Tour Bermotor Jawa Timur: Pacitan, Gunung Bromo, dan Suromadu

Kali ini KissParry menyajikan pengalaman ke Gunung Bromo yang dilakukan dengan bermotor.

01_Motor_ke_Bromo_1 (50)
Si Endut dan Si Brong ke arah Bromo

Perjalanan kali ini dinamai Tour Jawa Timur, dari Kota Semarang dengan tujuan akhir Gunung Bromo melalui Pacitan, dengan jarak tempuh 495 KM (versi Google Maps). Jarak sepanjang itu bisa ditempuh dalam waktu 13 jam dan 50 menit, atau tepatnya 14 jam masih ditambah istirahat 30 menit dikalikan 6 kali, belum lagi makan dan shalat, karena belum tentu istirahat saat jam makan atau saat waktunya shalat

Sehingga harus memperhitungkan waktu istirahat, dan untuk itu ada beberapa lokasi wisata yang disinggahinya. Dalam rencana perjalanan akan singgah di Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri Jawa Tengah, kemudian perjalanan diarahkan ke selatan menuju Pacitan Jawa Timur, dan bermalam di sini dengan mengambil tempat Pantai Taman Pacitan.

Semarang – Wonogiri

Selepas makan siang dan dzuhur, dengan bermotor berdua (2 motor) berangkat ke arah Solo dari Semarang, rute yang dilalui yaitu Semarang – Bawen – Salatiga – Boyolali – Kartasura – Solo Baru – Wonogiri (tidak melewati dalam kota Solo).

01_WP_20160604_15_50_38_Panorama_Bromo
Gunung Bromo dari jalan atasnya mode Panorama (dok KissParry)

Sebelum berangkat, tim yang hanya berdua menentukan pos pemberhentian, mengingat situasi keramaian jalan bisa tidak menentu. Pos pertama Bawen (tepi Pom Bensin), karena di Bawen ada simpang jalan menuju Jogjakarta, kemudian pos ke-2 Boyolali pom bensin Teras, sambil istirahat sejenak sekitar 20 menit, untuk shalat Asar.

Meskipun ada pos pertemuan, laju motor tidak harus berhenti, sehingga cukup memberi tanda klakson. Pos ke-3 masuk Kabupaten Wonogiri dekat patung Nyi Roro Kidul, untuk pos ke-3 relatif lancar langsung melaju ke arah Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Sampai di Waduk Gajahmungkur Wonogiri, waktu sudah menunjukkan pukul 17.05 WIB, segera memarkir kendaraan dan menuju obyek yang sekiranya bisa dapat pemandangan bagus.

01_Waduk_GajahMungkur_Wonogiri_1 (1)
Waduk Gajah Mungkur Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah

Di tempat ini sampai matahari terbenam, cukup lama berada di area waduk.

01_WadukGajahMungkur_1 (13)
Waduk Gajah Mungkur Wonogiri senja hari

Wonogiri – Pacitan

Selepas matahari terbenam, segera melanjutkan perjalanan ke arah Pacitan. Sampai di Kota Pacitan waktu telah menunjukkan pukul 19.54 WIB. Segera mencari warung penyetan untuk menikmati makan malam, kemudian mencari masjid untuk shalat Maghrib dan Isya (sebenarnya bisa shalat Maghrib di Wonogiri sekaligus Isya).

Segera bergegas ke Pantai Taman untuk bermalam dengan mendirikan tenda, tim memilih pantai dan tidak tanah lapang atau lapangan, di pantai lebih nyantai.

01_Pacitan_1 (18)
Kota Pacitan di malam hari

Menyempatkan diri keliling seputar Kota Pacitan, dan setelah itu harus segera istirahat, kali ini dipilihlah tepi pantai Taman, tentu dengan izin petugas setempat.

Tenda kecil yang sudah dipersiapkan dari rumah segera dirangkai dan segera beristirahat, mengingat perjalanan masih jauh, masih separo perjalanan.

01_PantaiTamanPacitan_1 (27)
Pantai Taman Pacitan (Pantai Penyu)

Angin berhembus sedikit kencang, membuat rasa kantuk dan lelah semakin menjadi, namun tetap teringat bahwa saat itu berada di alam terbuka.

Dengan beralas jas hujan dan matras, istirahat dapat lebih nyenyak, meskipun tidak nyenyak sekali, karena sesekali tetap teringat motor yang di parkir disamping tenda.

01_Pacitan_1 (34)
Pacitan tepi Pantai Taman pukul 05.45 WIB

Alhamdulillah, malam berlalu pagi pun tiba. Belum sarapan, sedikit bekal yang dibawa berupa biskuit dan mie instan sempat dapat mengganjal perut sementara, sambil perjalanan ke arah Trenggalek – Tulung Agung mencari warung makan untuk sarapan pagi.

lanjutkan membaca Pacitan-Blitar, Pages 2


Pages: 1 2 3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.