Manfaat Daun Alpukat, Daging Buah, dan Biji Alpukat bagi Kesehatan

Buah alpokat terkenal dengan kandungan mineral yang tinggi utamanya kalium. Untuk pengobatan dengan alpokat bisa diambil daun, daging buah, dan isi buahnya.

Alpokat yang memiliki nama latin persea gratissima Gaertn (nama lain: P. Americana, Mill) ini memang kaya manfaat, bukan sekadar buah biasa.

Pohon ini berasal dari Amerika Tengah dan tumbuh liar di hutan hutan, banyak juga ditanam di kebun dan dipekarangan yang lapisan tanahnya gembur dan subur serta tidak tergenang air. Pohon kecil, berakar tunggang, batang berkayu, bulat, warnanya cokelat kotor, banyak bercabang, ranting berambut halus.

Daun tunggal, letaknya berdesakan di ujung ranting, bentuknya jorong sampai bundar telur memanjang, tebal seperti kulit, ujung dan pangkal runcing. Daun muda warnanya kemerahan dan daun tua berwarna hijau dan gundul.

Bunga majemuk, buahnya buah buni, bentuk bola atau bulat telur, warnanya hijau, kekuningan. Biji bulat seperti bola, keping biji putih kemerahan.

Biasanya buah alpokat masak dimakan sebagai es campur atau di buat jus.

Nama Lain dari Alpokat di berbagai wilayah

  • Sunda – alpuket, apuket, jambu wolanda
  • Jawa – apokat, avokat, alpokat
  • Sumatera – apokat, alpokat, avokad, advokat

Manfaat dari Alpokat untuk Pengobatan

Seperti dijelaskan diatas tentang manfaat dari Alpokat dapat diambil mulai dari daun, daging buah, dan biji.

Avocado_fruitnfoliage
Tanaman Alpokat (pic wikipedia)

Daging Buah

Daging buah dapat dimanfaatkan untuk sariawan dan melembabkan kulit kering

Sariawan

Satu buah alpokat yang sudah masak diberi madu murni 2 sendok makan, diaduk merata lalu dimakan setiap hari sampai sembuh

Melembabkan Kulit Kering

Daging buah dilumatkan kemudian dipakai untuk masker. Bila masker telah kering, muka dibasuh dengan air bersih

Daun

Kencing Batu

Ambil 4 helai daun alpokat, 3 buah rimpang teki, 5 tangkai daun randu, setengah biji pinang, 1 buah pala, 3 jari gula enau, semua bahan dicuci lalu direbus dalam 3 gelas air hingga mendidih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah itu disaring dan diminum 3 kali sehari sebanyak 3/4 gelas.

Darah Tinggi

Ambil 3 helai daun alpokat kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas, setelah dingin diminum.

Cara ini kemudian ditambah makan daging alpokatnya untuk mengatasi berbagai keluhan seperti dibawah ini.

Sakit Kepala,
Nyeri Syaraf,
Nyeri lambung, dan
Haid tidak Teratur
Bengkak karena Peradangan

Biji

Kencing Manis (Diabetes Melitus)

Biji alpokat dipanggang diatas api lalu dipotong kecil-kecil kemudian direbus dengan air bersih hingga terlihat warna kecoklatan, kemudian saring dan diminum setelah dingin.

Sakit gigi

Biji alpokat dipanggang diatas api lalu dipotong kecil-kecil kemudian dibuat bubuk (bisa ditumbuk), kemudian dimasukkan ke gigi yang berlubang.

alpokat-1
Buah Alpokat dibelah nampak daging buah dan biji alpokat (pic. kabartani)

Manfaat dari Buah Alpokat untuk Kesehatan (Lainnya)

Selain untuk gangguan kesehatan yang tersebut diatas, buah alpokat juga masih banyak manfaatnya.

Kehamilan dan Resiko Kanker

Alpokat merupakan sumber alami folat, yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan janin, sehingga baik untuk ibu hamil dan ibu yang merencanakan kehamilan. Folat juga baik untuk meminimalisir resiko kanker, sebagai antioksidan (penuaan dini), kalau begitu juga baik untuk kaum pria juga ya…. semoga…

Penyakit Jantung, Stroke, dan Katarak

Alpokat sumber vitamin E tertinggi yang membantu kesehatan menyeluruh, diantaranya penyakit jantung, stroke, perkembangan katarak (melindungi kesehatan mata).

Lemak yang terkandung dalam alpokat merupakan lemak baik, sehingga nyata mampu menjaga kesehatan jantung dan membantu menurunkan tekanan darah. Alpokat juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

Mencegah Osteoporosis (Pengeroposan Tulang)

Vitamin K yang terkandung didalam buah alpokat mampu mencegah dari osteoporosis atau pengeroposan tulang. Menaikkan penyerapan kalsium dan meminimalisir keluarnya kalsium lewat urine.

Mengurangi Resiko Alzeimer

Alpokat juga nutrisi untuk otak sehingga mengurangi resiko penyakit alzeimer (kepikunan)

Inilah sekilas dari manfaat alpokat, mungkin masih ada manfaat lain, tetapi dengan manfaat kesehatan menyeluruh maka konsumsi alpokat berefek baik untuk tubuh.
Semoga bermanfaat.
Diolah dari berbagai sumber, informasi ini tidak menggantikan peran medis dan paramedis, sehingga apabila Anda mempunyai keluhan kesehatan (serius) sebaiknya konsultasi dengan dokter Anda, dan jangan meninggalkan peran dokter dan paramedis, juga ahli kesehatan lainnya.

Ada penyakit tertentu *) yang tidak dianjurkan mengkonsumsi buah alpokat ini, untuk itu ikuti saran dari ahli gizi Anda.

Terkait dengan harga per kilogram, harga kota yang satu dengan yang lain berbeda antara Rupiah 8000 sampai dengan Rupiah 16000, bahkan kondisi tertentu bisa sampai Rupiah 25000 tiap kilonya. Harga yang paling rendah dekat petani sekitar Rupiah 5000 tiap kilogram, atau bahkan Anda akan dapat gratis sekadar mencicipinya dan membawa beberapa buah.

Ditulis oleh: Eswede Wea *)
Editor: Kissparry

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s