Inilah Trik Mengurus Perpanjangan SIM C Agar Lebih Murah | Kalau Bisa Online Lebih Praktis

Saat ini untuk mengurus perpanjangan, kita bisa lebih murah, dan inilah yang saya lakukan hari ini, sebenarnya tidak sengaja, tetapi akhirnya ini menjadi trik mengurus perpanjangan SIM yang perlu diketahui.

Perpanjangan SIM saat ini diperlukan tes kesehatan dan tes psikologi, dan tes inilah yang bisa kita lakukan secara gratis, dan membayar juga lebih murah. Ya, tentu yang ingin sedikit ribet, karena harus menggunakan laman / website.

Untuk orang-orang milenial tentu hal tersebut tidak ribet, namun malah merupakan hal yang praktis.

Semula sih, saya inginnya nggak mau ribet datang ke kantor layanan perpanjangan SIM yang kebetulan saat ini sebenarnya cukup mudah dijangkau, tetapi ingin perpanjangan SIM dengan cara online.

Ya, malah lebih praktis ya, cara perpanjangannya, yaitu cukup dari smartphone kita. Namun perpanjangan online ini menurut saya masih banyak kendala, sepertinya masih ada hal-hal yang dibenahi dalam sistemnya, dan memang seperti ini belum umum dilakukan.

Setelah gagal perpanjangan SIM secara online, kemudian saya dapat pengembalian uang yang telah dibayarkan.

Dan, perpanjangan SIM kemudian saya lanjutkan secara offline dengan cara datang langsung ke kantor layanan terdekat di Semarang, Simpang Lima.

Jadi pembuatan sim biar hemat sampai 50 ribu caranya cukup sederhana.

Tes secara Online

  1. Tes Kesehatan secara Online
    Ambil / lakukan tes kesehatan secara online dengan cara buka chrome kemudian search e-Rikkes SIM kemudian registrasi sampai selesai, kemudian klik pendaftaran – lakukan verifikasi wajah – isi data – pilih faskes cari yg terdapat Pusdokkes Polri dan isi tanggal hari ini (karena tes kesehatan akan gratis tanpa biaya) – dan selesaikan seluruhnya dan print surat keterangan sehat yg dikirim ke email kita (berlaku selama 14 haril
  2. Tes Psikologi secara Online
    Ambil / lakukan tes psikologi juga online dengan download aplikasi ePPsi SIM dan lakukan registrasi seluruhnya – kemudian lakukan tes dengan membayar sekitar Rp. 37.500 untuk melakukan tes, setelah tes selesai print hasil tes yg dikirim ke email kita.

Setelah tes secara online, kemudian kita mendatangi kantor layanan perpanjangan SIM, kalau di sekitar Kota Semarang, ada di Simpang Lima, dan beberapa tempat mobil SIM keliling.

Perpanjangan secara Offline | Datang Langsung

Siapkan beberapa hal

  • fotokopi ktp
  • fotokopi sim
  • unduh hasil tes kesehatan dan cetak
  • unduh hasil tes psikologi dan cetak

  • datang ke satpas atau sim keliling kemudian lakukan perpanjang secara offline, disana tunjukkan seluruh syarat surat keterangan sehat, hasil tes psikologi, fc ktp dan fc sim
  • serahkan syarat tersebut ke petugas dan isi data pribadi terlebih dahulu, maka nanti akan lgsung diarahkan ke foto dan pembuatan sim dengan biaya pembuatan sim (cari di google perpanjang sim), kalau saya sim C hanya membayar biaya administrasi sebesar Rp. 75.000 saja
    Jadi total untuk biaya perpanjang sim c Tes Kesehatan (Gratis) + tes psikologi (37.500) + fotocopu (1.000) + Administrasi perpanjang sim C (75.000) total 113.500.

Kita sebenarnya juga bisa perpanjangan SIM secara online, tetapi sepertinya kok agak susah ya, dan saya belum berhasil, karenanya dari online dilanjutkan offline.

Perbedaan Jika Pepanjangan SIM secara Offline

Jika dilakukan secara offline secara keseluruhan memakan estimasi biaya
Tes kesehatan (20.000) +
Tes Psikologi (50.000) +
Fotocopy (1.000) +
Administrasi perpanjang sim c (75.000)
jadi jumlahnya sekitar 146.000-an
Belum jika terdapat parkir dan biaya lain”

Jadi anda bisa hemat sekitar 30rb-50rb

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca