Agenda

Cara Registrasi Mahasiswa UNNES Jalur SNMPTN, Inilah Videonya

Pertama, kami menyampaikan selamat atas diterimanya anda semua sebagai calon mahasiswa baru SNMPTN di seluruh Indonesia, dan terkhusus yang diterima di UNNES.


Kedua, ingat saat dinyalakan lolos seleksi jalur SNMPTN bukan berarti sudah dinyatakan sebagai mahasiswa tetapi masih calon mahasiswa, jadi harus mengikuti kegiatan selanjutnya.

Ketiga, dua ribu lebih calon mahasiswa UNNES dari jalur SNMPTN perlu mengetahui, langkah yang harus dilakukan setelah dinyatakan diterima melalui jalur ini.

Selanjutnya, ringkasan tata cara pendaftaran ulang silakan lihat di tayangan video berikut ini (sumber medsos). Besaran Video 13,3 MB, durasi 00.02.05 (2 menit dan 5 detik), tipe mp4. Selamat mengikuti.

Tayangan video tata cara pendaftaran ulang (registrasi) calon mahasiswa UNNES yang lolos seleksi SNMPTN 2019

Tata Cara dan Urutan

Urutan yang harus dilakukan, bagi calon mahasiswa baru UNNES jalur SNMPTN tahun ini adalah seperti berikut ini.

  • Mengisi Data Pokok (Dapok) tahap I melalui laman http://datapokok.unnes.ac.id, lihat tanggalnya jangan sampai terlewatkan. Khusus calon penerima Bidikmisi lihat tanggalnya, ada beda waktu pengisian. Data pokok ini untuk menentukan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) termasuk menentukan lolosnya beasiswa Bidikmisi, dan masih ada gunanya sebagai database dasar.
  • Mengirim fotokopi raport yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah ke Bagian Akademik UNNES Gedung H (Rektorat) lantai 1 Kampus Sekaran Gunungpati Kota Semarang, Jawa Tengah, Kodepos 50229 (ingat batas pengirimannya).
  • Lihat pengumuman UKT dan Seleksi Bidikmisi, setelah itu Anda bayar UKT termasuk yang tidak lolos Bidikmisi.
  • Membayar UKT melalui bank BTN, BNI, BRI, diseluruh Indonesia (online), pembayaran bisa dengan cara SPC (dengan key Nomor Kartu Peserta SNMPTN)
  • Kembali lagi online laman Pengisian Data Pokok, tahap II,
    (http://datapokok.unnes.ac.id), untuk kelengkapannya setelah Anda melakukan pelunasan pembayaran (Bidikmisi = lunas). Dengan mencetak semua formulir registrasi secara mandiri dengan online.
  • Selanjutnya ikuti TES KESEHATAN di Pusat Layanan Kesehatan (Puslakes UNNES) sesuai jadwal.
  • Terakhir melakukan Verifikasi Lapor Diri dengan waktu yang telah ditentukan, dengan membawa dokumen hasil cetakan dari Data Pokok, disertai data pendukung termasuk SKL.
  • Selesai, Anda sudah menjadi mahasiswa UNNES

Ayo langkah diatas kita tinjau sedikit saja, langkah dan caranya seperti apa.

Cara Mengisi Data Pokok (Tahap Pertama)

Apabila anda kurang paham dengan cara mengisi data pokok, ada baiknya pelajari petunjuk pengisian formulir tersebut, karena data ini sangat penting.

Usahakan dengan data yang benar, jangan dimanipulasi termasuk golongan darah misalnya, jika tidak tahu jangan diisi tahu dengan menyebutkan sekadarnya.

Komponen data utama bahan yang harus disiapkan sebelum mengisi Data Pokok, Tahap Pertama, nantinya ada tahap kedua setelah pengumuman UKT, sebaiknya data-data tersebut di-scan (jpg/pdf).

  • Kartu KK, digunakan mengisi data diri dan data keluarga, NIK = Nomor KTP Anda. KK tidak tertera golongan darah, maka Anda wajib periksa golongan darah untuk mengisikannya.
  • Slip gaji orang tua, keduanya, bila tidak ada mintalah Surat Keterangan Penghasilan kepada Lurah (Kades) melalui RT/RW tentunya.
  • Perhitungan hutang atau pinjaman, jika ada.
  • Rekening listrik/telepon/PAM, kalau listriknya pakai Token mintalah slip kepada penjual pulsa yang melayani pembelian Anda, telepon dan air nggak punya ya sudah — tetapi Anda akan diminta mengisi besaran pengeluaran termasuk pulsa telepon genggam seluruh keluarga.
  • Slip bukti kepemilikan dan setoran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), disini ada NJOP dan lainnya ikuti yang ada pada lembaran PBB Anda, termasuk luasan tanah dan bangunan. Kalau punya Pajak Tanah Sawah atau Tegalan silakan disertakan.
  • STNK (PKB) kendaraan bermotor, bila memiliki, mobil, motor. Untuk sepeda tidak perlu surat-surat girik.
  • Foto-foto rumah, rumah tampak depan, ruang tamu, ruang makan, dapur, kamar mandi, rumah tampak samping, dan ruang tidur Anda, semuanya di ambil gambarnya, juga jalan masuk, dilampirkan (diunggah) dalam bentuk jpg/pdf.

