Berita Utama

Tata Cara Registrasi Mahasiswa SNMPTN 2021 UNNES | Jawaban untuk Anda

Alur registrasi calon mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang (UNNES) jalur SNMPTN 2021 sepertinya tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, jika Anda menemukan alur 2020 berarti hampir sama caranya. Selamat bagi Anda yang lolos SNMPTN 2021.

Setelah anda dinyatakan lolos seleksi SNMPTN tahun 2021 di PTN UNNES maka satu hal yang haru Anda ketahui yaitu tentang laman registrasi UNNES namanya http://DATAPOKOK.unnes.ac.id terkenal dengan sebutan laman DATA POKOK.

Dokumen-dokumen Anda harus dipersiapkan untuk diupload di laman tersebut, yaitu digunakan untuk menentukan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) setiap semesternya. Foto-foto bagian rumah yang diminta, scan semua dokumen pendukung seperti STNK, PBB, rekening listrik, dll.

DATA POKOK

Mulai dari mengisi borang, pengumuman lolos KIP-Kuliah atau besaran biaya UKT, Registrasi ulang, semuanya menggunakan DATA POKOK. Nama laman https://datapokok.unnes.ac.id.

Gedung Rumah Ilmu Universitas Negeri Semarang, dari sisi kanan (foto libraryUnnesAcId)

Silakan Anda mengunduh Petunjuk/Cara Pengisian Borang Registrasi yang tersedia, untuk lebih jelasnya.

DATA POKOK digunakan untuk seluruh rangkaian kegiatan registrasi Anda

  1. Membuat BORANG A1 dan untuk menentukan seleksi KIP-Kuliah (bagi pelamar) dan atau Besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT)
  2. Melihat Pengumuman UKT dan atau Lolos tidaknya KIP-Kuliah, menerima Virtual Account (VA) untuk pembayaran UKT, termasuk yang tidak lolos seleksi KIP-Kuliah.
  3. Registrasi Calon Mahasiswa Baru, untuk memeroleh atau mendapatkan NIM (Nomor Induk Mahasiswa)
  4. Mencetak Bukti Registrasi, dan resmi sebagai mahasiswa baru UNNES Tahun 2021

Bahkan, DATA POKOK MAHASISWA ini akan terus teraktivasi selama Anda menjadi mahasiswa UNNES.

Data Pokok Pertama untuk BORANG A1, dan Menentukan Besaran UKT atau Hasil Seleksi KIP-Kuliah

Isian Data Pokok Mahasiswa pertama akan digunakan untuk menentukan level UKT atau lolos tidaknya KIP-Kuliah yang Anda ajukan.

Sehingga pengisian data ini harus benar-benar dilakukan dengan teliti dan selengkap-lengkapnya, apabila diminta melampirkan foto pendukung maka lampirkanlah, dan jangan sampai terlambat.

Menengok laman penerimaan.unnes tentang registrasi calon mahasiswa SNMPTN dimulai dari 24 Maret hingga 3 April 2021, dan spesial pelamar KIP-Kuliah lakukanlah secepatnya, agar saat verifikasi dokumen syarat KIP-Kuliah data Anda telah siap.

Data Pokok pertama ini juga akan menghasilkan BORANG A1 yang harus Anda kirim ke UNNES, disana sudah tersedia LABEL Amplop jangan membikin lebel sendiri.

Bagi Anda yang tidak lolos KIP-Kuliah (bagi yang mengajukan) maka akan muncul besaran UKT Anda.

Ingat kadang ada pertanyaan dari Data Pokok ini, apakah Anda siap untuk UKT level tertinggi, maka jika tidak siap JAWABlah dengan Tidak, karena jika jawaban YA otomatis tidak akan diminta mengisi borang-borang isian sebagai bahan menentukan UKT Anda.

Pengisan Data Pokok pertama ini sangat menentukan untuk kelengkapan dan kebenaran isian data diri Anda selama akan kuliah di UNNES, jadi pastikan Nama lengkap, Tempat tanggal lahir, Nama gadis ibu kandung, NIK terisi dengan benar (biasanya disamakan dengan dokumen ijazah terakhir).

