Sudah 3 Hari Setiap Pagi Modem First Media Tanpa Sinyal Internet dan Inilah Cara Mengatasinya

Internet tidak terkoneksi setiap pagi hari dan sudah tiga hari ini (02/03) atau tiga pagi pada modem Wifi Fisrt Media langganan saya.

Ternyata kemarin malam (01/03/2023) saya cek internet pada Wifi First Media sekitar pukul 22.00 juga tidak ada koneksi, dan malam ini (02/03) sepertinya lebih parah lagi, karena ngecek sejak pukul 19.00 sudah lemot sekali, bahkan buka browser Chrome untuk menampilkan aplikasi Google tidak berhasil.

Namun untuk teks sederhana masih bisa, seperti pesan pada WhatsApp, meskipun terkesan sangat lambat sekali.

Kemudian Taufik saya minta menyambung ke modem Wifi First Media, lalu membuka YouTube dan didapatkan gambar seperti ini.

YT dengan Wifi (First Media) tidak bisa

Ia pun menyampaikan “Dibuat buka YT ga bisa wifinya”.

Kejadian ini saya masih mengandai-andai penyebabnya, yaitu setelah hujan deras tempo hari kemudian listriknya padam, setelah itu Wifi tidak normal, maka ada jaringan yang konsleting atau apalah namanya.

Hanya, dulu-dulu sewaktu hujan lebat dan lampu juga padam, kok hal ini tidak ada masalah.

Lalu, sekitar sehari sebelumnya ada petugas dari First Media menawarkan paket murah katanya, kemudian saya jawab saya masih aktif langganan yang ini.

Maka perkiraan masalah berkembang, apakah jaringan dibikin begini biar menerima tawaran paket murah.

Dalam hal ini saya masih sangsi, apakah berarti saya menambah biaya ataukan paket yang lama diputus ganti yang baru.

Sebab kejadian ini persis seperti saat petugas IndiHome datang untuk mengambil alat, sedangkan alat masih terkoneksi, namun dua bulan setelahnya IndiHome memang tidak ada jaringan yang masuk sama sekali.

Akhirnya sejak Januari koneksi IndiHome sudah tidak saya bayar lagi biaya langganannya.

Namun, untuk First Media masih menunggu perkembangan selanjutnya.

Solusinya Bagaimana?

Tahun lalu, saya memang sudah tidak mengandalkan jaringan First Media meskipun biaya bulanan terbilang lumayan yaitu sekitar 292K (290 ribuan), dan saya ada Wifi baru yaitu Telkomsel Orbit.

Telkomsel Orbit ini memang di bulan Februari ini (2023) sementara tidak saya isi paket datanya, namun karena 3 hari ini, setiap pagi hari yang di mulai malam harinya Wifi First Media menyalurkan sinyak yang tidak memadahi, maka solusinya Orbit Telkomsel diisi paket data kembali.

Wifi Orbit Telkomsel termasuk wifi yang bisa mobile, atau bisa dibawa kemana-mana, tinggal nyolokan ke panel listrik maka Wifi akan ON.

Solusi yang lain yaitu saya mengintal My First Media dan menyampaikan keluhan terhadap kondisi yang saya alami.

Dan untuk tetangga yang pakai First Media apakah mengalami hal yang sama dengan saya atau tidak, saya belum mengeceknya.

Tulisan ini sebagai arsip keluhan dan bukan bermaksud menjelekkan pihak mana pun.

Artinya, nanti kalau tiba-tiba saya memutuskan untuk tidak langganan First Media, hal ini sebagai bahan catatan.

Mengingat untuk saluran televisi, saya juga menggunakan Nex Parabola, hanya sesekali resiver Fisrt Media saya sambungkan listrik dengan tujuan untuk memanasi alat saja.

Inilah jaringan internet Wifi First Media ketika saya reset sesuai petunjuk My First Media

Dari hasil ini mau tidak mau ya, menggunakan Wifi tselhome-Weanind (Orbit Telkomsel), agar aktivitas bisa berjalan normal.

Modem Telkomsel Orbit 2

Apakah Ada Pembatasan dari First Media?

Inilah yang sedang saya cermati atau bahasa kerennya sedang saya selidiki.

Berdasarkan hari pertama padam sinyal, di reset pukul 09 pagi jalan lagi, sehingga seolah-olah internet aktif pukul 09.00 sd 19.00, sedang jam ini adalah jam kerja yang bisa dikatakan pemakaian internet rumah minim.

Kemudian hari kedua, melakukan reset pukul 10.00 dan koneksi nyambung, tetapi pukul 22.00 koneksi sudah putus lagi.

Hari ketiga (hari ini), melakukan rest pukul 08.00 dan koneksi tersambung, tetapi malam pukul 19.00 mulai lambat, mungkin pukul 20.00 tidak ada koneksi lagi.

Untuk gambar ini, saya melakukan rest pukul 22.00, sebab, ketika pukul 19.00 jaringan internet Fisrt Media sudah lelet atau lamban saya segera ambil alih jaringan dengan menghidupkan Telkomsel Orbit beserta kuota internetnya.

Namun sayangnya di Orbit kemarin-kemarin ada promo 35GB sekitar 80ribuan, 70GB dengan harga 120K, saat ini sudah tidak ada lagi, dan paket paling sedikit 90GB dengan harga 150K.

Salam…, semoga ada tindak lanjut dari First Media…

One thought on “Sudah 3 Hari Setiap Pagi Modem First Media Tanpa Sinyal Internet dan Inilah Cara Mengatasinya


  1. Tambahan informasi:

    Hari ini (dini hari 04/03/2023) jaringan internet Wifi First Media sangat lancar, setelah 3 hari berturut-turut padam dihari seperti ini.

    Kemarin tidak turun hujan, juga sampai saat ini.

    Mungkinkah karena hujan atau mungkin sudah dibetulkan saluran (jaringan) internetnya yang menuju ke rumah. Dan bagi saya yang penting jaringan internet lancar. Sebab, melalui aplikasi My First Media, saya menyampaikan permasalahan matinya internet malam hingga pagi.

    Salam

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca