Bahasa Seni Budaya

Haul Akbar Giriloyo 2019 Sarana Peningkatan Dzikrul maut, Birulwalidain, dan Ukhuwah

Haul akbar makam Giriloyo 2019 dengan tema sarana peningkatan dzikrul maut, birulwalidain, dan ukhuwan dihadiri ratusan warga sekitar makam (keluarga) dari kalangan muslim dan non-muslim.

Ini adalah seperti halnya tradisi Nyadran dikalangan masyarakat Jawa menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, hanya saja, untuk dikawasan ini oleh tokoh-tokoh masyarakat setempat kemudian diubah namanya juga rangkaian kegiatannya. Nama yang diambilnya yaitu Haul Akbar Makam Giriloyo 2019, dan oleh karena didatangi dari beberapa kalangan ini temanya bukan ukhuwas Islamiyah tetapi ukhuwah saja.

Menurut informasi dari panitia Haul Akbar Giriloyo 2019, kegiatan ini merupakan tahun yang keempat. Adapun panitia penyelenggara kali ini berasal dari RW.IX Kelurahan Tegalsari Kecamatan Candisari Kota Semarang, jadi setiap tahunnya kepanitiaan selalu berpindah di 4 RW yang berbeda-beda.

Ketua Panitia Haul Akbar makam Giriloyo Kelurahan Tegalsari 2019, Satimin, menyampaikan laporan dan sambutan

Menurut pantauan Kissparry, yang menghadiri kegiatan ini ratusan orang, bila ditengok dari kesiapan panitia yang menyediakan konsumsi 600 bungkus lebih. Tidak hanya warga muslim saja tetapi non-muslim juga ada.

Susunan Acara

Acara dimulai pagi hari sekitar pukul 06.30, yang sedianya dimulai pukul 06.00, dengan pembacaan riwayat singkat Nabi Muhammad SAW dilanjutkan dengan Khotmil Quran atau Khataman Alquran 30 juz, dan doa.

Untuk undangan atau masyarakat umum dijadwalkan hadir mulai pukul 07.30, dan waktu inilah acara resmi dimulai dengan laporan ketua panitia dan sambutan-sambutan.

Pewara Haul Giriloyo 2019 (Parman) memandu acara Haul (28/4)

Kemudian setelah itu dilanjutkan ceramah oleh dai yang telah ditunjuk oleh panitia, kali ini sebagai penceramah Habib Ghozin. Setelah ceramah selesai ditutup dengan doa.

Acara berjalan lancar, sekitar pukul 10.00 sudah selesai.

Antusias Warga

Meskipun antusias warga yang hadir cukup tinggi tetapi belum maksimal, ratusan orang kebanyakan yang hadir karena memiliki keluarga yang dimakamkan di tempat ini, itu pun belum seluruhnya dapat menghadirinya.

Pengunjung sangat antusias pada Haul Giriloyo 2019 (28/4)

Warga yang ingin hadir lebih awal untuk mengikuti serangkaian acara secara keseluruhan mulai dari pembacaan riwayat Rasulullah, Tahlil, dan Khataman Alquran juga diperbolehkan. Tetapi langsung diacara utama juga tidak dipermasalahkan, karena makanan kecil (snak) atau bahkan nasi kotak diberikan saat kegiatan sudah selesai. Untuk didalam acara hanya disediakan air minum dalam kemasan gelas ataupun botol.

Pesan Habib

Pesan-pesan melalui ceramah agama yang disampaikan oleh Habib Ghozin seputar tema yang disodorkan oleh panitia. Adapun tema tahun ini adalah Haul Akbar Makam Giriloyo sebagai Sarana Peningkatan Dzikrul maut, Birulwalidain, dan Ukhuwah.

Habib Ghozin menyampaikan pesan-pesan atau ceramah pada Haul Giriloyo 2019 (28/4)

Habib Ghozin antara lain menyampaikan beberapa hal berkait dengan tema tersebut.

Perkumpulan saat ini kita merupakan perkumpulan orang-orang yang cerdas, padahal ada yang nggak lulus sekolah dasar, ada pula yang sarjana, atau pascasarjana, tetapi semua termasuk orang-orang yang cerdas, karena sesuai Sabda Nabi, “Orang yang cerdas sesungguhnya adalah orang-orang yang senantiasa ingat akan kematian”.

Ingat mati artinya bukan berarti …e.. ya… wes… mati ae…. tetapi kita hidup didunia untuk kehidupan abadi di alam akhirat kelak, sehingga dalam keseharian kita perlu mengamalkan amal-amal kebaikan yang sesuai dengan syariat Allah.

Oleh sebab itu kita wajib bersyukur dan berterima kasih kepada panitia penyelenggara.

Pesan-pesan yang lain silakan ikuti uraiannya disini selanjutnya, berisi sambutan dan uraian, juga disusul dengan galeri foto kegiatan.

KEMBALI KE AWAL

SELANJUTNYA

Kissparry Weanind

Salam

oleh Kissparry
editor Eswede Weanind

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.