Pentingnya Data Pokok

Data Pokok mahasiswa UNNES digunakan untuk berbagai hal, oleh sebab itu isilah dengan benar data-data Anda. Inilah gunanya.

  • Data Pokok untuk menentukan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT), isi data sebenar-benarnya, jangan lupa semua lampiran foto yang diminta di unggah (upload)
  • Data Pokok digunakan sebagai DATA DASAR mahasiswa selama kuliah, oleh sebab itu Nama (Anda), Tempat Tanggal Lahir, NIK, Golongan Darah, Nomor HP, Alamat, Nama gadis ibu kandung.
    Data ini harus benar, terutama yang saya tulis didepan. Bahkan NIK akan dicantumkan pada IJAZAH saat Anda lulus Nanti. NIK = Nomor KTP, bila diminta ngisi No KTP isilah dengan NIK-Anda.
    Mahasiswa asing gunakan Nomor Paspor.
  • Data pokok juga digunakan untuk yang lainnya, pada tahun-tahun akhir kuliah.

Baca Lebih Detil

Anda perlu membaca selengkapnya urutan tata cara melakukan registrasi, di laman penerimaan.unnes.ac.id silakan klik link ini –> Registrasi Administratif Calon Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Jalur SNMPTN 2019.

Gerbang utama (barat) UNNES diwaktu malam (dok Eswedewea 20190323)

Cara Mengisi Data Pokok (Tahap Kedua)

Tahap kedua dalam mengisi data pokok, dilakukan nanti setelah besaran UKT keluar atau pengumuman UKT atau pengumuman Lolos Bidikmisi. Bagi yang lolos Bidikmisi berarti tanpa bayar UKT dan yang tidak lolos ikuti berita selanjutnya dari pengumuman resmi universitas saudara.

Setelah Anda melalukan pembayaran (free bagi Bidikmisi) maka langkah selanjutnya adalah mengisi data pokok kembali atau melengkapi data pokok, ini tahap kedua anda membuka data pokok, untuk mengunggah foto tampak depan wajah, ingat ini ada aturannya, ikuti petunjuk.

Disamping foto yang bagus dan terbaca, Anda bisa melihat foto seperti yang di paspor yang dominan dengan tampak wajah. Selain itu mengisi nilai hasil ujian.

Tahap kedua ini, Anda harus mencetak semua formulir registrasi yang diminta melalui menu cetak. Dan jangan lupa ada Surat Pernyataan dan Pakta Integritas bagi Mahasiswa UNNES, siapkan pula meterai tempel.

Tes Kesehatan Wajib Bagi Calon Mahasiswa Baru

Jangan lupa mengikuti tes kesehatan, dan pastikan data anda tercatat kedalam sistim registrasi mahasiswa baru, bila tidak tercatat maka, Anda akan diminta kembali lagi ke Puslakes untuk mendatakan. Oleh sebab itu biasanya tes kesehatan ini dilakukan sebelum registrasi lapor diri.

Registrasi/Lapor Diri

Dengan membawa dokumen registrasi dari cetakan formulir di Data Pokok, anda masih wajib datang melalukan registrasi/lapor diri, tempat lapor diri mahasiswa baru biasanya di Gedung Prof. Wuryanto Auditorium UNNES Sekaran, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Kegiatan Lanjutan

  • Upacara HUT RI (17 Agustus)
  • Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru
  • Ikuti Program Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (PPAK)
  • Ikuti Orientasi Kepramukaan Pergutuan Tinggi (OKPT)

Apa Beda Registrasi SNMPTN dengan SBMPTN dan SM

Prosedur dan caranya sama, yang membedakan dengan Jalur SBMPTN dan Jalur Seleksi Mandiri (SM) dalam melakukan registrasi administrasi terletak pada pengumpulan fotocopy nilai rapor, sedang yang lain sama.

Itulah sekilah cara registrasi (administrasi) mahasiswa baru jalur SNMPTN UNNES plus kedua jalur lainnya.

Registrasi Akademik

Pada saat PPAK nanti semua mahasiswa baru akan dibimbing cara melakukan registrasi akademik, sebagai dasar untuk mengikuti kuliah yang akan berlangsung nanti.

Salam

Oleh Eswedewea
Editor Kissparry

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.