, arahkan ke Pamularsih atau simpang ke-4 (simpang ke-1 ke Bandara lama, simpang ke-2 ke bandara baru/Surabaya, simpang ke-3 ke arah kota atau Tugu Muda – Simpang Lima).

Untuk mobil bisa masuk untuk droping penumpang peserta, kemudian parkir ikuti arahan petugas, sedangkan sepeda motor langsung parkir di parkiran PKM melalui pintu parkir roda dua sisi selatan gerbang utama.

Gedung Kearsipan

Gedung Kearsipan dahulu dikenal dengan gedung perpustakaan, sementara gedung perpustakaan yang baru sekarang bernama Gedung Rumah Ilmu.

Gedung Kearsipan ini dirancang tidak memiliki tempat parkir, karena tempat parkir didepan gedung sudah disulap menjadi taman yang indah. Lalu, parkirnya dilokasi terdekat, biasanya di Kampung Budaya, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), atau parkir di sekitar auditorium (silakan mengikuti petunjuk dari petugas dilokasi).

Gedung G – Kearsipan UNNES Sekarang komplek kampus barat (foto 11-05-2022)

Hal ini perlu saya sampaikan, agar para peserta juga memperkirakan jarak antara tempat parkir dengan lokasi tes. Lokasi parkir di samping Auditorium (gedung PKM) jaraknya sekitar 160 m untuk ke Gedung Kearsipan atau jarak sekitar 100 m untuk ke Gedung UNNES Digital Center.

Dari tempat parkir itu kita bisa menikmati taman-taman yang indah, seperti air menari di halaman depan Gedung Rektorat.

Tempat parkir dibelakang gedung Rektorat atau parkiran gedung IT biasanya digunakan untuk parkir petugas, sedangkan peserta parkir di PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa) melalui pintu utama (barat), kalau dari tengah juga akan diarahkan ke sini.

UNNES Digital Center

Gedung Unnes Digital Center merupakan gedung baru di kampus UNNES Sekaran, dan dari namanya sudah dapat ditebak kalau gedung ini digunakan untuk pusat data.

Gedung ini terletak dibelakang gedung IT atau berada di kiri belakang dari Gedung Rektorat, tepatnya didepan Masjid Ash-Shidiqi.

Sebelah kirinya dari gedung UNNES Digital Center adalah tempat parkir mobil (samping kanan auditorium) sementara untuk parkir motor berada di samping kiri auditorium.

Gd UNNES Dgital Center – komplek Unnes Sekaran kampus barat (foto 11-05-2022)

Masuk ke dalam gedung lokasi tes UNNES Digital Center melalui pintu sebelah barat gedung, sedangkan pintu keluar melalui pintu depan gedung, atau ikuti petunjuk arah dan arahan petugas.

Pintu masuk dari sebelah barat gedung atau parkir mobil pegawai

Ruang Tunggu yang Nyaman

Untuk peserta tes UTBK di Pusat UTBK 356 Universitas Negeri Semarang jangan khawatir untuk menunggu, sebab disediakan ruang tunggu yang sangat nyaman.

Di ruang tunggu tersebut silakan mengikuti arahan dari petugas atau panitia.

Masjid Ash-Shidiqi Rektorat UNNES

Masjid, selain untuk beribadah, bisanya juga digunakan untuk sekadar beristirahat. Lokasinya berada di samping kanan Gedung UNNES Digital Centar.

Jika dari Gedung Kearsipan, lokasi masjid ini silakan ke arah gedung rektorat, sebab lokasinya ada di samping kiri belakang.

Kantin Rektorat

Kantin berada disamping kiri Gedung Kearsipan atau di belakang Gedung Rektorat, atau di depan Gedung IT, sehingga untuk menuju ke kantin cukup dekat.

Terkait untuk konsumsi (makan – minum), selain di kantin Rektorat juga ada di KWU Simpan Tujuh atau warung didepan KWU juga ada.

Warung-warung didepan pintu gerbang utama juga bisa membantu anda yang membutuhkan untuk menambah energi.

Masuk ke Lokasi Gedung Tes UTBK

Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap gedung untuk lokasi tes UTBK sudah disediakan kursi-kursi untuk istirahat peserta, dengan jumlah kursi yang cukup tersedia untuk setiap sesinya.

Disamping itu juga, akan disediakan salurah air untuk pembersih tangan atau cuci tangan.

Oleh sebab itu, Anda jangan terlambat tiba dilokasi gedung untuk tes tersebut. Ingat, di Pusat UTBK 356 UNNES hanya ada 2 lokasi tes, yaitu Gedung Kearsipan dan Gedung Unnes Digital Center.

Pintu Gerbang Utama (Barat)

Begitu masuk lokasi melalui pintu gerbang utama, yang ada Patung Garuda-nya, saat berjalan sekitar 100 meter Anda akan melihat di pandangan depan yaitu Gedung Kearsipan (Anda melewati Tugu Konservasi).

Pintu gerbang utama kampus UNNES Sekarang (komplek kampus barat)

Sedangkan untuk menuju ke Gedung Unnes Digital Center maka Anda harus kearah kanan melului samping kanan dan belakang Gedung Kearsipan, kemudian samping kiri akan melewati Gedung Rumah Ilmu, Gedung Dekanat FMIPA, disamping kanan akan terlihat kantin Rektorat, Gedung Rektorar bagian belakang, Gedung IT dan sampai ke lokasi di Gedung Unnes Digital Center.

Perjalanan anda di lokasi dalam hitungan detik, kecuali jalanan padat maka bisa beberapa menit.

Apabila Anda masuk dari pintu gerbang utama, maka Anda akan ditanya petugas akan tes dimana? Jika di Gedung Kearsipan, mungkin tempat parkir Anda ada di Komplek Fakultas Bahasa dan Seni.

Namun, apabila Anda akan mengikuti tes di Gedung UNNES Digital Center, Anda akan diarahkan parkir di belakang Auditorium bagi mobil dan di samping kiri auditorium bagi pemotor.

Pintu Gerbang Tengah (Simpang Tujuh)

Pintu gerbang UNNES untuk masuk ke komplek barat Kampus UNNES Sekaran, menggunakan pintu disamping kanan Gedung KWU atau samping gedung FMIPA.

Samping kiri gedung KWU digunakan untuk pintu keluar, melalui Simpang Tujuh.

Pintu gerbang menuju kampus Unnes komplek barat (kondisi 11-05-2022)

Disini nanti Anda mungkin akan ditanya akan tes di mana, Gedung Kearsipan atau Gedung Unnes Digital Center, karena ini terkait tempat parkir Anda.

Dari pintu tengah (samping KWU), sisi kanan akan terlihat KWU kemudian Gedung Rumah Ilmu sementara di sisi kiri adalah komplek Gedung FMIPA.

Tampak didepan anda memandang (pertigaan) merupakan gedung Kearsipan tampak belakang.

Jadi Mudah Dicari

Lokasi tes UTBK 356 UNNES mudah dicari, yang penting Anda jangan datang mepet dengan waktu tes dimulai.

Ingat di komplek kampus barat ini jalanan semuanya searah, ikuti petunjuk arah atau arahan petugas, dan lokasi tes hanya satu komplek dalam satu lingakaran jalan.

Sekian dulu sahabat muda semuanya, semoga Anda sukses.

Baca juga : Inilah 5 (Lima) Hal Sederhana, Persiapan Agar Lolos UTBK-SBMPTN 2022

Salam

oleh Taufik *)
editor Eswedewea

*) dari berbagai sumber, penulis adalah mahasiswa UNNES Jurusan Bimbingan dan Konseling semester 2 (dua)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.