Sering ada pertanyaan mengenai data status kemahasiswaan yang belum masuk Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), diantara jawabannya yaitu data mahasiswa umum wajib masuk PDDIKTI sejak tahun ajaran 2003/2004.

Berdasarkan Undang Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi serta diperkuat dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 61 Tahun 2016 tentang Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), maka secara keseluruhan setiap perguruan tinggi yang ada di Indonesia wajib melakukan pelaporan data pelaksanaan pendidikan tinggi. Dikutip dari SE Kemristekdikti 5478/A.P1/SE/2017.

Program studi wajib melaporkan datanya ke Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), kemudian dari laporan tersebut para mahasiswa dapat mengecek apakah datanya terlaporan di PDDIKTI.

Berdasarkan Surat Edaran dari Dirjen Dikti Kemristekdikti (sekarang 2020: Kemdikbud) nomor 5478/A.P1/SE/2017 tanggal 21 Desember 2017 tentang Periode Awal Pelaporan PDDIKTI.

SIVIL (Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik) Kemdikbud

Pelaporan ke Pangkalan Data Pendidikan Tinggi

a. Program Studi Umum di Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta
pada Kementerian, Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)
dimulai bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2003/2004;

b. Program Studi dan Perguruan Tinggi pembinaan Kementerian Agama dimulai bagi
mahasiswa baru tahun ajaran 2009/2010;

c. Perguruan Tinggi Kementerian Lain dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian
dimulai bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2012/2013;

d. Perguruan Tinggi Swasta Alih Bina dari Kementerian Lain ke Kemenristekdikti
dimulai sesuai dengan tahun ajaran berlakunya surat keputusan alih bina;

e. Tahun pemberlakuan untuk awal pelaporan tersebut, juga bergantung pada semester
awal lapor program studi sesuai dengan SK izin pelaksanaan atau SK alih bina ke
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Jika memperhatikan dari surat edaran tersebut, awal pemberlakukan pelaporan adalah tahun angkatan (ajaran) mahasiswa baru dan bukan dari kapan lulusannya.

Awal pelaporan inilah sebagai dasar setiap mahasiswa perguruan tinggi harus terekam datanya di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi atau PDDIKTI yang dulu pernah dikenal dengan FORLAP (Informasi dan Laporan PDDIKTI).

Verifikasi Data Mahasiswa

Bagi Instansi Pemerintah/Swasta atau masyarakat yang ingin memverifikasi data mahasiswa, maka perlu memperhatikan hal hal berikut.

a. Untuk data mahasiswa Program Studi Umum pada Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi di bawah tahun ajaran 2003/2004, maka proses verifikasi cukup dilakukan di Perguruan Tinggi Negeri masing-masing atau Kopertis Wilayah setempat jika berasal dari Perguruan Tinggi Swasta.

b. Untuk data mahasiswa Program Studi dan Perguruan Tinggi Kementerian Agama di bawah tahun ajaran 2009/2010, maka proses verifikasi cukup dilakukan di Perguruan Tinggi Agama masing-masing atau Kopertis Wilayah setempat jika
berasal dari Perguruan Tinggi Agama Swasta.

c. Untuk data mahasiswa Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Lain dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian dibawah tahun ajaran 2012/2013, maka proses verifikasi cukup dilakukan di Perguruan Tinggi tersebut.

d. Untuk data mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta yang telah Alih Bina dari Kementerian Lain ke Kemenristekdikti dibawah tahun ajaran SK Alih Bina, maka proses verifikasi cukup dilakukan di Perguruan Tinggi tersebut.

Saat Anda datang ke perguruan tinggi atau LLDikti (Kopertis) untuk meminta verfikasi data lulusan, maka dari perguruan tinggi atau LLDikti akan memberi Anda sebuah Surat Keterangan yang berisi tentang status kemahasiswaan Anda.

PDDIKTI (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) Kemdikbud

Surat Edaran terkait Pelaporan PDDIKTI silakan buka/unduh link disini (disimpan dalam Google Drive).

Cara Mengakses Informasi Data Mahasiswa

Ada dua kelompok mahasiswa yang wajib mengecek datanya di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, yaitu mahasiswa yang masih aktif kuliah dan lulusan, tentu sesuai syarat dan ketentuan penjelasan diatas.

Mahasiswa Aktif (Belum Lulus) atau Status Lain, Cek di PDDIKTI

Untuk mahasiswa yang masih berstatus Aktif atau terdaftar silakan mengecek data pada PDDIKTI.kemdikbud.go.id atau klik dibawah ini (atau gambar yang sama, diatas)

PDDIKTI (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) Kemdikbud

Mahasiswa Sudah Lulus (Lulusan) Cek di SIVIL dan PDDIKTI

Untuk mahasiswa yang berstatus lulus silakan mengecek data pada SIVIL atau link ijazah.kemdikbud.go.id atau klik dibawah ini (atau gambar yang sama, diatas).

Anda juga wajib ngecek di PDDIKTI atau silakan mengecek pada PDDIKTI.kemdikbud.go.id, mengapa harus mengecek juga di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi selain di SIVIL? Mungkin data anda ada atau terdaftar tetapi status tidak sesuai.

SIVIL (Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik) Kemdikbud

Apabila status Anda LULUS dan sudah memiliki Nomor-Ijazah sedangkan data belum tercantum di SIVIL karena mungkin proses sedang berjalan, sebaiknya mengecek juga di PDDIKTI, dan segera melaporkan ke perguruan tinggi saudara, mungkin melalui Fakultas atau pusat.

Pastikan Data Anda kemahasiswaan ada di PDDIKTI.

Semoga bermanfaat

oleh Eswedewea
editor Eswedewea

1 Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.