7 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Buah naga memiliki sejumlah manfaat kesehatan termasuk kemampuannya menurunkan kolesterol, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker dan penyakit jantung, membantu penurunan berat badan, memperbaiki pencernaan, meningkatkan energi, bertahan melawan bakteri dan jamur, dan membantu fungsi keseluruhan, sistem tubuh.

Buah naga adalah buah eksotis dan lezat yang sering dianggap sebagai “makanan super tropis” karena kekayaannya, dan kualitasnya yang “di bawah radar” membuatnya tidak begitu dikenal daripada banyak buah dan makanan kesehatan mainstream. Buah naga juga dikenal dengan nama “pitaya” atau piyata, berasal dari genus Stenocereus yang sangat erat kaitannya, namun Buah Naga sebenarnya adalah buah dari genus kaktus Hylocereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah, namun pemukim dunia baru mungkin membawanya ke negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Kamboja, Thailand, Taiwan, Vietnam, dan Filipina, di mana ia tetap menjadi bagian penting dari asupan buah makanan.

61buah-naga
Buah Naga di Agrowisata Tawangsari Teras, Boyolali Jawa Tengah

Ada baik pitaya manis dan asam, tergantung pada spesiesnya, dan bentuk dan ukurannya juga bervariasi. Dalam bentuk buah naga yang paling umum, warnanya sedikit lebih kecil dari blewah, merah, dan tercakup dalam pertumbuhan runcing yang luas.

Saat Anda membukanya, teksturnya seperti kiwi, dan dagingnya diisi dengan biji hitam kecil yang harus dikunyah jika harus dicerna. Daging buahnya bisa ditumbuk menjadi anggur atau minuman lainnya, dan daunnya Buah naga bisa direndam untuk bentuk teh yang sangat sehat. Kulit luar yang kasar memiliki sedikit nilai gizi dan jarang dimakan.

Manfaat kesehatan terutama dikaitkan dengan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dikandung oleh buah naga, dan banyak dari kualitas sehat tersebut dijelaskan di bawah ini.

Manfaat Kesehatan Buah Naga

1.Kesehatan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu aspek buah naga yang paling bermanfaat adalah kemampuannya untuk memberi dorongan serius pada sistem pertahanan tubuh Anda. Tingginya kadar vitamin C yang bisa ditemukan pada buah naga merupakan salah satu aset terkuat untuk sistem kekebalan tubuh Anda, dan juga merangsang aktivitas antioksidan lain di tubuh.

Mereka secara aktif mencari dan menghilangkan radikal bebas, produk sampingan yang berbahaya dari metabolisme sel, yang secara langsung terkait dengan kondisi yang berpotensi fatal seperti kanker dan penyakit jantung. Semakin banyak vitamin-C, semakin baik!

2.Kesehatan Kardiovaskular

Buah naga cukup buah eksotis dengan sejumlah khasiat unik, salah satunya karena mengandung kolesterol dan hampir tidak sehat, lemak penghasil kolesterol. Dengan mengurangi jumlah kolesterol dalam darah, kemungkinan pengembangan plak di arteri dan vena kecil, sehingga mengurangi kemungkinan Anda menderita aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Dengan menggunakan buah naga sebagai sumber nutrisi lainnya, Anda tidak berdampak negatif terhadap tubuh Anda dengan cara apapun, oleh karena itu reputasi buah sebagai “makanan super”. Beberapa lemak bermanfaat, dan biji buah naga memang mengandung jenis lemak positif ini, yang bisa menyebabkan kolesterol HDL (kolesterol “baik”). Kolesterol HDL secara aktif mengurangi jumlah kolesterol LDL dengan menghambat reseptor yang mengikatnya pada dinding arteri.

3.Kandungan Vitamin

Buah naga juga dikemas dengan vitamin bermanfaat selain vitamin C, termasuk golongan vitamin B. Kandungan vitamin B1, B2, dan B3 dari buah naga bermanfaat dari tekanan darah, kesehatan kulit, dan kadar kolesterol hingga fungsi tiroid dan metabolisme karbohidrat. Bahkan satu cangkir buah naga mengandung sejumlah vitamin bermanfaat.