Penulisan alamat jangan mengandung informasi ganda, misalnya Jl. Tentara No.1 RT09 RW10 Kelurahan apa, Kec Genuk Kota Semarang, kemudian dikolom lain ada isian RT dan RW Kelurahan juga Kecamatan, oleh sebab itu isian diatasnya Jalan/dusun cukup ditulis Jl Tentara No. 01, sedang data lainnya pada kolom lainnya.

Semua data ini kelak akan masuk di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jadi pastikan datanya oke dan benar.

Baca juga | Cara Cek Data Status Kemahasiswaan di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, PDDikti

Data Pokok Kedua untuk Melihat Pengumuman Hasil Seleksi KIP-Kuliah dan Besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Anda login ke Datapokok.unnes.ac.id lagi untuk melihat pengumuman hasil seleksi penerima KIP-Kuliah dan sekaligus melihat pengumuman besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) selama menjadi mahasiswa UNNES.

Ingat ya, bahwa pelamar KIP-Kuliah masih harus mengikuti seleksi verifikasi lapangan yang dilakukan oleh PT (UNNES), termasuk juga Foto kopi RAPOR yang harus Anda kirim ke UNNES akan digunakan untuk verifikasi berkas, jika ada perbedaan mencolok, pastinya UNNES boleh memanggil Anda untuk klarifikasi data. Ini dilakukan sebelum pengumuman UKT atau KIP-Kuliah.

Dari hasil pengumuman ini yaitu Anda lolos KIP-Kuliah atau Anda harus membayar UKT sesuai level dalam pengumuman yang besarnya sudah disebutkan disini.

Virtual Account (VA) Bank untuk pembayaran UKT akan dibuat dilangkah ini. Melalui DATA POKOK pula Anda akan membuat Virtual Account (VA) Bank yang Anda tunjuk untuk membayar UKT semesteran.

Baca juga | Virtual Account (VA) Baru untuk Membayar UKT Mahasiswa UNNES (mulai) 2020, Inilah Caranya

Anda harus dinyatakan LUNAS UKT oleh sistem untuk bisa melangkah ke proses selanjutnya.

Lunas UKT bisa karena telah dibayar atau karena lolos KIP-Kuliah (biaya pemerintah).

Iklan – Open Reseller dan Agen B Erl Cosmetics
(Hubungi saya Dewi kontak ada dibawah)

Data Pokok Ketiga untuk Registrasi Calon Mahasiswa Baru untuk Memeroleh NIM (Nomor Induk Mahasiswa)

Anda login ke Data Pokok lagi (http://datapokok.unnes.ac.id) untuk melakukan Registrasi sebagai calon mahasiswa baru untuk ditetapkan menjadi mahasiswa baru (dengan bukti memeroleh NIM – Nomor Induk Mahasiswa).

Sebelum ini biasanya ada prosesi Tes Kesehatan, karena masih masa Pandemi Covid-19 maka sebaiknya ikuti pengumuman yang ada.

Di sini mungkin anda harus mengunggah bukti bayar dan mengunggah dokumen lainnya, termasuk foto diri jangan diisi dengan foto berseragam SMA/MA/sederajat, pakailah pakaian yang resmi dan pantas.

Selain bukti setor/bayar, mengunggah apa saja, yaitu kartu SNMPTN, SKL atau copy ijazah yang dilegalisir.

Ada Jeda Data Anda akan di Verifikasi, Namanya Verifikasi Berkas Registrasi oleh Bagian Akademik BAKK.

Anda akan memeroleh Notifikasi pemberitahuan sukses tidaknya registrasi Anda, terutama jika ada data yang kurang benar atau tidak lengkap, pemberitahuan ini melalui aplikasi Telegram, jadi semenjak menjadi mahasiswa baru UNNES Anda langsung mendaftar Telegram.

Data Pokok Keempat Mencetak Bukti Registrasi, Gambar KTM ber NIM

Dari registrasi ini akan menghasilkan dokumen registrasi, dokumen-dokumen setelah ditandatangani juga diunggah.

Setelah dokumen lengkap Anda harus mencetak BUKTI REGISTRASI (R4) yang berisi gambar KTM (Kartu Tanda Mahasiswa), disini juga memuat NIM Anda.

Dengan menerimanya R4 (Bukti Registrasi), berarti seluruh rangkaian registrasi Anda telah selesai.

Kelak, cetakan lembar Bukti Registrasi (R4) tersebut akan digunakan untuk mengambil Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), sehingga jangan sampai hilang lembar bukti registrasi ini.

SELAMAT ATAS LOLOSNYA ANDA DI SNMPTN PTN UNNES 2021.

Pertanyaan yang sering muncul

Saya belum punya KTP jadi saya belum tahu NIK saya!
Jawab: NIK (Nomor Induk Kependudukan) sudah tertera pada Kartu Keluarga, sejak bayi yang didatakan kependudukannya sudah memiliki NIK. Dan, NIK terbit dengan kode kecamatan dimana anda didatakan.

Saya listriknya berbagi (nyalur) tidak punya, Rekening air tidak punya! Akhir-akhir ini listrik di subsidi!
Jawab: Buatlah surat yang menyatakan hal tersebut, sementara pengeluaran bulanan di rata-rata.
Jika tidak ada pengeluaran listrik dan air buat saja surat keterangan pada sehelai kertas isinya bahwa tidak memiliki rekening karena menumpang, lebih kuat di ketahui oleh Ketua RT setempat.
Untuk listrik yang disubsidi, silakan membuat surat keterangan.

Listrik saya pakai token, tidak punya bukti rekening listrik!
Jawab: Anda bisa minta struk pembelian token listrik Anda.

Saya tempat tinggalnya numpang bukan milik sendiri? Bagaimana dengan foto-foto?
Jawab: pada kolom status tinggal, pilihlah numpang, kontrak, bukan milik sendiri. tetapi, jika itu warisan tentu hampir menjadi miliknya. Untuk foto kondisi rumah, tetap difoto,

Pasfoto bagaimana?
Jawab: isilah foto terbaru berpakaian bebas dan rapi, jangan pakai kaos oblong, karena foto Anda akan tercetak di Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) – kartu mahasiswa. Ingat jangan pas di foto.
Jangan pula dikasih foto SMA, jika kurang bagus pasti akan dikembalikan oleh verifikator.

Bagaimana Pajak Bumi Bangunan (PBB) gabung jadi satu dengan ladang dan sawah?
Jawab: sampaikan saja apa adanya, termasuk PBB yang disubsidi alias gratis terutama Kota Semarang.

Bagaimana penghasilan orang tua tidak tetap? Apa yang harus saya lakukan? Orang tua sudah pensiun!
Jawab: untuk penghasilan orang tua yang tidak tatap atau tidak memiliki slip gaji, silakan membuat surat keterangan penghasilan dengan mencantumkan rata-rata perbulan yang diketahui oleh RT dan RW setempat.
Data tetap diisi dengan hitungan penghasilan rata-rata perbulan.
Untuk yang pensiun biasanya punya slip gaji dari bank, jika tidak ada silakan melakukan hal yang sama, bikin surat keterangan penghasilan.

Jadi, begini

Semua dan segala isian data yang wajib diisi maka harus terisi jangan sampai kosong (mungkin) sistem akan mendeteksi kelengkapan data Anda, termasuk dokumen pendukung berupa foto rumah dan foto-foto pendukung lainnya, dan jangan dibiarkan kosong.

Semoga bermanfaat.

Salam

oleh Dewi Fatmawati *)
editor Eswedewea

Penulis Dewi Fatmawati HP/WA 0812-4919-6862, alumni UNNES Jurusan Pendidikan Ekonomi (Akuntansi) Fakultas Ekonomi dari jalur SBMPTN KIP-Kuliah (Bidikmisi).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.