Manfaat Waluh atau Labu Kuning Diantaranya untuk Kesehatan Kulit | Inilah Manfaat Waluh Lainnya

Waluh (Jawa) atau Labu kuning (Cucurbita moschata) merupakan salah satu jenis buah yang kerap dikonsumsi sebagai campuran kolak, kue, sup, dan puding.

Waluh juga bisa diolah dengan cara dikukus, ditumis, hingga dipanggang atau dibakar, dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kami tertarik mengenai manfaat waluh atau labu kuning, saat muncul di acara Jejak Si Gundul pada stasiun televisi Trans 7, yaitu untuk kesehatan kulit.

Tentu dalam jangka pemakaian lama, dikarenakan ini termasuk makanan atau herbal, butuh kesabaran.

Dikutip dari alodokterdotcom, dalam seporsi labu kuning atau setara sekitar 250 gram, terkandung 50 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

  • 2 gram protein
  • 12–15 gram karbohidrat
  • 0,1 gram lemak
  • 2,5 gram serat
  • 800–900 mikrogram vitamin A
  • 20 miligram vitamin C
  • 50 miligram kalsium
  • 25 miligram magnesium
  • 400–500 miligram kalium
  • 0,7–1 miligram zinc
  • 1,5–2 miligram zat besi

Dalam memasak labu kuning atau waluh biasanya bukan hanya buahnya tetapi juga bersama bijinya, karena bijinya juga enak dimakan.

Labu kuning juga mengandung vitamin B, vitamin K, folat, serta beragam antioksidan, seperti antosianin, lutein, kolin, dan karoten. 

Berkat kandungan nutrisinya yang cukup lengkap, labu baik dikonsumsi oleh siapa pun, baik anak-anak, orang dewasa, dan ibu hamil.

Beberapa Manfaat Waluh (Labu Kuning) untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat labu kuning untuk kesehatan yang harus Anda ketahui, dikutip dari hellosehat.com.

1. Membuat kenyang lebih lama (Menurunkan Berat Badan)

Jika Anda sedang mencoba menurunkan berat badan, labu kuning bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan makanan diet.

Selain rasanya yang enak, labu kuning dapat memberi manfaat berupa penurunan berat badan karena rendah kalori dan karbohidrat.

Tidak hanya itu, makan labu kuning bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Hal ini dikarenakan labu memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga berfungsi untuk memperlambat proses pencernaan.

Rasa kenyang lebih lama dapat membuat terhindar dari berbagai camilan yang memicu kenaikan berat badan.

2. Menajamkan penglihatan

Kandungan betakaroten yang terdapat pada labu kuning menjadikan buah ini kaya kandungan vitamin A.

Betakaroten, yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, berfungsi untuk membantu retina menyerap dan memproses cahaya.

Pasalnya, penurunan fungsi retina bisa menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani dengan baik.

Selain itu, labu kuning juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang bisa membantu mencegah katarak dan memperlambat perkembangan degenerasi makula.

3. Mempercantik kulit

Manfaat labu kuning lainnya adalah merawat kecantikan kulit. Labu kuning kaya kandungan berbagai vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang diperlukan tubuh agar tetap sehat dan muda.

Bahkan, lebih dari itu, buah yang satu ini juga mampu menjadikan kulit terasa kenyal dan lembut.

Kandungan betakaroten dalam labu menghasilkan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan mencegah radiasi dari sinar UV.

Itu sebabnya, menyantap makanan yang kaya kandungan betakaroten, termasuk labu kuning, berpotensi membuat Anda lebih awet muda.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Menariknya, makan labu kuning bisa jadi salah satu cara memperbaiki sistem kekebalan tubuh guna menangkal berbagai macam penyakit.

Kandungan vitamin A yang berlimpah dalam labu kuning memberi manfaat agar tubuh terhindar dari virus dan penyakit menular.

Bahkan, minyak labu dapat membantu melawan berbagai infeksi bakteri dan jamur.

Tidak hanya itu, karena labu kuning mengandung hampir 20% dari jumlah vitamin C harian yang disarankan.

Ini tentu membantu Anda pulih dari pilek lebih cepat.

Itu sebabnya, menyantap sup labu kuning di musim hujan yang dingin bisa Anda lakukan untuk mencegah terserang penyakit, seperti flu, pilek, dan batuk-batuk.

5. Mencegah kanker

Manfaat selanjutnya dari buah berwarna kuning ini adalah mengurangi risiko Anda terkena penyakit kanker.

Kandungan betakaroten yang tinggi pada labu selain bagus untuk mata dan kulit juga bisa membantu mencegah kanker.

Selain itu, kandungan antioksidan dari vitamin A dan C dalam labu kuning bertindak sebagai pelindung sel-sel tubuh Anda dalam melawan radikal bebas penyebab kanker.

6. Memelihara kesehatan jantung

Kandungan folat, karotenoid, dan magnesium di dalam labu kuning membuatnya kaya manfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Magnesium bekerja untuk merelaksasi pembuluh darah agar dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya penyakit stroke maupun serangan jantung.

Selain itu, labu kuning bisa mencegah terjadinya aterosklerosis.

Aterosklerosis adalah kondisi di mana dinding pembuluh darah arteri mengeras akibat penumpukkan lemak pada dinding dalamnya.

7. Menurunkan tekanan darah

Labu kuning sangat kaya kandungan kalium. Ternyata, menyantap makanan yang mengandung kalium sama pentingnya dengan mengurangi asupan natrium untuk menurunkan tekanan darah.

Asupan kalium ke dalam tubuh juga mengurangi kemungkinan Anda untuk terserang stroke, pembentukan batu ginjal, dan mempertahankan kepadatan tulang.

Selain labu, makanan lain dengan kandungan kalium yang tinggi adalah nanas, tomat, jeruk, bayam, dan pisang.

8. Memperlancar pencernaan

Sering mengalami masalah pencernaan? Menurut situs UCSF Health, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi banyak serat agar pencernaan lebih lancar.

Nah, manfaat ini bisa Anda dapat dari labu kuning karena buah ini juga mengandung serat yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda.

Konsumsi labu kuning yang cukup akan membantu Anda terhindar dari konstipasi alias sembelit sekaligus memiliki jadwal BAB yang lebih teratur.

Itulah beragam khasiat kesehatan dari buah labu kuning. Anda bisa menikmati buah ini dengan cara dimakan langsung, atau dicampurkan dengan makanan lain, seperti kue dan sup.

Semoga bermanfaat, yang jelas saya akan mencobanya.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.