4.Pencernaan

Selain dari bonus sistem kekebalan tubuh, buah naga juga bisa membantu Anda tetap teratur! Buah naga memiliki kandungan serat yang signifikan, yang berarti dapat membantu tubuh Anda mengeluarkan sebagian besar gerakan ususnya, memfasilitasi kelancaran jalan melalui saluran pencernaan, merangsang gerakan peristaltik, dan mendorong pelepasan cairan pencernaan. Dengan mengatur fungsi usus dengan serat makanan, Anda mengurangi kemungkinan kondisi seperti konstipasi, Irritable Bowel Syndrome, dan penyakit yang lebih serius seperti kanker kolorektal.

5.Pencegahan Kanker

Seiring dengan perlindungan antioksidan vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, buah naga mengandung sumber antioksidan alami lainnya. Karoten adalah komponen lain dari buah naga, dan karoten telah dikaitkan dengan sejumlah kualitas anti-karsinogenik, sekaligus mengurangi ukuran tumor.

Pada dasarnya, buah naga meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dari segala arah, jadi jika Anda merasa seperti Anda sering sakit atau merasa di bawah cuaca, atau bahkan jika Anda berisiko tinggi terkena kanker, buah naga mungkin adalah jawaban untuk Anda.

6.Antibakteri dan Anti jamur

Dorongan terakhir untuk sistem kekebalan tubuh dari buah naga adalah kualitas antijamur dan antibakterinya. Hal ini dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah putih di dalam tubuh yang bertahan melawan racun, dan ini juga menghambat masuknya atau pertumbuhan infeksi jamur atau bakteri dalam sistem organ. Anda juga akan menemukan bahwa itu merangsang regenerasi sel dan mempercepat penyembuhan, sehingga luka dan memar akan sembuh dengan cepat.

7.Metabolisme Tubuh

Salah satu bagian paling penting dari makanan kita adalah asupan protein kita. Protein adalah apa yang membuat tubuh kita berjalan dengan lancar, karena mereka adalah bagian intrinsik dari segala sesuatu mulai dari gigi, rambut, dan tulang kita, ke organ tubuh, pembuluh darah, dan jaringan tubuh kita.

Banyak protein yang kita dapatkan dari buah-buahan, sayuran, dan daging dimetabolisme oleh enzim dalam tubuh kita dan berubah menjadi protein yang dapat digunakan yang dapat mempercepat perbaikan sel, meningkatkan kekuatan, mempercepat metabolisme, dan membantu kita menurunkan berat badan dan meningkatkan massa otot. Dosis protein yang sesuai dalam makanan kita membantu aspek kesehatan yang tak terhitung jumlahnya, dan buah naga merupakan sumber buah yang sangat baik untuk protein.

Beberapa Kata Perhatian

Tidak ada risiko kesehatan yang terkait dengan buah naga, dan penelitian bahkan menunjukkan bahwa wanita hamil dan ibu menyusui aman untuk makan buah naga tanpa khawatir akan risiko.
Jadi, pergilah ke pasar eksotis terdekat dan ambil beberapa buah naga yang lezat dan sangat bergizi.

Kalau Anda berada di Boyolali (Solo Raya dan sekitarnya), tidak ada salahnya untuk mampir di Tawangsari, Teras, sentra buah naga, Agrowisata CAMM BELL 2 yang nyaman.

Sumber :
organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-dragon-fruit.html

Ilustrasi : sentra buah naga Camm Bell 2 Tawangsari Teras Boyolali

Iklan

One thought on “7 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan”

  1. terimakasih untuk artikelnya, buah naga memang menarik dan warnanya sangat menggoda untuk dimakan. baru tau kalau kulitnya bisa dibuat teh. tapi sayangnya aroma buah ini kalau menurutku nggak sedap seperti karena baunya seperti kaktus, tapi ya memang sih buah ini dari pohon mirip kaktus, mungkin itu juga yang mempengaruhi aromanya. tapi tetap enak dan banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.